Sukses

Viral Foto Merpati Aneh Seperti Karakter Kartun atau Binaragawan, Apakah Asli?

Dipercayai sebagai merpati mutan, spesies ini berbeda dengan merpati pada umumnya. Dadanya yang kembung dan kaki panjangnya membingungkan internet

Liputan6.com, Jakarta - Burung merpati yang bentuknya sangat unik seperti karakter kartun ini mendadak viral, setelah sang peternak asal Inggris menyebarkan salah satu klip tentang unggas tersebut.

Dalam foto yang beredar di TikTok, merpati tersebut tampak bangga dengan dada membusung dan kaki yang sangat panjang. 

Unggas itu kemudian dijuluki dengan "Chad pigeon" karena penampilan yang angkuh.

Melansir dari Oddity Central, Selasa (27/6/2023), unggas itu menarik banyak perhatian dunia maya dan dengan cepat menjadi viral. Jutaan orang di seluruh dunia telah melihat rekaman itu dan masih tidak percaya bahwa itu adalah binatang sungguhan.

Mereka yang tidak percaya berteori bahwa foto itu karya alat digital bertenaga AI, sementara yang lain mengklaim bahwa video itu diubah secara digital untuk tenar.

Namun, kalau Anda telaah dan melakukan pencarian Google sederhana, burung dalam video tersebut hanyalah spesies merpati langka yang disebut "English Pouter".

Tidak ada yang terlalu istimewa tentang burung ini. Karakteristik dada yang sangat kembung dan kaki yang panjang adalah ciri khusus rasnya.

Asal usul jenis merpati Pouter Inggris, seperti banyak merpati mewah lainnya, masih menjadi misteri.

Tetapi menurut naturalis Inggris, William Bernhardt Tegetmeier, itu adalah hasil perkawinan silang antara keturunan merpati seperti Dutch Cropper, Uploper, dan Parisian Pouter.

Kakinya yang sangat panjang menjadikannya jenis merpati mewah tertinggi di dunia.

Unggas itu kemudian dijuluki dengan "Chad pigeon" karena penampilan yang angkuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Merpati English Pouter

Nama merpati ini terinspirasi oleh kemampuannya untuk mengisi temboloknya dengan udara, dan mempertahankan penampilan mengembang ini untuk jangka waktu yang lama.

Diyakini bahwa ras tersebut melakukannya untuk meningkatkan tingkat keberhasilan ritual perkawinan.

“Badannya jauh berbeda seperti bayangan bentu burung merpati di pikiran Anda. Bentuknya ramping dengan lunas berbentuk V," kata peternak merpati Frank Barrachina kepada Backyard Poultry.

Pouter Inggris sering disebut 'merpati peliharaan yang paling berbeda', jadi tidak mengherankan jika ia selalu menarik perhatian.

Spesimen dalam video yang baru-baru ini hilang itu dijuluki 'merpati chad', 'merpati mutan', 'merpati binaragawan', dan 'merpati buffet dunia', di antara julukan kreatif lainnya.

3 dari 3 halaman

6 Temuan Hewan Berkepala Dua

Temuan hewan unik lainnya adalah hewan berkepala dua. Ya, hewan dengan genetika yang berbeda dari hewan biasanya ini bikin siapa saja yang melihatnya merasa takjub.

Dua kepala dalam satu tubuh membuat perawakan hewan itu terlihat sangat unik.

Temuan hewan berkepala dua yang bikin heboh di antaranya ular kobra di Tiongkok, anak kucing di Rusia, lumba-lumba di Belanda dan masih banyak penemuan lainnya. Temuan yang viral di media sosial ini membuat warganet melongo karena tak menyangka ada hewan berkepala dua.

Penasaran kan melihat hewan berkepala dua yang bikin heboh? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, hewan berkepala dua yang bikin heboh, Minggu (11/12/2022).

1. Ular kobra berkepala dua bikin heboh usai ditemukan pria Tiongkok bernama Huang Pan.

 6 Temuan Hewan Berkepala Dua Ini Bikin Heboh, Bikin Netizen Terkejut (CEN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.