Sukses

India Umumkan Kelahiran 4 Cheetah Setelah 70 Tahun Punah

Cheetah tersebut berasal dari Namibia dan tiba di India tahun lalu.

Liputan6.com, New Delhi - India mengumumkan kelahiran empat anak cheetah, dari salah satu dari delapan cheetah yang dipindahkan dari Namibia tahun lalu. Ini terjadi beberapa dekade setelah mereka dinyatakan punah di Negeri Hindustan.

Dilansir Al Jazeera, Kamis (30/3/2023), Menteri Lingkungan India Bhupender Yadav menulis cuitan di Twitter yang berisi foto dan video anak-anak cheetah tersebut pada Rabu (29/3), menyebutnya sebagai peristiwa penting.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga ikut merespons peristiwa itu.

Delapan cheetah Namibia tiba di India tahun lalu sebagai bagian dari proyek ambisius untuk memperkenalkan kembali cheetah sebagai hewan darat tercepat di dunia.

"Hari ini cheetah telah kembali ke tanah India," kata Modi dalam pidatonya pasca kedatangan cheetah pada September tahun lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punahnya Populasi Cheetah

India pernah menjadi rumah bagi cheetah Asia, sebelum dinyatakan punah pada tahun 1952. Penyebab utama kepunahannya adalah hilangnya habitat dan aktivitas pemburuan untuk mendapatkan bulu bertotol hitam yang banyak diminati. 

Di Iran, jumlah cheetah juga sudah sangat sedikit. Cheetah saat ini masuk Daftar Merah IUCN (Uni Internasional untuk Konservasi Alam) untuk kategori hewan terancam punah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.