Sukses

15 Tumbuhan Pemakan Daging di Dunia, Cantik Tapi Mematikan

Tumbuhan karnivor atau tumbuhan pemakan daging, ternyata ada banyak jenisnya. Bentuknya indah, tetapi nyatanya bisa memakan binatang.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat beberapa tanaman yang unik dan aneh di berbagai dunia. Bahkan ada juga yang memakan daging selayaknya hewan.

Tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan pemakan daging atau tumbuhan karnivor.

Biasanya bentuknya sangat cantik dan indah guna menarik mangsanya.

Alih-alih mendapatkan nutrisi dari tanah seperti tumbuhan normal, tumbuhan karnivor berevolusi untuk menjebak dan melarutkan serangga, yang mereka pisahkan dan gunakan sebagai sumber nutrisi.

Tumbuhan karnivor juga memperoleh energi dari matahari melalui fotosintesis, tetapi sangat berbeda dari semua kehidupan tanaman lainnya. Meskipun garis keturunan evolusi yang berbeda telah bertemu strategi kelangsungan hidup karnivora, tumbuhan karnivor tertua berasal dari sekitar 70 hingga 80 juta tahun yang lalu.

Melansir dari Ranker, Minggu (12/2/2023), berikut adalah 15 tumbuhan karnivor yang ada di dunia:

1. Sundew

Sundew atau Drosera capensis merupakan salah satu genera tanaman karnivora terbesar, karena ada hampir 200 spesies yang teridentifikasi.

Mereka sering dihargai oleh kolektor dan naturalis. Meskipun ada banyak spesies sundew, semuanya bekerja dengan cara yang hampir sama.

Tumbuhan ini ditutupi tentakel berwarna cerah yang mengeluarkan lendir lengket. Ketika serangga menyentuh salah satunya, ia terperangkap, dan tanaman bereaksi secara fisik dengan menggelinding memanjang ke arah tengah.

Melakukan hal ini membantu pencernaan mangsa, karena membawa lebih banyak kelenjar pencernaan tanaman dengan serangga. Pencernaan bisa memakan waktu hingga enam jam. Setelah selesai, sundew akan membuka diri untuk menunggu lebih banyak mangsa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Venus Flytrap

Venus flytrap atau tanaman penangkap lalat venus (Dionaea muscipula) merupakan yang paling terkenal di antara tumbuhan karnivor lainnya.

Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan dan tersedia untuk dibeli di seluruh dunia.

Venus flytraps berasal dari lahan basah subtropis di pantai timur Amerika Serikat (AS) di Carolina Utara dan Selatan. Mereka memiliki mekanisme perangkap yang unik, yang terdiri dari struktur perangkap yang dibentuk oleh bagian terminal daun tumbuhan, yang memiliki "rambut pemicu" di sepanjang sisinya.

Saat serangga hinggap di tengah, atau menyentuh salah satu bulu, tanaman bereaksi dengan cara yang menarik. Itu tidak langsung menutup, dan sebagai gantinya, menunggu sekitar 20 detik untuk kontak lain.

Ketika itu terjadi, venus flytraps akan menutup daunnya, menjebak mangsanya di dalam. Ini dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran energi jika sesuatu seperti daun yang jatuh menemukan jalannya ke sehelai rambut.

Venus flytraps menunggu dengan sabar untuk "serangan" lainnya, sehingga tidak membuang waktu dan energinya untuk sesuatu yang kekurangan nutrisi.

3. Butterwort

Butterwort atau Pinguicula gigantea adalah spesies tanaman karnivora tropis yang ditemukan di banyak wilayah Meksiko.

Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna-warni, yang paling sering berwarna ungu tetapi terlihat dalam nuansa biru muda, dan terkadang putih.

Daun tanaman digunakan dalam aktivitas karnivora, karena dilapisi dengan lendir lengket yang dikeluarkan dari trikoma (rambut tanaman). Serangga tertarik pada tanaman, dan begitu mereka hinggap di daun, mereka terperangkap dalam sekresi lengket, yang mencernanya agar butterwort mendapatkan nutrisi.

