Sukses

Sejumlah Efek Api di Disneyland Seluruh Dunia Ditangguhkan, Imbas Karakter Naga di California Terbakar

Disney membatalkan sejumlah penggunaan efek api dalam pertunjukannya setelah insiden naga terbakar di Disneyland. Berlaku untuk seluruh cabangnya kecuali di Florida.

Liputan6.com, Anaheim - Disneyland menayangkan banyak pertunjukan yang luar biasa setiap harinya. Kendati demikian salah satu pertunjukan terkait api di wahana di California Selatan, AS mengalami kendala dan berujung pada penghentian sejumlah efek terkait api di resor mereka di seluruh dunia.

Dilaporkan dari CNN Travel, Selasa 25 April 2023, Perusahaan Disney memutuskan menarik efek api tertentu dari pertunjukan resor mereka di seluruh dunia setelah naga animatronik terbakar di Disneyland California Selatan pada Sabtu 22 April 2023.

"Kami untuk sementara menangguhkan efek api yang serupa dengan yang digunakan di pertunjukan Fantasmic Disneyland pada pengalaman hiburan secara global karena ingin berhati-hati," kata pejabat Disneyland dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Kembang api adalah salah satu efek khusus yang ditampilkan dalam pertunjukan "Fantasmic" yang telah berlangsung lama di Disneyland dan Walt Disney World di Florida, menurut situs web taman tersebut.

Fantasmic adalah pertunjukan luar ruangan di mana Mickey Mouse membayangkan melawan penjahat klasik Disney menggunakan penampilan efek air, laser, dan proyeksi sebelum penghujung kembang api di bagian akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian Kebakaran

Pada hari Sabtu lalu, Maleficent, sebuah karakter naga Disney yang bernapas api, terbakar saat pertunjukan Fantasmic.

Karakter tersebut seharusnya mengeluarkan api setinggi 14 meter pada pertunjukkannya. Namun terdapat perubahan dalam pertunjukan terakhirnya. 

Hal ini mendorong aksi evakuasi di bagian Tom Sawyer Island, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Karena asap dan angin, wahana dan objek rekreasi dekat bagian itu juga ikut dievakuasi.

Untungnya tidak ada korban lukan, dan penyebab kebakaran hari Sabtu masih dalam penyelidikan.

Ini bukan pertama kalinya naga Disney terbakar.

Sebelumnya pada tahun 2018, pelampung naga di parade Festival Fantasi Disney World juga pernah terbakar. Tidak ada korban luka yang dilaporkan dalam insiden itu.

3 dari 4 halaman

Dampak di Disneyland AS

Efek api dalam penyangga naga di pertunjukan Fantasmic taman Disney World Hollywood Studios menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan yang digunakan Disneyland, sehingga pertunjukan di Florida akan berlanjut seperti biasa, kata pejabat Disney.

Pada Senin sore, menurut situs web Disney World, pertunjukan Fantasmic dijadwalkan pada Senin pukul 9 malam ET. Acara ini biasanya berjalan setiap malam. Namun situs tersebut mencantumkan penutupan set untuk tanggal 1 Mei dan 2 Mei untuk "pemeliharaan rutin".

Di taman Disney World’s Magic Kingdom, parade Festival of Fantasy di siang hari juga biasa menampilkan pertunjukan naga yang bernapas api. Untuk ini, pejabat Disney mengatakan pawai akan tetap dilanjutkan dengan pelampung naga terbang, tetapi efek apinya untuk sementara ditangguhkan.

Akan tetapi mengenai pertunjukan Fantasmic yang berdurasi 30 menit, pejabat Disney mengatakan bahwa "kami belum memiliki pembaruan status pasti."

4 dari 4 halaman

Perubahan Lain Disneyland

Sementara, pada akhir tahun lalu, Disneyland mengeluarkan perubahan positif yang baru.

Untuk pertama kalinya dalam 67 tahun sejarah Disneyland, sekarang ada karakter di kursi roda yang ditampilkan di sebuah atraksi.

Dua boneka di kursi roda diluncurkan di wahana taman hiburan "It's a Small World", sebuah proyek yang memakan waktu lebih dari setengah tahun dan melibatkan kreatif Disney dan tim aksesibilitas taman.

Perubahan itu adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk melihat tempat wisata populer itu melalui 'kaca pembesar' untuk peluang inklusi, kata Kim Irvine, direktur kreatif eksekutif Walt Disney Imagineering untuk Disneyland Resort.

Jill Houghton, presiden dan CEO Disabilitas:IN, sebuah organisasi nirlaba yang menangani inklusi disabilitas bisnis, menyebut boneka baru itu sebagai "tambahan yang fantastis".

"Boneka-boneka itu berpartisipasi secara inklusif bersama rekan-rekan mereka yang bukan penyandang disabilitas, yang merupakan sesuatu yang ingin kami lihat lebih banyak, alih-alih digambarkan terbatas atau tidak mampu karena disabilitas," kata Houghton dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

Untuk baca selengkapnya, klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.