Sukses

Spotify Hapus Daftar Lagu Bollywood dari Aplikasi, Ini Alasannya

Liputan6.com, New Delhi - Penggemar lagu-lagu Bollywood di akun Spotify pasti akan kecewa, karena ratusan lagu dari beberapa blockbuster terbesar India telah menghilang dari aplikasi pemutar musik tersebut.

Pihak Spotify mengatakan penghapusan ini dikarenakan tidak dapat mencapai kesepakatan dengan pemilik trek. Kesepakatan yang lama sudah tak berlaku. 

Soundtrack dengan jutaan drama Bollywood, seperti Malhari dari film romansa yang epik Bajirao Mastani, atau lagu Kala Chashma dari film Baar Baar Dekho, dan bersamaan dengan lagu lainnya yang menjadi favorit penggemar Bollywood telah dihapus oleh aplikasi ini. 

Hal itu telah meninggalkan dampak bagi daftar putar pengguna, yang baru menyadari lagu-lagu Bollywood itu hilang setelah dimuat dan akan diputar. 

Melansir dari bbc.com, Selasa (21/3/2023), setelah hilangnya daftar putar Bollywood di Spotify, BBC newsbeat berbicara kepada penggemar Bollywood, Vishma Rai, yang sedang berada di sebuah pelatihan. 

Biasanya dia memiliki daftar putar yang penuh dengan lagu favorit, mulai dari lagu yang ada di film Kalank dan Ram Leela, untuk menemaninya ketika sedang dalam perjalanan. Namun, dia menyadari bahwa lagu-lagu tersebut telah hilang dari daftar putarnya. 

"Saya sangat kesal, ini gila," katanya.

"Sayang sekali lagu Kalank hilang, ini adalah salah satu lagu favoritku, dan itu sangat mengecewakan. Aku tidak tahu apa yang akan kudengarkan sekarang ketika aku ingin merasa dicintai," ucap Vishma Rai kembali. 

 

 

2 dari 4 halaman

Musik Bollywood Sama Dengan Jiwa Film

Bagi penggemar seperti Vishma, musik di Bollywood merupakan bagian dari jiwa film yang meningkatkan aksi di layar lebar, dan akan hidup di headphone melalui lagu-lagunya, dan akan diingat terus hingga bertahun-tahun setelah film dirilis.

Jika film itu tidak berhasil, maka musiknyapun akan diingat orang terus. 

Salah satu lagu favorit Vishma lainnya adalah Nagada Sang Dhol, merupakan soundtrack dari film drama percintaan tragis Ram Leela, "salah satu film paling epik yang pernah ada", katanya.

"Sangat, sangat menjengkelkan karena lagu itu sudah tidak ada di Spotify. Mereka dulunya menjadi bagian besar dari lagu harian saya untuk membuat saya bersemangat," katanya.

"Tapi sekarang saya tidak tahu harus berbuat apa. Ini benar-benar mengecewakan dan saya merindukan mereka (lagu-lagu)," ucapnya kepada BBC

Rekan penggemar film Zeenat mengatakan kepada BBC Newsbeat bahwa dia telah membatalkan langganan Spotify-nya sebagai bagian dari protes.

 

3 dari 4 halaman

Spotify Tidak Menyediakan Akses ke Seluruh Dunia

Seperti yang dijelaskan Spotify di situs webnya, Spotify tidak menyediakan akses ke semua musik dan podcast di seluruh dunia.

Sama halnya dengan layanan streaming manapun, mereka tidak berhak untuk memberikan akses luas, karena hal itu ada kesepakatan lisensi yang dibuat dengan penerbit dan pemilik hak, sehingga boleh atau tidak bolehnya untuk diizinkan menyediakan trek mereka.

Ini merupakan sistem yang mirip dengan aplikasi seperti Netflix, di mana judul akan hilang sebelum muncul di layanan saingan. Sama seperti halnya musik Bollywood, kontrak berakhir, dan Spotify mengatakan  bahwa mereka belum dapat menegosiasikan kontrak baru.

Tapi penggemar seperti Vishma akan senang mengetahui bahwa masih ada harapan untuknya mendengarkan musik-musik Bollywood di Spotify.

Pihak Spotify mengatakan akan melanjutkan upaya "itikad baik" untuk menemukan solusi kreatif dengan Zee Music yang merupakan bagian dari salah satu perusahaan hiburan terbesar di India.

4 dari 4 halaman

Spotify Uji Coba Fitur Baru NFT

Bicara soal Spotify perusahaan tersebut sebelumnya menyatakan akan berkreasi dengan fitur NFT untuk menambah nilai guna bagi pengguna, sehingga mau tidak mau pengguna harus memiliki Non Fungible Token NFT (NFT) untuk membuka daftar putar tertentu.

Eksperimen tersebut tampaknya terbatas pada pengguna Android di negara tertentu. Hal ini serupa ketika Apple membatasi penggunaan NFT di iOS pada Oktober tahun lalu.

Seorang juru bicara Spotify mengungkapkan perusahaan "secara rutin" melakukan tes terkait fitur ini. Beberapa mengarah pada peningkatan produk sementara yang lain hanya pembelajaran penting, kata perwakilan tersebut. 

Spotify merupakan salah satu perusahaan yang sudah tidak asing dengan token digital. Spotify melakukan uji coba fitur galeri NFT di halaman artis musim semi lalu, dan mempekerjakan orang dengan pengalaman teknis terkait. 

Langkah seperti ini akan membantu Spotify membentuk kemitraan terkait NFT berbasis musik. Namun, sangat disayangkan langkah NFT Spotify berada di saat industri kripto dan blockchain sedang diterjang berbagai masalah.

Baca selengkapnya disini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.