Sukses

Jokowi Ketok Palu, Tandai KTT ke-42 ASEAN 2023 Resmi Dimulai

Dalam pembukaan KTT ke-42 ASEAN 2023, Jokowi menyinggung kondisi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah menyambut kedatangan para pemimpin ASEAN di Hotel Meruorah pagi ini sejak pukul 08.00 WITA. 

Usai seluruh delegasi hadir, para pemimpin negara tersebut berkumpul di ruang sidang untuk segera memulai KTT ASEAN 2023. 

"Yang Mulia para pemimpin ASEAN, selamat datang di KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia," ujar Jokowi. 

Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung kondisi ekonomi global yang disebutnya belum sepenuhnya pulih. Dia juga mengangkat isu rivalitas yang semakin tajam dan dinamika dunia yang semakin tidak terprediksi. 

Jokowi lantas menyoroti peran ASEAN dalam mengatasi berbagai isu global. 

"Yang menjadi pertanyaan, apakah ASEAN akan hanya menjadi penonton? Apakah ASEAN hanya akan diam? Apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan," kata Jokowi. 

Jokowi pun mendorong kerja sama yang semakin erat antar pemimpin ASEAN guna mengatasi persoalan dunia dan kawasan. 

"Saya yakin kita semua percaya ASEAN bisa asalkan satu kuncinya, persatuan. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan," tegasnya. 

Melalui tema keketuaan Indonesia, "ASEAN Matters: Epicantrum of Growth", Jokowi juga menegaskan bahwa ASEAN memiliki akses kuat sebagai kawasan dengan ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, sekaligus kestabilan kawasan yang terjaga.

Dengan nilai-nilai tersebut, Jokowi mendorong ASEAN untuk semakin memperkuat integrasi ekonomi, mempererat kerja sama inklusif, termasuk implementasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan memperkokoh arsitektur pangan, energi, dan stabilitas keuangan. 

"Mari bekerja keras menjadikan 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth' dan dengan ini KTT ke-42 ASEAN dibuka," tutup Jokowi sambil mengetuk palu sebagai tanda pembukaan KTT ASEAN 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini