Sukses

Sandiaga Uno dan Dubes Iwan Bogananta Lihat Trial Pembuatan Rendang di Pabrik Bulgaria

Sandiaga Uno kunjungi Bulgaria untuk menyaksikan langsung trial pembuatan rendang, bagian dari program Rendang Goes to Europe.

Liputan6.com, Sofia - Dalam rangka pelaksanaan program “Rendang Goes to Europe”, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, datang langsung mengunjungi Pabrik Rendang Indonesia di Pabrik Bella Bulgaria untuk menyaksikan trial produksi pada Rabu (7/6).

Program tersebut diinisiasi oleh Duta Besar LBBP RI, Iwan Bogananta. 

Selain itu, juga merupakan bagian dari program terusan Indonesia Spice Up The World, yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungannya ke Bulgaria, Sandiaga juga melakukan pertemuan bilateral dengan dengan Menteri Pariwisata Bulgaria, H.E. Mrs. Zaritsa Dinkova.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti kerjasama pada sektor pariwisata, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Sofia, Kamis (8/6/2023).

Kerja sama tersebut dapat berupa peningkatan wisatawan mancanegara (wisman) juga investasi dalam pengembangan infrastruktur pariwisata antar dua negara.

Duta Besar RI, yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut, juga mengatakan bahwa Indonesia telah menandatangani perjanjian kerjasama bilateral dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antar kementerian pada tahun 2014. 

Ia juga menggarisbawahi bahwa pertemuan bilateral antar kementerian pariwisata ini akan menjadi momentum untuk menindaklanjuti peningkatan kerja sama bilateral, khususnya pada sektor pariwisata antar Indonesia dengan Bulgaria. 

Menteri Sandiaga Uno sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dubes RI beserta jajarannya.

Menurutnya, ini merupakan bagian dari kerja konkrit dalam memajukan serta membangkitkan ekonomi nasional.

Selain itu, juga dapat mengangkat sektor pariwisata Indonesia dalam hal kuliner khas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dorong Kerja Sama Sektor Pariwisata RI-Bulgaria

Sandiaga dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa program kuliner tersebut telah sebelumnya diluncurkan bersama Dubes Iwan di Bali pada Maret 2022.

Tujuannya untuk menyelaraskan program Indonesian Spice Up The World

“Saya sangat bangga,” kata Sandiaga. 

“Rendang yang biasa diproduksi secara tradisional di Indonesia dan di Bulgaria saat ini diproduksi dengan menggunakan teknologi tinggi, serta masif produksi untuk mengejar target 30 ton per bulan,” tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa rendang yang diproduksi di Bulgaria telah bersertifikasi halal.

Berdasarkan keterangan Dimitar Mitev, Chief Operating Officer Bella Bulgaria, trial ini cukup berhasil.

“Kami telah mendapatkan trial report produksi sebagai acuan kami untuk memproduksi rendang,” ucapnya. 

“Untuk tahap awal segmen pasar Rendang ini akan fokus ke wilayah Eropa, Balkan, Timur Tengah,” tambah Dimitar.

Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. , juga turut hadir melalui sambungan panggilan video.

Secara daring, Mahyeldi ikut menyaksikan suasana produksi rendang di Bulgaria tersebut.

3 dari 4 halaman

Sandiaga Apresiasi Program Wirausaha Baru dan Perempuan Pengusaha Depok

Selain dari melakukan banyak upaya untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia, Sandiaga juga apresiasi gerakan-gerakan yang diinisiasi oleh masyarakat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang juga pendiri OK OCE mengapresiasi gerakan 'Program Wirausaha Baru dan Perempuan Pengusaha' di Depok, Jawa Barat. Hal itu diutarakan Sandiaga saat menghadiri peluncuran program tersebut beberapa waktu lalu.

Secara terbuka, Sandiaga Uno disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Depok Supian Suri, Ketua Umum OK OCE Iim Rusyamsi serta Direktur Program OK OCE, Azwa Nufi.

 “Usaha yang melibatkan beberapa penggerak perempuan ini akan menghasilkan dua solusi besar, yaitu penciptaan lapangan kerja dan juga kestabilan bahan-bahan pokok”, ungkapnya saat ditemui," ujar Sandiaga Uno melalui siaran pers, Rabu (7/6/2023).

Keuntungan posisi yang strategis ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan Kota Depok sebagai kota yang kreatif.

"Depok ini adalah kota yang memiliki posisi sangat strategis, karena Depok ini juga akan meningkatkan posisinya sebagai kota kreatif," tambah Sandiaga.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Sandiaga Uno Ingatkan Pelaku Wisata Gercep Pulihkan Kegiatan Pariwisata Usai Pandemi

Mei lalu, Sandiaga ajak para pelaku wisata untuk kembali pulihkan kegiatan pariwisata usai pandemi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 pada 20 dan 21 Mei 2023, di 8 Desa Wisata di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, yaitu; Kebonsari, Ngadiharjo, Giripurno, Giritengah, Sambeng, Kenalan, Bigaran, dan Majaksingi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menggali potensi dan membangkitkan kesadaran para pelaku dan penggerak desa wisata penyangga Kawasan Candi Borobudur, terutama pascapandemi.

Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 menjadi tahap awal rangkaian Program Kampanye Sadar Wisata yang telah berlangsung di 65 Desa Wisata sejak tahun 2022 lalu di 6 Destinasi Pioritas Pariwisata (DPP) dan dilanjutkan dengan 90 Desa Wisata pada tahun 2023 yang berfokus pada manusia (people centered tourism) untuk mengembangkan dan memperkuat ekosistem pariwisata dengan dukungan penuh Bank Dunia.

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan saat ini sektor pariwisata harus bergerak cepat kembali setelah pandemi.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini