Sukses

Aneh Tapi Nyata, Ada Madu Langka Warna Ungu

Beberapa foto toples madu ungu baru-baru ini bahkan viral di website Reddit dan memicu diskusi hangat tentang apakah suguhan yang tampak tidak biasa ini asli atau tidak?

Liputan6.com, North Carolina - Jika umumnya madu berwarna putih, kekuningan, cokelat atau hitam, tak demikian dengan yang dihasilkan di The Sandhills of North Carolina. Tempat ini dikatakan sebagai satu-satunya tempat di dunia di mana lebah telah menghasilkan madu ungu.

Katanya madu ini lebih mirip ramuan warna-warni seperti mirip cairan alien daripada nektar manis yang banyak dikenal tersebut.

Sejauh ini, menurut situs odditycentral, Jumat (3/3/2023), belum pernah ada madu yang terlihat mencolok secara visual seperti madu ungu yang diproduksi di North Carolina.

Berkat keunikannya, madu ini tak ayal memikat pecinta madu dari seluruh dunia dan peternakan lebah dari berbagai negara. Madu ungu dikatakan lebih manis daripada jenis madu amber dan tampaknya memiliki beberapa aroma buah.

Beberapa foto toples madu ungu baru-baru ini bahkan viral di website Reddit dan memicu diskusi hangat tentang apakah suguhan yang tampak tidak biasa ini asli atau tidak?

Tapi ternyata bagi orang-orang di North Carolina, madu ini merupakan madu yang sulit untuk didapatkan alias langka, tetapi keberadaanya tidak dapat disangkal. 

Warna madu umumnya kuning muda hingga kuning tua, tergantung pada jenis bunga asal nektar, tetapi untuk madu ungu, penyebabnya belum ditentukan. Beberapa orang berasumsi bahwa itu berasal dari buah-buahan seperti blueberry atau huckleberry. Tetapi para ilmuan memberikan pernyataan bahwa lebah tidak memiliki gigi yang cukup kuat untuk menggigit kulit buah beri tersebut. 

Sementara yang lain mengatakan bahwa bunga tanaman kudzu menghasilkan warna yang tidak biasa, sementara beberapa orang yakin bahwa madu itu hasil dari tanaman bunga leatherwood selatan. Pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar tahu pasti dari mana asal warna ungu pada madu itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Madu Ungu Kemungkinan Hasil Reaksi Kimia

Menurut Profesor John Ambrose dari North Carolina State University, madu ungu mungkin merupakan hasil reaksi kimia antara asam di perut lebah dan aluminium. Rupanya, bunga-bunga di pesisir Carolina Utara mengandung lebih banyak aluminium daripada di tempat lain, yang menjelaskan mengapa madu langka ini hanya diproduksi di Carolina Utara.

Banyak dari mereka yang cukup beruntung telah mencoba madu ungu, dan mengklaim bahwa rasanya benar-benar ungu, seperti rasa anggur atau beri yang halus.

"Ini manis. Ini diproduksi oleh lebah, tetapi memiliki rasa buah," kata peternak lebah Donald Dees. "Madu ini sesuai dengan karakter madu yang tidak biasa berwarna ungu. Ini adalah rasa buah yang benar-benar tidak dapat dikenali oleh siapa pun" tuturnya kembali.

Madu ungu adalah suguhan langka yang biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis amber, tetapi dengan semua perhatian yang didapat di online, atau viral akhir-akhir ini, permintaan untuk madu ungu semakin meningkat, dengan peternak lebah North Carolina melaporkan pesanan datang dari seluruh dunia.

"Saya menahannya," kata Dees. "Aku punya beberapa pesanan yang harus dipenuhi. Saya tidak bisa mengikuti pesanan di sana selama sekitar tiga atau empat hari. Maksud saya, saya harus menutup situs webnya, jadi saya bisa mengikuti pesanan untuk memastikan saya tidak menjual lebih dari yang saya miliki," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Madu Bagi Tubuh

Tahukah Anda bahwa

 

 madu juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, madu menjadi salah satu pemanis alami yang paling disukai dan sering digunakan. Sebagian besar individu menganggapnya sebagai salah satu obat penyembuhan yang paling ampuh.

Madu kaya akan kandungan gula alami serta nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam madu antara lain asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zinc, dan antioksidan.

Selain itu, kandungan gula alami dalam madu dipercaya sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan anti bakteri.

Saat ini, para pakar medis dan kebanyakan orang di dunia terus menggunakan madu untuk berbagai keperluan. Meskipun madu berbahaya bagi bayi di bawah satu tahun, bagi anak di atas satu tahun dan orang dewasa madu kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh. 

1. Mengatasi eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik yang tidak nyaman. Sebagian besar waktu, anak-anak dan remaja memiliki eksim yang bisa diatasi.

Campuran madu mentah dan minyak zaitun bisa digunakan dengan mengoleskan ke kulit untuk mengatasi masalah tersebut.

Ini juga bisa dikombinasikan dengan oat untuk mengelupas kulit, menghilangkan sel kulit mati. 

4 dari 4 halaman

2. Mengatasi Sinus

Meningkatnya tingkat polusi dan debu saat ini adalah penyebab banyak individu mengalami masalah yang berhubungan dengan sinus.

Virus yang menyebabkan infeksi menyumbat sinus kita, menjebak udara dan lendir, dan membuat kita tidak nyaman. 

Karakteristik antibakteri dan antiseptik yang secara alami ada dalam madu, bisa membantu membersihkan infeksi dan mengurangi peradangan.

Madu juga melegakan tenggorokan, mengurangi batuk, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi serangan sinus.

3. Membantu Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Mengalami kesulitan untuk tidur? Anda harus mencoba susu hangat dan minuman madu ini tepat sebelum tidur. 

Beberapa sendok madu dan susu atau teh spirulina diklaim bisa meningkatkan kualitas tidur.

4. Membantu Mengobati Penyakit Gusi

Sifat antibakteri dan penyembuhan infeksi dalam madu bisa membantu mengobati luka dan mempercepat penyembuhan.

Madu bisa digunakan untuk mengobati gangguan gusi seperti radang gusi. Madu bertindak sebagai agen anti-mikroba untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan bisa meredakan pembengkakan pada gusi serta mengurangi rasa sakit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.