Sukses

6 Fakta Menarik Kanada, Punya Garis Pantai Terpanjang di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kanada terletak di antara Samudera Arktik dengan Amerika Serikat, dan Samudera Pasifik dan Alaska dengan Samudera Atlantik. Ibu kota Kanada yaitu Ottawa.

Luas wilayah Kanada yaitu 9.985 juta km persegi. Batas-batas Kanada yaitu Samudera Arktik di utara, Samudera Atlantik dan Greenland di timur, Amerika Serikat di selatan, Samudera Pasifik dan Alaska di barat.

Negara dengan bendera daun mapel ini memiliki beberapa fakta yang patut diulik. Berikut 6 fakta menarik Kanada yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Kanada adalah demokrasi parlementer: sistem pemerintahannya menyatakan bahwa hukum adalah otoritas tertinggi. Mengutip House of Commons Chambre Des Communes Canada, Rabu, 5 Oktober 2022, Undang- Undang Konstitusi, 1867, yang menjadi dasar konstitusi tertulis Kanada, menetapkan bahwa akan ada satu Parlemen untuk Kanada, yang terdiri dari tiga elemen berbeda: Mahkota, Senat, dan Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, sebagai negara federal, tanggung jawab untuk pembuatan undang-undang di Kanada dibagi di antara satu pemerintah federal, sepuluh provinsi, dan tiga teritorial.

Kanada juga merupakan monarki konstitusional karena otoritas eksekutifnya secara resmi dipegang oleh Raja Charles III melalui Konstitusi. Setiap tindakan pemerintahan dilakukan atas nama The Crown, tetapi otoritas untuk tindakan tersebut mengalir dari rakyat Kanada.  Fungsi eksekutif berada di tangan Gubernur dalam Dewan, yang secara praktis adalah Gubernur Jenderal yang bertindak dengan dan atas saran Perdana Menteri dan Kabinet.

2. Garis Pantai Terpanjang di Dunia

Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia, berbatasan di tiga sisi oleh tiga samudra berbeda: Atlantik, Arktik, dan Pasifik. Kanada menyumbang 202.080 dari total 356.000 kilometer properti tepi laut di dunia, mengutip Reader’s Digest Canada. Satu-satunya negara lain yang bahkan mendekati adalah Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 54.716 km.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

3. Taman Nasional yang Lebih Besar

Kanada sangat luas, bahkan taman di negara ini dapat mengerdilkan negara lain. Lihat saja Nahanni National Park Reserve di Northwest Territories: tidak hanya pemandangannya yang indah dengan air terjun yang besar, tapi juga luasnya luar biasa yaitu 30.050 kilometer persegi—lebih besar dari Albania dan Israel. Taman Nasional Wood Buffalo di Alberta dan Northwest Territories bahkan lebih besar yaitu 44.807 kilometer persegi, yang membuatnya lebih besar dari Denmark dan Swiss.

4. Pemukiman Paling Utara di Dunia

Di ujung utara Pulau Ellesmere, hanya 817 kilometer dari Kutub Utara, kamu akan menemukan tempat berpenghuni paling utara di dunia yaitu Alert, Nunavut. Ini mungkin tidak memiliki mal atau bioskop, tetapi Alert adalah rumah sementara bagi personel militer dan ilmiah yang bekerja di daerah tersebut.

Tempat ini cukup dingin: bulan terhangat, Juli, memiliki suhu rata-rata 3,4 derajat celsius. Pada bulan Januari, bulan terdingin, suhu rata-rata telah turun menjadi -32,19 derajat celsius. Tidak heran mereka menamakannya Alert atau peringatan.

3 dari 4 halaman

5. Destinasi Wisata

Ikon wisata di Kanada cukup banyak. Saat ke sini, kunjungilah destinasi wisatanya sebanyak yang kamu bisa. Berikut ini beberapa destinasi wisata terbaik di Kanada menurut Planetware.com.

Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara adalah atraksi alam paling terkenal di Kanada, mendatangkan jutaan pengunjung setiap tahun. Air terjun ini berlokasi di perbatasan antara Ontario, Kanada, dan negara bagian New York, Amerika Serikat. Terletak lebih dari satu jam perjalanan dari Toronto, di sepanjang perbatasan Amerika, air terjun besar ini turun sekitar 57 meter.

Kamu dapat melihat air terjun pada jarak yang sangat dekat dari beberapa titik utama. Air Terjun Niagara dan Ngarai Niagara telah menarik selama lebih dari satu abad. Antara pertengahan abad ke-19 dan pertengahan abad ke-20 ada banyak upaya untuk turun ke air terjun dengan berbagai jenis perahu.

