Sukses

Tambang Seng Runtuh di Australia, 2 Orang Dilaporkan Hilang 24 Jam Lebih

Sebuah tambang di Queensland, Australia runtuh. Dua pria dilaporkan hilang selama lebih dari 24 jam. Pencarian pun sedang dilakukan.

Liputan6.com, Queensland - Sebuah tambang di Queensland, Australia runtuh. Dua pria dilaporkan hilang selama lebih dari 24 jam. Pencarian pun sedang dilakukan.

"Orang-orang itu mengemudi 125 meter (410 kaki) di bawah tanah di dalam tambang Sungai Dugald dekat Cloncurry ketika tanah runtuh pada hari Rabu," kata media lokal seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/2/2023).

Mereka berada 25 meter ke dalam kehampaan di tambang, tetapi orang ketiga yang bekerja dengan mereka berhasil melarikan diri dan memberitahu yang lain.

Kendaraan mereka telah ditemukan menggunakan drone, tetapi penyelamat tidak menemukan tanda-tanda pekerja tambangyang hilang tersebut.

Kedua orang tersebut belum menanggapi upaya untuk menghubungi mereka melalui radio.

Orang-orang tersebut - yang disebutkan dalam laporan media lokal sebagai Dylan Langridge dan Trevor Davis - diyakini sebagai "fly-in, fly-out workers", praktik umum di beberapa bagian Australia di mana staf diterbangkan sementara ke lokasi kerja terpencil.

"Semua operasi di tambang seng telah dihentikan karena pencarian semakin intensif," kata pemilik tambang MMG.

Tim penyelamat bekerja sepanjang malam menggunakan alat berat untuk mendapatkan akses ke kendaraan tersebut, dan pada Kamis pagi manajer umum MMG Tim Akroyd mengatakan misi telah dimulai untuk memulihkannya dari bawah.

"Kami memperkirakan proses ini akan memakan waktu," katanya, menambahkan, "pikiran kami tetap kuat dengan keluarga rekan kami yang hilang."

Tim penyelamat difokuskan untuk menyelesaikan situasi yang "berkembang" "secepat dan seaman mungkin", kata Mark Norwell, CEO Perenti - perusahaan tempat kontraktor bekerja.

"Semua orang di Perusahaan Perenti merasakan dampak dari insiden ini, dan sementara kami sangat mengkhawatirkan keselamatan rekan-rekan kami, kami terus berharap hasil yang positif dapat dicapai."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ledakan Picu Tambang Emas di Xinjiang Ambruk, 18 Penambang Terjebak

Sebuah tambang ambruk sebelumnya terjadi di Xinjiang, China. Sejumlah pekerja kabarnya terjebak di dalamnya.

Mengutip Al Jazeera dari laporan media pemerintah, Senin (26/12/2022), tim penyelamat bekerja untuk menjangkau 18 orang yang terperangkap di bawah tanah setelah tambang emas di wilayah Xinjiang, China barat laut, runtuh.

Sebanyak 40 orang dilaporkan sedang bekerja di tambang emas di daerah Yining, sekitar 100 kilometer (60 mil) dari perbatasan dengan Kazakhstan ketika tambang ambruk pada Sabtu 24 Desember sore.

22 penambang dibawa ke permukaan setelah tambang runtuh, tetapi 18 lainnya dilaporkan terjebak kala itu.

Keselamatan tambang telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir di China, tetapi kecelakaan masih sering terjadi di industri di mana instruksi keselamatan seringkali lemah, terutama di lokasi yang paling sederhana.

Pada September tahun 2022 lalu, 19 penambang yang terdampar di bawah tanah setelah runtuhnya tambang batu bara di provinsi barat laut Qinghai ditemukan tewas setelah pencarian yang lama.

Pada Desember 2021, 20 penambang diselamatkan dari tambang batu bara yang banjir di utara Provinsi Shanxi sementara dua lainnya meninggal.

China adalah produsen emas terbesar di dunia. Tahun lalu, negara itu menambang 370 metrik ton emas, dan telah memegang posisi puncaknya selama lebih dari 10 tahun.

 

3 dari 4 halaman

50 Orang Diduga Tewas dalam Insiden Tambang Emas Runtuh di RD Kongo

Sementara itu sedikitnya 50 orang dianggap telah tewas ketika sebuah tambang emas yang dieksploitasi secara tradisional runtuh dekat Kamituga di wilayah timur Republik Demokratik Kongo pada Jumat sore, 11 September 2020.

Keruntuhan itu terjadi di lokasi tambang "Detroit" sekitar pukul 3 sore waktu setempat setelah hujan lebat, kata Emiliane Itongwa, presiden Prakarsa Dukungan dan Supervisi Sosial atas Perempuan --sebuah LSM pertambangan berbasis di Kongo.  

"Beberapa penambang berada di lubang yang tertutup runtuhan dan tak seorang pun dapat keluar. Kami sedang memperbincangkan sekitar 50 orang muda," kata Itongwa sebagaimana diwartakan Reuters, dikutip dari Antara, Sabtu (12/9/2020).

Foto-foto dan video media sosial memperlihatkan ratusan orang, sebagian di antaranya dapat didengar menjerit di lereng sekitar jalan masuk lubang tambang.

Tambang itu tidak terletak di konsesi emas Kamituga yang dimiliki oleh Korporasi Banro perusahaan tambang Kanada, kata kepala pengelolaan perusahaan itu.

Kecelakaan-kecelakaan penambangan sering terjadi di lokasi tambang tradisional di Kongo, dengan lusinan tewas setiap tahun di tambang-tambang di mana para penggali dengan peralatan seadanya mengeruk tanah yang dalam untuk mencari bijih emas.

Peristiwa longsor di bekas tambang emas menewaskan 16 orang pada Oktober 2019, sementara 43 penambang liar tewas pada longsor yang lain di sebuah penambangan tembaga dan kobalt pada Juni 2019.

4 dari 4 halaman

1 Tewas dan 3 Luka-luka saat Terowongan Tambang Tembaga Runtuh di Pacitan

Di Indonesia, kecelakaan kerja terjadi di tambang tembaga di Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dalam insiden tersebut seorang pekerja dilaporkan meninggal dunia dan tiga lainnya mengalami luka berat. 

Informasi yang diterima Liputan6.com, insiden tersebut terjadi pada Senin (4/7/2022) siang. Adapun korban meninggal dalam insiden tersebut adalah Sukatno (36), sedangkan 3 pekerja lain mengalami luka adalah Sugeng (45), Setiawan (32), dan Imron Ardianto(45).

Saat itu para pekerja kembali mulai bekerja di terowongan tambang tembaga usai istirahat makan siang. Salah seorang pekerja tambang sedang mencangkul, namun tiba-tiba bagian langit-langit di terowongan tersebut runtuh. Alhasil para pekerja yang berada di dalam terowongan pun tertimpa reruntuhan material alam. 

"Material batu dan tanah mengenai kepala dan kaki korban. Selanjutnya saksi berteriak minta tolong dan korban dilarikan ke Puskesmas Ngadirojo," kata Kapolsek Tulakan AKP Umaryono, Senin (4/7/2022).

Sementara itu, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono mengaku sudah menerima laporan terkait kejadian tersebut. Polisi pun tengah menyelidiki SOP di perusahaan tambang tersebut. 

"Akan diperiksa adakah SOP yang dilanggar baik oleh pekerja maupun perusahaan. Yang terpenting di sini adalah bagaimana perusahaan memberikan santunan jaminan kecelakaan kerja bagi para korban sesuai peraturan yang berlaku," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.