Sukses

5 Perhiasan Putri Diana Ini Penuh Nilai Historis, Akankah Diwariskan ke Putri Charlotte?

Sejumlah perhiasan Putri Diana kini diwariskan kepada dua anak laki-lakinya, Pangeran William dan Pangeran Harry, untuk kemudian diberikan kepada istri atau anak mereka.

Liputan6.com, London - Putri Diana dikenang sebagai salah satu ikon fesyen dunia. Busana, aksesoris, gaya rambut, hingga perhiasan yang dikenakannya selalu menjadi sorotan, sekalipun sosoknya telah tiada.

Banyak perhiasan Putri Diana diwariskan kepada dua anak laki-lakinya, Pangeran William dan Pangeran Harry, untuk kemudian diberikan kepada istri mereka. Dan sejumlah perhiasan Putri Diana pun sekarang kerap dipakai oleh kedua menantunya, Putri Catherine dan Meghan Markle.

Pangeran William dan Putri Catherine maupun Pangeran Harry dan Meghan Markle sama-sama memiliki anak perempuan, yaitu Putri Charlotte yang berusia delapan tahun dan Putri Lilibet yang akan berusia dua tahun pada Juni 2023.

Kehadiran dua cucu perempuan Putri Diana itu menggelitik tanya soal kepemilikan sejumlah perhiasan bernilai historis. Seperti dilansir SCMP, Selasa (16/5/2023), ada beberapa perhiasan yang konon disisihkan untuk Putri Charlotte.

Apa saja perhiasan-perhiasan yang berpotensi diwariskan untuk Putri Charlotte? Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tiara Spencer

Putri Diana mengenakan tiara Spencer di hari pernikahannya 29 Juli 1981 sebagai sesuatu yang dipinjamkan. Karena sejatinya, tiara Spencer adalah pusaka keluarga.

Tiara Spencer juga dikenakan sebagai hiasan kepala oleh kedua kakak Putri Diana, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes, pada hari pernikahan mereka.

Dilansir majalah Australia, New Idea, Putri Charlotte mengetahui keberadaan tiara Spencer karena melihat foto Putri Diana yang mengenakannya dan dia tidak sabar untuk mencobanya. Pangeran William disebut-sebut telah berusaha mengamankan pusaka keluarga itu dari adik laki-laki Diana, Charles Spencer atau Earl Spencer ke-9.

"William cukup sadar sang earl memiliki anak perempuan, tetapi keduanya telah sepakat bahwa benda ikonik Diana adalah milik cucu perempuan pertamanya," kata seorang sumber kepada GoodToKnow.

Putri Diana kerap mengenakan tiara Spencer dalam sejumlah acara resmi, termasuk saat acara makan malam kenegaraan di Claridges Hotel pada 1988 dan menyaksikan English National Ballet di Budapest pada tahun 1992.

3 dari 6 halaman

2. Choker Mutiara

Kalung atau choker mutiara tiga untai milik Putri Diana, dengan bentuk bunga di bagian tengah, adalah perhiasan lainnya yang berpotensi diwariskan ke Putri Charlotte suatu hari nanti.

Putri Diana menerima kalung itu pada ulang tahunnya ke-18. Pemberian choker itu disebut sebagai tradisi dalam keluarga Spencer karena kedua saudara perempuan Putri Diana mendapatkan kalung serupa.

Salah satu penampilan publik Putri Diana memakai choker mutiara Spencer adalah saat Trooping the Color pada tahun 1988, di mana dia berdiri di balkon Istana Buckingham dan menggendong Pangeran Harry yang masih balita.

4 dari 6 halaman

3. Anting Mutiara

Satu set anting-anting berlian putih dalam bentuk bunga dan mutiara berwarna krem ini merupakan hadiah pernikahan kepada Putri Diana dari emir Qatar.

Dua bulan sebelum kematiannya, Putri Diana mengenakan anting-anting mutiara tersebut saat menghadiri acara di rumah lelang Christie's.

5 dari 6 halaman

4. Gelang Emas

Putri Charlotte kemungkinan akan bersaing dengan sepupunya, Putri Lilibet, untuk mendapatkan gelang emas yang merupakan hadiah pernikahan dari kakek mereka, Raja Charles III, kepada nenek mereka, Putri Diana.

Pasalnya, gelang ini sarat nilai. Hiasan-hiasan yang terdapat di gelang menandai simbol-simbol istimewa. Sebut saja sepatu balet, yang mewakili kecintaan Putri Diana pada jenis tarian itu.

Ketika Pangeran William dan Pangeran Harry lahir, ada inisial huruf "W" dan "H" yang ditambahkan pada gelang emas tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Satu Set Perhiasan Zamrud

Putri Diana mendapat gelang zamrud bergaya art deco dari Raja Charles III saat mereka menikah. Kemudian pada ulang tahunnya ke-22, dia kembali dihadiahkan anting-anting zamrud dan berlian.

Meski tidak menyukai zamrud, Putri Diana kerap memakainya untuk mencocokkan perhiasan yang dipinjamkan Ratu Elizabeth II atau hadiah dari para pemimpin lain.

Set gelang dan anting-anting zamrud tersebut dikabarkan belum pernah dipakai baik oleh Putri Catherine atau Meghan Markle dan tidak menutup kemungkinan akan diwariskan ke Putri Charlotte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini