Sukses

Siklon Ilsa Bawa Badai Dahsyat ke Australia Barat, Kecepatan Angin Hingga 218 Km/Jam

Siklon yang kuat telah melanda Australia Barat sebagai badai kategori lima, mencatatkan rekor kecepatan angin tetapi tak membuat daerah berpenduduk mengalami kerusakan besar.

Liputan6.com, Port Hedland - Siklon yang kuat telah melanda Australia Barat sebagai badai kategori lima, mencatatkan rekor kecepatan angin tetapi tak membuat daerah berpenduduk mengalami kerusakan besar.

Siklon tropis Ilsa yang parah melanda negara bagian yang dekat dengan Port Hedland, pusat ekspor bijih besi terbesar di dunia, tepat sebelum Jumat tengah malam (17:00 BST).

Badai telah diturunkan ke kategori tiga, tetapi peringatan merah tetap berlaku untuk beberapa komunitas pedalaman.

Siklon tersebut adalah yang terkuat yang menghantam wilayah tersebut dalam 14 tahun.

Wali Kota Port Hedland Peter Carter menggambarkan suara angin yang menghantam kota sebagai "sangat menakutkan dan tidak biasa" dan "seperti kereta barang".

Salah satu kedai minum dan taman karavan lokal terkenal yang terletak tepat di jalur badai - rumah jalan Pardoo - mengalami "kerusakan parah", kata pemiliknya di Facebook.

"Namun sejauh ini belum ada laporan korban luka dan semua infrastruktur penting tidak rusak oleh Siklon Ilsa itu," kata kepala pemadam kebakaran kawasan itu.

"Begitu kami bisa mendapatkan kru ke darat dan helikopter di udara... kami akan bergerak di sepanjang pantai hanya untuk memeriksa jalan dan infrastruktur penting lainnya," kata Peter Sutton kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC) seperti dikutip dari CNN, Jumat (14/4/2023)

Angin berkecepatan 218 km/jam terekam di Pulau Bedout di lepas pantai saat badai mendarat, menetapkan rekor angin berkelanjutan 10 menit awal untuk Australia.

Rekor sebelumnya adalah 194km/jam - angin yang tercatat saat Siklon George menghantam negara itu pada 2007.

Sementara Australia utara tidak asing dengan siklon, badai ini adalah yang terkuat yang melanda kawasan itu dalam 14 tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Badai Melemah Saat Menuju Daratan

Siklon Ilsa yang sangat merusak bergerak ke daratan, tetapi badai diperkirakan akan melemah lebih jauh hingga Sabtu malam, kata Biro Meteorologi (BOM).

Ketika topan mendekat, penduduk Port Hedland membuat persiapan menit terakhir dengan karung pasir dan mengamankan rumah serta bisnis mereka, kata reporter Channel Nine Ezra Holt kepada BBC.

Dia menambahkan bahwa ada emosi campur aduk di dalam kota, ada yang tidak terlalu ribut, dan ada yang lebih prihatin karena siklon sekuat ini cukup langka.

Kapal, termasuk pengangkut bijih besi, dilaporkan dipindahkan dari pelabuhan Port Hedland saat badai mendekat.

Siklon kategori lima terakhir yang menerjang Australia Barat adalah Topan Laurence pada tahun 2009. Dua tahun sebelumnya, badai kategori lima lainnya, Topan George, menewaskan tiga orang saat menerjang kamp pertambangan tepat di selatan Port Hedland.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.