4. Cobra Lily

Walaupun namanya mirip dengan anggota keluarga bunga lili, mereka tidak berkerabat sama sekali.

Nama cobra lily (Darlingtonia californica) berasal dari bentuk bunganya yang menyerupai tudung ular kobra.

Tidak seperti kebanyakan tanaman kantong semar, tanaman ini tidak mengumpulkan air hujan untuk digunakan sebagai perangkap. Sebaliknya, ia menarik air dari akarnya.

Untuk mencerna serangga yang ditangkap, cobra lily bergantung pada bakteri simbiotik dan protozoa untuk memecah bahan padat. Selain itu, ia mengeluarkan enzim proteolitik, yang membantu mencerna mangsa yang ditangkap.

3 dari 4 halaman

5. Bladderwort

Bladderworts (Utricularia aurea) adalah tanaman karnivora yang sangat terspesialisasi yang terdiri dari lebih dari 200 spesies berbeda.

Mereka sangat dihargai karena bunganya yang indah, meskipun mereka juga memesona karena cara unik mereka menangkap dan mencerna mangsa.

Golden Bladderwort adalah salah satu spesies yang paling banyak ditemukan di Asia, dengan jangkauannya membentang dari India hingga Jepang dan Australia.

Bladderworts memiliki mekanisme perangkap yang paling canggih dari semua tanaman karnivora karena penggunaan kandung kemih yang digerakkan oleh vakum.

Kandung kemihnya  mengeluarkan lendir, yang diproduksi di sel luar, tetapi kebanyakan di bawah "pintu". Di lokasi itu, tanaman mengeluarkan gula tambahan yang digunakannya untuk menarik mangsa, yang terdiri dari protozoa kecil dan rotifera, yang secara rutin berenang di tanah jenuh air yang menjadi tempat tinggal tanaman.

Setelah "pintu" diganggu, dinding kandung kemih kembali ke bentuk bulat, yang secara efektif menyedot kolom air dan mangsa apa pun yang ada di dalamnya. Mangsa kemudian dicerna melalui sekresi pencernaan di dalam kandung kemih, yang memakan waktu beberapa jam, meskipun beberapa kandung kemih ditemukan mengandung protozoa hidup selama berhari-hari di dalam perangkap.

6. Waterwheel

Waterwheel (Aldrovanda vesiculosa) adalah tanaman air karnivora yang bisa ditemukan di Afrika Tengah dan Barat, Eropa Tengah, dan di sepanjang wilayah pesisir Australia.

Tumbuhan ini mirip dengan beberapa tumbuhan terestrial, dengan venus flytrap menjadi yang terdekat dalam hal fungsi.

Perangkap terdiri dari dua lobus yang saling menempel dengan cara yang sama seperti sepupu terestrialnya. Bagian dalam jebakan juga dilapisi dengan rambut pemicu, dan akan menutup dalam 10 hingga 20 milidetik setelah merasakan gerakan.

Waterwheel adalah salah satu tumbuhan yang bergerak paling cepat yang dikenal. Alih-alih serangga, waterwheel makan serangga yang hidup di air, yang datang dalam bentuk segala macam invertebrata air.

7. Yellow Pitcher Plant

Yellow Pitcher Plant (Sarracenia flava) dapat ditemukan tumbuh di AS Bagian Timur dari Florida hingga perbatasan selatan Virginia.

Seperti anggota genusnya yang lain, tanaman ini menumbuhkan daun gulung khusus, yang memerangkap air hujan untuk digunakan menangkap mangsanya.

Tumbuhan mengeluarkan jenis nektar khusus, yang digunakannya untuk menarik serangga. Nektar terdiri dari gula, tetapi juga mengandung alkaloid beracun, yang memabukkan mangsanya, membuatnya sulit untuk memanjat atau terbang keluar dari perangkap.