Hal-hal populer lainnya yang dapat dilakukan di sini termasuk pelayaran ke dasar air terjun. Lalu perjalanan ke Menara Skylon untuk pemandangan udara yang fantastis.

Taman Nasional Banff dan Pegunungan Rocky

Taman Nasional Banff terletak di jantung Pegunungan Rocky (Rocky Mountain) yang megah di provinsi Alberta dan menampilkan beberapa pemandangan terindah di Kanada. Danau berwarna pirus, puncak berselimut salju, dan gletser semuanya mudah diakses di taman yang menakjubkan ini.

Permata di taman ini adalah Danau Louise, di mana air hijau mencerminkan pegunungan dan gletser di sekitarnya, dan pengunjung dapat berjalan-jalan dengan mudah di sekitar pantai. Tidak jauh dari sana adalah Danau Moraine, danau yang mengesankan dengan lingkungan yang bahkan sedikit lebih dramatis.

Icefields Parkway, yang membentang dari Danau Louise ke Jasper, adalah perjalanan yang tak terlupakan dan daya tarik utama lainnya di Banff. Di ujung selatan taman adalah kota kecil Banff yang indah, menyediakan segala macam pilihan untuk akomodasi, belanja, makan, dan kehidupan malam.

Old Quebec

Old Quebec adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu permata bersejarah Kanada. Tersebar di Kota Quebec Atas dan Bawah, area ini berisi bangunan kota yang paling bersejarah.

Kota Bawah, di sepanjang Sungai St. Lawrence adalah situs pemukiman asli dan rumah bagi Fairmont Le Château Frontenac (hotel bersejarah) yang luar biasa. Kota Atas terletak di tebing setinggi 100 meter dan merupakan rumah bagi Citadel, Dataran Abraham, Place d'Armes, dan Parque Historique de l'Artillerie

Old Quebec adalah salah satu kawasan bersejarah paling populer di Kanada dan dikembangkan dengan baik untuk pariwisata. Selain situs bersejarah, sorotan lainnya termasuk seniman yang memajang karya mereka di Rue du Trésor; museum yang menarik, seperti Musée de la Civilization; dan toko-toko, serta restoran yang unik.

4 dari 4 halaman

6. Makanan Populer

Setiap negara memiliki cita rasa makanan khasnya masing-masing, termasuk Kanada. Berikut beberapa makanan populer di Kanada menurut Tasteatlas.com.

Poutine

Meskipun namanya berasal dari boudin Prancis, sebuah kata yang biasanya mengacu pada isian sosis seperti puding. Camilan basah yang berasal Kanada ini terdiri dari kentang goreng yang dicelupkan ke dalam kuah kental berwarna cokelat yang dihiasi gumpalan dadih keju pucat, lembut, semi-krim.

Kentang dipotong lebih kasar daripada kentang goreng biasa dan kadang-kadang bahkan digoreng dua kali sehingga bagian luarnya tetap renyah sementara bagian dalamnya tetap lembut. Sedangkan, keju yang melunak, menambahkan rasa yang khas pada hidangan, dan kuahnya yang dibuat dengan kaldu sapi atau ayam dengan tambahan cuka.

Salmon Asap

Salmon asap adalah hidangan yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Penduduk asli Amerika telah akrab dengan proses pengasapan daging salmon untuk mengawetkannya, dan bahkan orang Yunani dan Romawi menggunakannya sebagai bahan masakan mereka. Awalnya, salmon asap dibuat dari salmon liar yang hidup di perairan Pasifik dan Atlantik Utara, tetapi penangkapan ikan yang berlebihan telah menyebabkan pergeseran pada abad ke-20, dan saat ini sebagian besar salmon asap dibudidayakan.

Sebelum diasap, salmon diasinkan melalui proses pengawetan basah atau kering, yang membantu pengawetan. Tindakan pengasapan mungkin mencakup dua teknik, pengasapan panas, yang kurang umum, dan pengasapan dingin, yang merupakan metode yang paling umum saat ini.

Uramaki

Uramaki, california roll, atau sushi terbalik adalah jenis sushi unik yang asal-usulnya diperdebatkan antara Los Angeles dan Vancouver. Kebanyakan orang mengklaim bahwa itu ditemukan di California pada 1960an oleh koki Jepang bernama Ichiro Mashita.

Sushi roll ini disiapkan dengan nasi sushi, nori, kepiting atau surimi, alpukat, dan mentimun. Berbeda dengan jenis sushi lainnya karena nasinya ada di bagian luar, dililit rumput laut nori yang ada di bagian dalam dan mengelilingi isiannya. Uramaki sering digulung dengan biji wijen panggang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.