Sukses

Gempa Bumi Bantul Yogyakarta Magnitudo 6.4 Jadi Sorotan Dunia

Gempa Bantul magnitudo 6,4 yang telah dimutakhirkan menjadi 6,0 merusak bangunan di 12 kecamatan pada Sabtu 30 Juni 2023 malam waktu setempat.

Liputan6.com, Bantul - Gempa Bantul magnitudo 6,4 yang telah dimutakhirkan menjadi 6,0 merusak bangunan di 12 kecamatan pada Sabtu 30 Juni 2023 malam waktu setempat.

Kejadian gempa bumi tersebut menyebabkan dampak kerusakan bangunan di 35 lokasi yang tersebar di 12 kapanewon (kecamatan) yang ada di Kabupaten Bantul, kata badan penanggulangan bencana daerah setempat.

Selain merusak bangunan, gempa Bantul juga mengakibatkan 7 korban. Satu orang meninggal dunia dan 6 luka ringan.

Gempa Bantul Yogyakarta turut menjadi sorotan dunia. Sejumlah media asing turut memberitakan lindu tersebut.

"Indonesia’s Java escapes 6.4-magnitude quake with few casualties, light damage," tulis media Singapura The Straits Times (1/7/2023).

Media Australia, 9News dan Brisbane Times menulis "5.8 magnitude earthquake shakes Indonesia's main island, damaging several buildings" dan "Strong earthquake shakes Indonesia’s main island of Java" pada headline berita mereka masing-masing.

Magnitudo yang disebutkan oleh 9News mengutip catatan seismologis dari badan geologi Amerika Serikat US Geological Survey.

"Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 5,8 berpusat di 84 kilometer barat daya Bambanglipuro, sebuah desa di Kabupaten Bantul, provinsi Yogyakarta, pada kedalaman 86 kilometer," tulis 9News, mencuplik kantor berita AS, the Associated Press (AP).

"Pada tahun 2006, gempa berkekuatan 6,4 di Yogyakarta menewaskan lebih dari 6200 orang dan melukai lebih dari 130.000 lainnya," catat AP.

Indonesia, negara berpenduduk lebih dari 270 juta orang ini sering dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami karena lokasinya di busur gunung berapi dan garis patahan di Cekungan Pasifik yang dikenal sebagai "Cincin Api."

Pada tahun 2004, gempa Samudra Hindia yang sangat kuat memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di selusin negara, kebanyakan dari mereka di provinsi Aceh di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Bantul

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan satu warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meninggal dunia akibat gempa magnitudo (M) 6,4 yang terjadi di Selatan Jawa pada Jumat malam.

"Berdasarkan informasi terkini, satu warga meninggal dunia dan satu lainnya luka ringan di Kabupaten Bantul. Sedangkan di Kabupaten Tegal, Provinsi Jateng, satu warganya luka ringan," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta.

Abdul mengatakan laporan tersebut berdasarkan perkembangan informasi pukul 23.00 WIB.

Mengutip Antara, BNPB terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terdampak di wilayah DIY, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Provinsi Jawa Timur (Jatim), kata Abdul.

"BPBD Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah melaporkan 11 KK warganya terdampak, 1 KK (2 jiwa) di antaranya mengungsi. Sedangkan di Kabupaten Purbalingga 4 KK (15 jiwa) terdampak. Petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan," kata dia.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.