Rambut-rambut kecil di sepanjang bunga juga menghalangi memanjat keluar, sehingga sebagian besar serangga hinggap di genangan air, cepat mabuk, dan tenggelam. Enzim pencernaan merawat tubuh, dan tanaman mendapatkan nutrisinya dari apa pun yang ditangkapnya.

8. Rainbow Plants

Nama rainbow plants atau Tumbuhan Pelangi (Byblis liniflora) didapatkan dari warnanya yang terlihat saat melihat tumbuhan di bawah sinar matahari langsung.

Daunnya ditutupi lendir lengket, yang sering kali terlihat berwarna-warni jika terkena cahaya.

Rainbow plants ini ditemukan di Indonesia, Australia, dan Papua Nugini. Selain daun panjang yang tertutup cairan lengket, tanaman ini memiliki bunga berwarna lavender yang indah, yang merupakan salah satu alasan tanaman ini sangat berharga untuk dibudidayakan.

Meskipun mereka memiliki mekanisme perangkap yang mirip dengan Sundews, tanaman ini termasuk dalam urutan yang berbeda. Tumbuhan ini menangkap serangga, tetapi tidak mencernanya. Namun, rainbow plants bergantung pada sejumlah serangga kecil lainnya untuk memakan mangsanya, meninggalkan kotorannya agar tanaman dapat mengumpulkan nutrisinya.

4 dari 4 halaman

9. Monkey Cup

Nama monkey cup atau "cangkir monyet" mengacu pada sejumlah rencana kendi rawa umum yang ditemukan di daerah tropis Asia Tenggara dan pulau-pulau besar di Kepulauan Melayu.

Monkey cup (Nepenthes mirabilis) merupakan ekosistem mikro lengkap mereka sendiri, dan mereka termasuk banyak organisme infaunal, termasuk lalat sarkofagus, tungau, nyamuk, dan banyak lagi.

Tumbuhan ini juga terkadang mengandung katak, yang tidak menjadi korban enzim pencernaan tanaman, tetapi sebaliknya, katak memanfaatkan kualitas tanaman yang menarik serangga untuk mendapatkan makanan mereka sendiri. Tumbuhan ini juga memakan kotoran katak yang jauh lebih mudah dicerna.

10. White Pitcher Plant

White pitcher plant (Sarracenia leucophylla) dapat ditemukan di seluruh AS bagian tenggara.

Mereka sering memiliki pola putih dan hijau yang membentuk pedal kendi mereka, dan tingginya dapat bervariasi, beberapa setinggi 30 cm, sedangkan yang lain bisa memanjang satu meter penuh di atas tanah.

Sayangnya, tanaman ini terdaftar sebagai rentan oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) karena hilangnya habitat lahan basah pilihannya.

Kelopak besar white pitcher plant dihargai oleh penggemar tanaman karnivora, yang menyebabkan penurunan jumlah mereka di alam liar.

Seperti anggota genusnya yang lain, tumbuhan ini mengumpulkan air hujan dan menggunakannya untuk menjebak lalat, semut, dan serangga kecil lainnya yang tidak curiga. Begitu berada di dalam, mereka dengan cepat tenggelam dan dipecah oleh enzim pencernaan untuk memberi makan nutrisi white pitcher plant. 

11. Purple Pitcher Plant

Purple pitcher plant (Sarracenia purpurea) adalah sejenis tanaman kantong semar yang kebanyakan ditemukan di sepanjang pesisir Timur dan Pantai Teluk AS.

Untuk menangkap mangsanya, tumbuhan ini mengumpulkan air hujan di dedaunannya yang disesuaikan secara khusus. Ketika serangga jatuh, mereka tenggelam, yang memungkinkan tanaman mencernanya dengan enzim seperti hidrolase dan protease.

Purple pitcher plant tidak pilih-pilih dan diketahui memakan laba-laba, semut, lalat, dan ngengat. Tumbuhan ini adalah rumah bagi komunitas invertebrata yang sebagian besar terdiri dari nyamuk dan jentik nyamuk. Mereka mencerna mangsanya, dan tanaman dibiarkan mencerna apa yang tersisa.

