Sukses

Presiden AS Joe Biden Kembali Tersandung dan Jatuh, Kali Ini Gegara Karung Pasir

Gedung Putih menyatakan bahwa kondisi Joe Biden baik-baik saja.

Liputan6.com, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (80) tersandung dan jatuh saat membagikan ijazah pada upacara wisuda Akademi Angkatan Udara AS di Colorado, Kamis (1/6/2023). Biden yang merupakan presiden AS tertua yang menjabat itu pun segera dibantu berdiri oleh seorang pejabat Angkatan Udara dan dua anggota Secret Service.

Saat berhasil bangkit kembali dan berjalan, Biden menunjuk ke lokasi tempat dia tersandung, memberi tahu bahwa karung pasir yang digunakan untuk membebani dua teleprompter merupakan penyebabnya.

"Dia baik-baik saja. Ada karung pasir di atas panggung saat dia berjabat tangan," twit Direktur Komunikasi Gedung Putih Ben LaBolt.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre juga mengonfirmasi bahwa Biden benar-benar baik-baik saja dan tersenyum lebar saat menaiki pesawat selepas acara. Demikian seperti dilansir BBC, Jumat (2/6/2023).

Sebelum Biden tersandung dan jatuh, dia disebut telah berdiri sekitar satu setengah jam untuk berjabat tangan dengan satu per satu dari 921 taruna yang lulus.

Setibanya Biden di Gedung Putih pada malam hari, dia mengatakan, "Saya tersandung karung pasir."

Video Biden tersandung dan jatuh beredar luas di media sosial.

Para kritikus menilai bahwa Biden, yang sudah mengumumkan pencalonannya kembali dalam Pilpres AS 2024, terlalu tua untuk memimpin.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan mayoritas pemilih AS mengkhawatirkan usianya. Biden akan berusia 82 tahun pada awal masa jabatan kedua jika kelak dia menang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

Peristiwa pada Kamis bukan kali pertama yang menimpa Biden. Pada Juni 2022, presiden ke-47 AS itu diketahui jatuh dari sepeda. Mei 2022, dia tersandung dan nyaris jatuh saat menaiki anak tangga Air Force One. Demikian pula pada Maret 2021, Biden jatuh saat menaiki anak tangga pesawat kepresidenan.

Insiden jatuhnya Biden pada Kamis direspons oleh lawan-lawan politiknya.

Mantan Presiden Donald Trump mengatakan, "Semoga dia tidak terluka... Anda harus berhati-hati."

Gubernur Florida Ron DeSantis, kandidat calon presiden lainnya dari Partai Republik, bereaksi dengan mengatakan, "Kami berharap... Joe Biden segera pulih dari cedera yang mungkin dideritanya.

"Tapi kami juga menginginkan AS segera pulih dari cedera yang dideritanya akibat Joe Biden dan kebijakannya."

Pemeriksaan fisik terakhir Biden dilakukan pada Februari 2023.

Dokter Gedung Putih Kevin O'Connor mengatakan pada saat itu, "Presiden tetap fit untuk bertugas dan sepenuhnya melaksanakan semua tanggung jawabnya tanpa pengecualian atau akomodasi apa pun."

O'Connor menjelaskan bahwa "gaya berjalan kaku" Biden sebagian besar disebabkan oleh keausan pada tulang belakang dan kerusakan saraf di kakinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.