Sukses

Taiwan Gelar Pekan Kesetaraan Gender 2023 di New York AS

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional 2023, Taiwan menggelar pekan kesetaraan gender di New York, AS.

Liputan6.com, New York - Pada Maret ini, Taiwan menyelenggarakan Pekan Kesetaraan Gender Taiwan 2023 di New York, AS. Acara ini bertepatan dengan momen tahunan yang diadakan oleh The Commission on the Status of Women (CSW).

CSW atau Komisi Status Perempuan adalah badan antar pemerintah utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didedikasikan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Pertemuan tahunan CSW telah diadakan sejak tahun 1987 di markas besar PBB di New York.

Tahun ini, pertemuan CSW ke-67 (CSW67) diadakan dari 6 hingga 17 Maret, mengusung tema "Inovasi dan Perubahan Teknologi, Serta Pendidikan Di Era Digital Untuk Mencapai Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Semua Perempuan dan Anak Perempuan".

Bertepatan dengan momen CSW ke-67 (CSW67), Taiwan menggagas acara serupa.

"Taiwan telah diakui secara internasional karena memajukan kesetaraan gender. Sehingga dalam CSW67, mempromosikan pencapaian kesetaraan gender di negara Taiwan untuk meningkatkan citra Taiwan di komunitas internasional," jelas pihak Taiwan melalui keterangan tertulis yang disampaikan Taipei Economic and Trade Office (TETO) dan dimuat Selasa (21/3/2023).

"Dalam forum LSM CSW67 tahun ini, terdapat 28 acara paralel dari LSM Taiwan, dengan 14 acara tatap muka dan 14 acara virtual," rinci pihak Taiwan.

Sesuai dengan tema, LSM Taiwan berbagi pengalaman praktis dan saran tentang bagaimana membebaskan perempuan dari tindak kekerasan berbasis gender atau gender-based violence (GBV) yang difasilitasi teknologi, dan membuat perempuan mencapai potensi penuh mereka melalui teknologi.

Kementerian Luar Negeri dan Yayasan Promosi dan Pengembangan Hak Perempuan Negeri Formosa, sambung pernyataan tersebut, secara bersama-sama mengadakan beberapa acara untuk merayakan Pekan Kesetaraan Gender Taiwan dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional 2023.

 

Berikut ini sejumlah acara yang diadakan dalam rangka Pekan Kesetaraan Gender Taiwan 2023 di New York, AS:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Taiwan Night – Merayakan Kontribusi Perempuan dalam Bidang Teknologi

Taiwan Night, yang merupakan salah satu rangkaian acara dari Pekan Kesetaraan Gender Taiwan 2023, diadakan di Taipei Economic and Cultural Office (TECO) di New York pada 7 Maret pukul 19.00 waktu setempat, atau tanggal 8 Maret waktu Indonesia.

Acara tersebut terlihat dihadiri oleh tamu kehormatan dari sahabat aliansi diplomatik Taiwan, perantauan (diaspora) Taiwan, LSM, dan delegasi CSW67 Taiwan. 

Menampilkan film-film tematik dan peragaan busana "multiverse" hibrida, acara tersebut menggarisbawahi komitmen Taiwan terhadap kesetaraan gender dan menunjukan keberhasilan yang dicapai oleh sektor publik dan swasta yang bekerja sama untuk memajukan pengembangan teknologi dan kesetaraan gender.

Mengutip situs Taiwan Today, disebutkan bahwa Taiwan Night merupakan kegiatan sampingan dari pertemuan Komisi Status Perempuan PBB ke-67 yang berlangsung tanggal 6-17 Maret.

3 dari 3 halaman

2. Taiwan Main Stage – Mendorong Kesetaraan Gender dalam Era Digital

Sesi ke-2 setelah Taiwan Night, terdapat forum "Taiwan Main Stage – Mendorong Kesetaraan Gender dalam Era Digital" yang juga diadakan di TECO, New York..

Diselenggarakan pada 9 Maret pukul 18:30 waktu setempat atau tanggal 10 Maret waktu Indonesia, forum ini mempromosikan Kesetaraan Gender di Era Digital.

Sejalan dengan tema CSW67, acara ini menegaskan inisiatif LSM Taiwan, serta inovasi gender dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dalam acaranya, tamu kehormatan dari sahabat aliansi diplomatik Taiwan dan LSM internasional memberikan pidato tentang integrasi teknologi dan kesetaraan gender, meningkatkan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan di era digital, dan kebutuhan mendesak akan inklusivitas dalam sains dan teknologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.