12. Sun Pitcher Plants

Sun pitcher plants (Heliamphora chimantensis) adalah tumbuhan yang berasal dari Venezuela.

Tumbuhan karnivora ini sangat dicari karena kelopaknya yang berwarna-warni dengan sedikit warna hijau dan merah di ujungnya.

Mereka tumbuh di tanah rawa, dan kendi mereka mengumpulkan air hujan, yang digunakannya untuk menangkap mangsa. Tumbuhan ini juga tumbuh dalam petak-petak besar, yang dapat memanjang hingga beberapa meter, berisi ratusan kantong.

Ujung merah kelopak kantongnya mengeluarkan nektar yang enak bertujuan untuk memikat mangsa dan juga menangkapnya.

13. Tropical Pitcher Plant

Tropical pitcher plant (Nepenthes jamban) mendapatkan namanya karena jangkauannya yang meluas ke seluruh pulau tropis di Samudra Pasifik, termasuk Indonesia, Filipina, Kalimantan, Kepulauan Schouten, dan banyak lagi.

Ada 176 tropical pitcher plant yang diakui. Salah satu yang paling menarik adalah tumbuhan yang ditemukan di Sumatera Utara, Indonesia. Mereka punya bentuk kantong tanaman yang unik.

Tumbuhan ini mengandung koloni besar jentik nyamuk, yang digunakannya untuk membantu mencerna apa pun yang masuk ke dalam tumbuhan dalam hubungan komensalisme. Tumbuhan ini juga bisa tumbuh sangat besar dan diketahui menjebak tawon, jangkrik, dan bahkan tikus kecil.

14. Albany Pitcher Plant

Albany pitcher plant (Cephalotus follicularis) adalah bentuk tanaman kantong semar yang relatif unik yang ditemukan di Barat Daya Australia.

Tumbuhan diadaptasi secara khusus untuk menangkap serangga dengan berbagai cara. Seperti tanaman kantong semar lainnya, albany picther plant memiliki kantong semar, tetapi tidak menangkap air hujan untuk menenggelamkan mangsanya. Sebaliknya, sebagian diisi dengan enzim pencernaan, yang mulai mencerna serangga saat mereka menyentuhnya. 

Tumbuhan ini memiliki paku yang diadaptasi secara khusus, yang berfungsi untuk membantu serangga masuk ke dalam kendi sekaligus membuat mereka sulit untuk pergi. Sebagian besar tanaman berwarna hijau dengan sorotan merah, tetapi operkulum (penutup yang menahan air hujan masuk) tembus cahaya, sehingga serangga yang terperangkap bingung untuk percaya bahwa itu adalah langit, membuat lebih sulit bagi mereka untuk pergi sebelum mereka menyentuh cairan pencernaan.

15. Powdery Strap Airplant

Terakhir ada powdery strap airplant (Catopsis berteroniana) yang bisa ditemukan di seluruh Florida Selatan hingga Brasil Selatan.

Tumbuhan ini menempel di cabang melalui massa akar kurus dan telah beradaptasi dengan baik untuk mencari keberadaan di punggung pohon di mana ia dapat menjebak serangga di guci pusatnya.

Daun tanaman yang panjang tumpang tindih membentuk struktur seperti tabung, yang mengumpulkan air hujan.

Tumbuhan ini punya cairan untuk menangkap serangga yang tidak menaruh curiga. Cairannya ada susunan phytotelmata yang sangat asam, membantu mencerna apa yang ada di dalamnya.

Masih ada perdebatan apakah tanaman ini karnivora atau tidak, karena penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini hidup dari kotoran organisme infaunal yang ditemukan di dalam daunnya. Baik langsung maupun tidak langsung, tanaman menyerap nutrisi melalui kelenjar sessile yang terdapat pada epidermis tanaman, jadi sudah pasti pemakan serangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.