Sukses

Donald Trump Bukan Presiden Amerika Serikat Pertama yang Ditangkap

Presiden Amerika Serikat pertama yang ditangkap adalah Ulysses S. Grant. Alasannya karena ngebut.

Liputan6.com, Washington - Donald Trump memang tercatat sejarah sebagai presiden Amerika Serikat (AS) pertama yang didakwa secara pidana, tapi dia bukan satu-satunya yang pernah ditangkap.

Pada tahun 1872, Presiden ke-18 AS Ulysses S. Grant ditangkap karena ngebut dengan kereta kudanya. Alasan penangkapan Grant di sudut Jalan 13th dan M di Washington DC itu termasuk pelanggaran ringan.

Polisi yang menangkapnya adalah seorang veteran perang sipil berkulit hitam, William H. West. Pada tahun 1908, West mengisahkan peristiwa itu kepada Washington Evening Star. Demikian seperti dilansir The Guardian, Senin (10/4/2023).

Dari hari-harinya sebagai kadet di Akademi Militer AS, Grant dikenal sebagai penunggang kuda yang andal.

Ketika dihentikan oleh West, Star menulis, Grant mengemudikan sepasang kuda cepat dan dia mengalami kesulitan untuk menghentikannya walau pada akhirnya dia berhasil melakukannya.

Grant saat itu bertanya, "Baiklah, petugas. Apa yang Anda inginkan dari saya?"

West menjawab, "Saya ingin memberi tahu Anda Tuan Presiden bahwa Anda melanggar hukum dengan ngebut di sepanjang jalan ini. Perilaku ngebut Anda, tuan, telah menjadi contoh bagi banyak orang."

Grant disebut meminta maaf dan pergi. Namun, keesokan harinya, dia mengulangi tindakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertangkap Basah Ngebut Lagi

Menurut Star, Grant tersenyum seperti bocah yang tertangkap basah oleh guru saat kedapatan ngebut lagi. Dia mengklaim tidak sadar telah mengemudi terlalu cepat.

West yang tidak tinggal diam mengatakan, "Saya sangat menyesal Tuan Presiden harus melakukannya karena Anda adalah kepala negara, sementara saya hanyalah seorang polisi. Tetapi, tugas adalah tugas dan saya harus menyatakan bahwa Anda ditangkap."

Grant pun dibawa ke kantor polisi dan harus membayar jaminan sebesar US$ 20 sebelum dibebaskan.

Cathy Lanier yang menjabat sebagai kepala polisi DC saat itu berkomentar pada tahun 2012 bahwa pihaknya benar-benar pernah menghentikan Grant beberapa kali karena ngebut, tetapi akhirnya mengharuskan dia membayar denda dan melepaskannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.