Sukses

Kolektor Seni Tak Sengaja Jatuhkan Patung Anjing Senilai Rp637 Juta Karya Jeff Koons

Bel-Air Fine Art tengah memajang patung balon anjing biru tersebut di stannya di Art Wynwood, pameran seni kontemporer di Miami, Amerika Serikat, saat insiden terjadi.

Liputan6.com, Washington - Patung terkenal karya seniman Jeff Koons, yang mungkin terlihat seperti terbuat dari balon namun sebenarnya rentan, secara tidak sengaja dijatuhkan oleh seorang pengunjung pameran seni pada Kamis (16/2/2023). Akibatnya, karya seni senilai US$ 42.000 atau sekitar Rp637 juta itupun pecah berkeping-keping.

"Patung balon anjing biru yang dibuat oleh Koon pecah berkeping-keping ketika seorang pengunjung secara tidak sengaja menendang podiumnya," demikian menurut galeri yang menjadi tuan rumah karya tersebut seperti dikutip dari CNN, Senin (20/2/2023).

Bel-Air Fine Art tengah memajang patung balon anjing biru tersebut di stannya di Art Wynwood, pameran seni kontemporer di Miami, Amerika Serikat, saat insiden itu terjadi.

"Tentu saja memilukan melihat karya ikonik seperti itu hancur," kata Cedric Boero, yang mengelola stan Art Wynwood.

Boero menjelaskan lebih lanjut bahwa patung itu secara tidak sengaja dijatuhkan oleh seorang kolektor seni saat pesta koktail pada pembukaan pameran Kamis malam.

"Kolektor tidak pernah berniat merusak patung itu, bahkan dia tidak pernah menyentuhnya dengan tangannya," katanya. "Itu adalah koktail pembuka, banyak orang berada di stan kami, dia secara tidak sengaja menendang podiumnya, menyebabkan patung itu jatuh."

"Hal semacam ini sayangnya terjadi, makanya karya seni itu diasuransikan," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Mengundang Minat Kolektor Seni

Meski telah hancur berkeping-keping, Bel-Air Fine Arts mengatakan bahwa sejumlah kolektor telah menawarkan untuk membeli patung balon anjing biru tersebut.

Patung yang memiliki nama resmi "Balloon Dog (Blue)" merupakan karya Koons tahun 2021. Patung itu terbuat dari porselen dan berukuran 40 x 48 x 16 cm.

Patung binatang balon karya Koons adalah beberapa patung paling ikonik dan mahal di dunia seni kontemporer. Karya-karyanya telah menghasilkan jumlah yang mencengangkan di lelang, sebut saja "Rabbit" (1986) terjual seharga US$ 91 juta di Christie's New York pada tahun 2019 dan "Balloon Dog (Orange)" (1994-2000) terjual seharga US$ 58,4 juta enam tahun sebelumnya.

Koons telah menciptakan ratusan versi patung anjing balon, beberapa di antaranya menjulang setinggi lebih dari 10 kaki dan ada pula yang setinggi lebih dari satu kaki, seperti patung yang hancur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.