Sukses

Coklat Meriahkan Hari Valentine di Arab Saudi

Arab Saudi turut terpikat dengan pesona Valentine 2023. Bunga, coklat, dan lambang hati menjadi sorotan di negeri tersebut.

Liputan6.com, Riyadh - Negara Kerajaan Arab Saudi turut merayakan Hari Valentine 2023. Hadiah-hadiah seperti mawar merah dan coklat Valentine menjadi pilihan untuk dinikmati warga setempat.

Perayaan Valentine di Arab Saudi tak hanya dirayakan oleh pasangan, namun orang-orang kantoran dan sahabat mereka.

"Grup teman-teman saya dan saya sendiri akan bagi-bagi bunga mawar dan coklat ke satu sama lain di kantor," ujar wanita karier bernama Rania Hasan, seperti dilaporkan Al Arabiya English, Rabu (14/2/2023).

"Ini cara yang lucu untuk menunjukkan cinta ke satu sama lain," jelasnya.

Hingga tujuh tahun yang lalu, Arab Saudi memang mengharamkan Valentine. Penjualan mawar merah pun dilarang. Alhasil, seikat bunga dan barang-barang bertema cinta dijual secara rahasia dengan harga mahal.

Kini, warga Arab Saudi tak ragu-ragu untuk membeli produk terbaik saat Valentine. Perusahaan bunga Floward mengaku pernah mendapat pesanan dari Arab Saudi senilai US$ 3.000 atau sekitar Rp 45,5 juta.

Valentine pun menjadi peluang bisnis di Arab Saudi. Penjualan barang-barang untuk momen perayaan cinta itu pun terus meningkat tiap tahun.

"Tiap tahun, penjualan jelang dan saat Hari Valentine naik beberapa kali lipat jika dibandingkan hari-hari dan acara-acara lain. Tiap tahun kami menyadari naiknya permintaan pada momen ini dan lebih banyak orang merayakan momen spesial ini," CEO & Chairman Floward, Abdulaziz Al-Loughanin kepada Al Arabiya English.

Tak hanya toko besar, toko bunga di Riyadh pun mengakui bahwa pelanggan lebih terbuka mengungkap perasaan mereka di kartu-kartu Valentine.

"Mereka sebelumnya tidak akan menulis terlalu banyak perasaan di kartu-kartu, tetapi kini orang-orang lebih mau untuk membagikan perasaan mereka dan menuliskannya," ujar seorang general manajer di toko bunga Little Flora.

Selain itu, kini warga tidak lagi mengirim pesan anonim, melainkan datang langsung ke toko untuk keperluan Valentine.

"Sekarang orang-orang datang dan secara langsung memesan untuk para istri dan kekasih mereka," ujar pihak Little Flora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Kencan Online Aman di Hari Valentine, Kaum Jomblo Wajib Tahu

Valentine Day atau Hari Valentine kerap dirayakan muda mudi yang punya pasangan. Mereka yang tidak punya pacar, kini kerap mencari teman kencan online melalui aplikasi kencan.

Meski mengasyikkan mendapatkan teman kencan dari aplikasi kencan online untuk merayakan Hari Valentine bersama, ada baiknya untuk selalu berhati-hati terhadap ancaman siber yang mungkin ada. 

Tips Kencan Online Aman

  • Verifikasi informasi

Sebelum bertemu dengan seseorang secara langsung atau membagikan informasi pribadi secara online, verifikasi identitas mereka mellaui profi media sosial, pencarian Google, atau metode lain. Percayai naluri kamu dan jangan ragu sudahi komunikasi dengan seseorang yang tampak mencurigakan atau tidak bisa dipercaya.

  • Gunakan koneksi aman

Gunakan koneksi yang aman dan terenkripsi saat berbagi informasi pribadi di platform kencan online untuk mencegah peretasan atau penyadapan.

  • Amankan kata sandi

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk semua akun kencan online dan jangan gunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

  • Bertemu di lokasi umum

Saat bertemu langsung dengan seseorang untuk pertama kalinya untuk kencan online, pilih lokasi publik yang cukup terang dan beri tahu teman atau anggota keluarga, di mana kamu akan berada.

3 dari 3 halaman

Hati-Hati Terhadap Permintaan

  • Hindari berbagi terlalu banyak

Jangan berbagi informasi sensitif, misalnya nama lengkap, alamat, detail keuangan, setidaknya sampai kamu membangun hubungan saling percaya dengan rekan yang dikenal dari aplikasi.

  • Berhati-hati terhadap permintaan

Berhati-hatilah terhadap permintaan uang atau bantuan lainnya, terutama jika permintaan itu tampak tidak masuk akal atau dilakukan di awal hubungan.

  • Laporkan aktivitas mencurigakan

Jika kamu mencurigai bahwa kamu telah menjadi korban penipuan kencan online, laporkan kepada pihak berwenang dan platform kencan online sesegera mungkin.

  • Tangani data online pribadi secara bertanggung jawab.
  • Lindungi diri kamu secara online

Salah satunya dengan solusi keamanan dari Kaspersky Premium. Hal ini akan membantu melindungi informasi pribadi dan mencegah potensi ancaman dari kencan online.

Baca juga: 5 Ancaman Siber Berkedok Kencan Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.