Sukses

Ratusan Orang dalam Barisan Pelampung Sepanjang 360 Meter Pecahkan Rekor Dunia

Salah satu taman air di Kanada memecahkan Guinness World Records karena ratusan orang membentuk garis menggunakan pelampung sepanjang 360 meter.

Liputan6.com, Regina - Taman air di Saskatchewan, Kanada, memecahkan Guinness World Records ketika ratusan orang di atas pelampung membentuk garis sepanjang 1.176,83 kaki, sekitar 360 meter.

Barisan dengan pelampung terpanjang ini dianugerahkan rekornya oleh Guinness World Records pada 30 Juli 2022.

Guinness World Records merupakan perusahaan pencatat rekor dunia yang berbasis di London, Inggris.

Dalam pemecahan rekor tetsrsebut, kerumunan berkumpul di Taman Regional Lac Pelletier di Wymark pada akhir Juli. Guinness World Records pun mengkonfirmasi bahwa upaya ratusan orang tersebut memecahkan rekor untuk garis terpanjang, demikian dilansir dari United Press International, Jumat (27/1/2023).

Juri resmi dari Guinness World Records hadir untuk memastikan bahwa semua pedoman diikuti dengan benar misalnya seperti memastikan tidak ada celah di antara pelampung.

Upaya rekor tersebut berhasil mengumpulkan ribuan dolar Kanada. Dana pun akan dipakai untuk proyek restorasi garis pantai Lac Pelletier. 

Tidak hanya itu, dikutip dari laman resmi Guinness World Records, penyelenggara dalam upaya ini juga mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan untuk menyatukan komunitas danau Lac Pelletier. 

Untuk mendapatkan rekor tersebut, para sukarelawan bekerja sama untuk menghubungkan diri mereka dalam barisan pelampung dengan berbagai bentuk dan ukuran untuk mencapai pengukuran pemecah rekor sebelumnya. 

Guinness World Records juga mengkonfirmasi barisan pelampung tersebut mengalahkan rekor sebelumnya 705,7 kaki atau setara dengan 215 meter. Rekor sebelumnya itu dibuat di Milan, Italia pada 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Unik Kanada, Salah Satunya Punya Garis Pantai Terpanjang di Dunia

Tidak hanya garis pantai Lac Pelletier, Kanada ternyata memiliki banyak pantai.

Negeri Pecahan Es itu mempunyai garis pantai terpanjang di dunia. Hal ini disebabkan oleh Kanada yang berbatasan di tiga sisi oleh tiga samudra berbeda yakni Atlantik, Arktik, dan Pasifik.

Kanada menyumbang 202.080 dari total 356.000 kilometer properti tepi laut di dunia, mengutip Reader’s Digest. Satu-satunya negara lain yang bahkan mendekati adalah Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 54.716 km.

Kanada juga sangat luas, bahkan taman di negara ini dapat mengerdilkan negara lain.

Lihat saja Nahanni National Park Reserve di Northwest Territories. Tidak hanya pemandangannya yang indah dengan air terjun yang besar, tetapi luasnya cukup luar biasa yaitu 30.050 kilometer persegi, lebih besar dari Albania dan Israel.

Taman Nasional Wood Buffalo di Alberta dan Northwest Territories bahkan lebih besar lagi yaitu 44.807 kilometer persegi, yang membuatnya lebih besar dari Denmark dan Swiss.

Baca selebihnya di sini...

3 dari 4 halaman

Pria Kanada yang Pecahkan Rekor Dunia karena Bersepeda

Bicara rekor dari Kanada, seorang laki-laki dari Manitoba, pernah memecahkan Guinness World Records sebanyak dua kali. Ia sukses bersepeda lebih dari 7.031 mil atau 11.315 kilometer dalam satu bulan.

Meski rekor sudah terpecahkan, ia belum mau menghentikan aktivitas bersepedanya tersebut.

Arvid Loewen adalah namanya. Pria ini melampaui rekor dunia 7.031 mil, yang sebelumnya diraih oleh pria asal Inggris bernama Mark Beaumont pada 2017.

Usai memecahkan rekor itu, Arvid mengatakan akan terus mengendarai sepeda sampai batas waktu yang belum ia tentukan.

"Saya mengalahkan rekor, tetapi saya juga ingin menetapkan standar yang lebih tinggi sehingga orang berikutnya memiliki sedikit pekerjaan untuk melampauinya," kata Arvid kepada CBC News.

Arvid telah mencatat jarak tempuh yang cukup sulit di dua kota di Kanada yakni dari Winnipeg ke Lockport dan kembali berulang kali.

"Saya sudah bolak-balik. Saya kira sekitar 450 kali," katanya.

Baca selebihnya di sini...  

4 dari 4 halaman

Rekor Aneh Hanya Dengan Cara Tidur

Tidak harus beraktivitas berat untuk memecahkan rekor dunia. Ternyata ada beberapa yang mendapatkan Guinness World Records dengan hanya tertidur.

Seorang pria asal Inggris bernama Peter Powers pernah melakukan tidur terlama di dunia pada 2017. Ia melakukan aktivitas tidurnya selama 188 jam atau sekitar 8 hari.

Ia juga dikenal sebagai pelaku hipnotis. Akibat memiliki kemampuan hal itu membuat dirinya menghipnotis dirinya sendiri, sehingga mampu tidur kurang lebih selama 8 hari.

Jenny Chapman, wanita lanjut usia asal Inggris pernah memegang rekor mendengkur terkencang di dunia. Bila diukur menggunakan alat desibel meter, dengkur yang ditimbulkan ketika ia tidur yakni sebesar 111,6 desibel meter.

Bahkan, ada yang menyebutkan bila volume dengkur Jenny seperti mendengar pesawat jet terbang rendah.

Tidur menjadi hal penting agar dapat menjaga kesehatan sebagai kebutuhan. Namun, tidur akan berdampak buruk kepada tubuh jika durasinya dianggap berlebihan.

Jadi, jangan terlalu banyak tidur dan jangan terlalu sering bergadang.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.