Sukses

Daftar Restoran Terbaik di Asia Tahun 2023, Ada Indonesia?

Terungkap daftar terbaru restoran terbaik di Asia tahun 2023, kota Bangkok dan Singapura meraih restoran terbanyak masuk daftar. Berikut ini daftar selengkapnya.

Liputan6.com, Singapura City - Bangkok telah lama dianggap sebagai kota yang juara dengan street food atau makanan jalanannya. Namun belakangan ini, restoran fine dining Thailand juga sama memikatnya.

Pada Selasa 28 Maret 2023 malam, sebuah restoran di Thailand memenangkan posisi teratas dalam daftar penghargaan "Asia’s 50 Best Restaurants" atau "50 Restoran Terbaik Asia" tahun 2023, yang diberikan dalam acara yang diselenggarakan di Singapura.

Dikutip dari CNN Travel, Rabu (29/3/2023), pemenangnya adalah Le Du, sebuah restoran modern yang menawarkan menu makanan Thailand dengan empat sampai enam hidangan, berfokus pada bahan musiman Thailand.

Restoran ini dipimpin oleh pemilik sekaligus koki asal Thailand, Thitid "Ton" Tassanakajohn.

Pada tahun 2022, restorannya menempati peringkat nomor empat, dan sekarang sudah naik tiga peringkat untuk merebut takhta dalam daftar yang sama tahun 2023.

Itu adalah malam yang luar biasa bagi Chef Thitid, karena bukan hanya restoran Le Du saja yang memasuki daftar "50 Restoran Terbaik Asia", restoran lainnya yang dimiliki chef Thitid juga termasuk dalam daftar tersebut.

Restoran Nusara miliknya yang terletak di Bangkok, menyajikan apa yang disebutnya "masakan penuh warna" yang "tidak tradisional maupun modern" berada hanya dua peringkat di belakangnya, menjadi peringkat nomor tiga dalam daftar.

"Saya sangat tersanjung bisa berdiri di antara koki (terbaik) di Asia dalam ruangan ini, dan ini lebih dari mimpi yang menjadi kenyataan,” ujar Thitid dari atas panggung saat menerima pialanya.

"50 Terbaik adalah sesuatu yang sangat istimewa di hati saya dan bukan hanya karena peringkat tetapi karena semua orang di ruangan ini. Itu adalah hal yang paling penting. Saya sangat beruntung termasuk dalam keluarga ini bersama Anda semua, dengan semua teman koki saya, saudara laki-laki dan perempuan saya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Jalanan yang Langka Dalam Daftar

Menempati urutan ke-dua, ada Restoran Tokyo Sezanne yang terkenal dengan masakan Prancis.

Sementara, pemenang urutan pertama tahun lalu, yang juga merupakan restoran Tokyo bernama Den, turun menjadi peringkat empat tahun ini.

Posisi ke-lima besar dilengkapi oleh resotran Gaggan Anand yang berbasis di Bangkok, dijalankan oleh koki legendaris kelahiran Kolkata dengan nama yang sama.

Secara keseluruhan, kemenangan terbanyak dimenangkan oleh restoran dari kota Bangkok dan Singapura, masing-masing merebut sembilan tempat di daftar tahun 2023. Sementara, tujuh restoran di Tokyo mendapatkan piala.

Meskipun sebagian besar pemenang dalam daftar adalah restoran mewah fine dining, satu restoran jajanan pinggir jalan berhasil masuk, yaitu Raan Jay Fai yang berbintang Michelin di Bangkok.

Restoran jajanan pinggir jalan yang langka ini dijalankan oleh pemiliknya yang berusia 70-an dan chef Supinya “Jay Fai” Junsuta.

3 dari 4 halaman

Penghargaan Khusus dalam Acaranya

Daftar global "Asia's 50 Best Restaurants" ini disusun oleh Asia’s 50 Best Restaurants Academy, yang terdiri dari lebih dari 300 penulis makanan, kritikus, koki, dan pemilik restoran, semuanya dipilih berdasarkan pengetahuan mereka tentang restoran Asia.

Dengan dampak pandemi yang masih berdampak pada industri restoran global, upacara penghargaan berdurasi 90 menit, yang diadakan di Resorts World Sentosa Singapura, menawarkan kesempatan bagi mereka yang hadir untuk merayakan keberhasilan rekan-rekan mereka yang tidak masuk dalam daftar.

Beberapa penghargaan khusus yang diberikan pada acara tersebut termasuk penghargaan "One to Watch", yang diserahkan kepada restoran Jakarta bernama August, yang dibuka pada tahun 2021.

Penghargaan "Koki Wanita Terbaik Asia" diberikan kepada Johanne Siy, kepala koki kelahiran Filipina dari restoran Singapura Lolla.

Sustainable Restaurant Award diberikan kepada Toyo Eatery di Manila.

Sedangkan Louisa Lim dari Odette, Singapura memenangkan penghargaan Asia’s Best Pastry Chef.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Asia’s 50 Best Restaurants 2023

1. Le Du (Bangkok)

2. Sezanne (Tokyo)

3. Nusara (Bangkok)

4. Den (Tokyo)

5. Gaggan Anand (Bangkok)

6. Odette (Singapore)

7. Florilege (Tokyo)

8. La Cime (Osaka)

9. Sorn (Bangkok)

10. Narisawa (Tokyo)

11. Labyrinth (Singapore)

12. Sazenka (Tokyo)

13. The Chairman (Hong Kong)

14. Villa Aida (Wakayama, Japan)

15. Mosu (Seoul)

16. Masque (Mumbai)

17. Meta (Singapore)

18. Fu He Hui (Shanghai)

19. Indian Accent (New Delhi)

20. Ode (Tokyo)

21. Zen (Singapore)

22. Suhring (Bangkok)

23. Onjium (Seoul)

24. Burnt Ends (Singapore)

25. Euphoria (Singapore)

26. Cloudstreet (Singapore)

27. Les Amis (Singapore)

28. Mingles (Seoul)

29. Neighborhood (Hong Kong)

30. Avartana (Chennai, India)

31. Ensue (Shenzhen, China)

32. Cenci (Kyoto, Japan)

33. Ms. Maria & Mr. Singh (Bangkok)

34. Da Vittorio (Shanghai)

35. Potong (Bangkok)

36. Born (Singapore)

37. Wing (Hong Kong)

38. Raan Jay Fai (Bangkok)

39. Wing Lei Palace (Macao)

40. Anan Saigon (Ho Chi Minh City)

41. Mono (Hong Kong)

42. Toyo Eatery (Manila)

43. Sichuan Moon (Macao)

44.L’Effervescence (Tokyo)

45. Mume (Taipei)

46. Baan Tepa (Bangkok)

47. Born & Bred (Seoul)

48. Metiz (Manila)

49. Caprice (Hong Kong)

50. Refer (Beijing)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.