Sukses

Erdogan Sebut Hasil Akhir Pemilu Turki 2023 Belum Pasti, tapi Klaim Unggul atas Kilicdaroglu

Ketua Dewan Tertinggi Pemilu Turki Ahmet Yener mengumumkan bahwa lebih dari 91,93 persen suara sekarang telah dihitung.

Liputan6.com, Ankara - Recep Tayyip Erdogan (69) berbicara di hadapan lautan pendukungnya dari balkon markas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Ankara di tengah penghitungan suara pemilu Turki 2023 yang masih berlangsung.

Erdogan yang didamping sang istri, Emine Erdogan, disebut menyanyikan sebuah lagu cinta bagi pendukungnya sebelum memulai pidato dengan mengatakan, "Seseorang di dapur, kami di balkon."

Pernyataannya tersebut merujuk pada penantang utamanya Kemal Kilicdaroglu yang merilis video dari dapurnya yang sederhana selama kampanye pemilu Turki.

Dia melanjutkan, "Walaupun hasil akhirnya belum pasti, kita sudah jauh di depan. Kita masih belum tahu hasil akhir yang resmi, kita masih menunggu kemauan bangsa menjadi nyata. Sembari menunggu hasilnya, saya memutuskan memberi pidato tradisional balkon lebih dulu."

Sebelumnya, Erdogan telah memberikan pidato balkon -dari tempat yang sama- setiap kali memenangkan pemilu.

Dalam pidatonya, Erdogan mengimbau pengurus AKP untuk terus memantau penghitungan sisa suara.

"Kami tidak tahu apakah pemilu putaran pertama sudah selesai. Jika negara kita memilih untuk melanjutkan ke putaran kedua, kami akan menghormatinya. Tapi kami percaya bahwa kami akan menyelesaikan putaran ini dengan mengantongi lebih dari 50 persen suara, saat ini masih ada suara yang dihitung," kata Erdogan yang telah memimpin Turki selama 20 tahun seperti dilansir BBC, Senin (15/5/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Erdogan juga berterima kasih kepada para pemilihnya karena telah memberikan mayoritas suara kepada Aliansi Rakyat di parlemen. Aliansi tersebut mencakup AKP, partai ultranasionalis MHP, bersama dengan sejumlah partai nasionalis dan Islam.

Ketua Dewan Tertinggi Pemilu Turki Ahmet Yener seperti dilansir BBC dalam update-nya mengumumkan bahwa lebih dari 91,93 persen suara sekarang telah dihitung.

Berdasarkan hasil tersebut, Erdogan unggul dengan 49,49 persen suara, sedangkan Kilicdaroglu meraup 44,79 persen suara.

Ketika ditanya apakah dia bisa secara resmi mengatakan akan ada putaran kedua, Ahmet menjawab bahwa perhitungan suara masih berlanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini