Sukses

Selain Kasus Purwokerto, Ini 4 Kasus Inses Versi Luar Negeri

Kasus dugaan hubungan terlarang inses di Purwokerto antara bapak dan anak bermula dari ditemukannya benda diduga tulang manusia oleh dua orang pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan hubungan terlarang inses di Purwokerto antara bapak dan anak bermula dari ditemukannya benda diduga tulang manusia oleh dua orang pekerja, Slamet (50) dan Purwanto (44) pada hari Kamis 15 Juni 2023.

Saat itu, keduanya sedang meratakan tanah bekas kolam yang baru dibeli Prasetyo Utomo (42), warga Kelurahan Tanjung RT 01 RW 02, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, sekitar tiga bulan lalu.

Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Purwokerto Selatan bersama Tim Inafis Polresta Banyumas dan Puskesmas Purwokerto Selatan yang datang ke lokasi pada Kamis sore 15 Juni 2023 langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) serta mengumpulkan benda-benda yang diduga tulang manusia itu untuk dibawa ke RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto.

Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik yang dilakukan tim dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo bersama Polresta Banyumas, temuan tersebut diketahui sebagai tulang atau kerangka bayi.

Kasus inses semacam ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Di belahan dunia lain juga terdapat kasus serupa. Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (27/6/2023) berikut empat kasus inses:

1. Inses di Carolina Utara

"Aku bahkan tidak percaya ini terjadi."

Demikian kata pertugas yang menerima panggilan 911 yang ia terima pada pagi hari tanggal 12 April 2018.

Panggilan itu berasal dari orang tua Steven Pladl (43) yang menurut polisi, menelepon ibunya dan mengaku membunuh tiga orang sebelum menembak dirinya sendiri secara fatal.

Korban tewas adalah Katie Pladl (20) dan putranya yang berusia 7 bulan Bennett Pladl. Polisi mengatakan, Steven dan Katie didakwa lantaran melakukan inses beberapa bulan sebelum insiden pembunuhan.

"Kasus seperti ini tidak umum di komunitas kami," kata Knightdale, N.C, Kepala Polisi Lawrence Capps mengatakan kepada wartawan saat itu.

"Kami patah hati dan sedih atas kematian keluarga tersebut."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Inses di Iowa

Seorang pria Wellsburg, Iowa menghadapi 25 hingga 75 tahun penjara setelah mengaku bersalah atas lima dakwaan inses di Pengadilan Sirkuit Yudisial ke-1.

Pengacara Penuntut Brooke County Joseph Barki mengatakan David Michael Hill (46) dari Wellsburg akan menjalani hukuman minimal 25 tahun sebelum dia dapat dipertimbangkan untuk pembebasan bersyarat, dikutip dari laman weirtondailytimes.

Jaksa mengatakan selama periode dua tahun, Hill melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang berhubungan dengannya "beberapa kali dalam seminggu".

 

3 dari 4 halaman

3. Kasus Inses di Uttar Pradesh

Kasus hubungan inses pernah terungkap dan mengejutkan warga yang tinggal di distrik Bijnor, Uttar Pradesh, India. Di sini seorang pria membunuh putranya sendiri atas dugaan hubungannya dengan ibunya sendiri.

Kasus inses ini kemudian menimbulkan pertanyaan yang mengkhawatirkan dan undang-undang dimaksudkan untuk menghentikan kejadian semacam itu.

 

4 dari 4 halaman

4. Kasus Inses di Virginia

Christine Chandler, seorang tokoh yang dikenal sebagai Chris Chan ditangkap pada tahun 2021 dan didakwa melakukan inses.

Chandler ditangkap pada 1 Agustus 2021, di luar sebuah hotel di Virginia dan didakwa melakukan inses.

Di Virginia, melakukan hubungan seksual dengan ayah atau ibu adalah kejahatan Kelas 5 dan dapat dihukum hingga sepuluh tahun penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.