Sukses

Tradisi Unik Valentine di Kebun Binatang AS, Ajak Pengunjung Namai Kecoak dari Nama Mantan

Dalam menyambut Hari Valentine, sebuah kebun binatang di AS mengajak pengunjung untuk memberi nama kecoak dengan cara unik sebagai bentuk kampanye penggalangan dana.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Valentine biasanya identik pada perayaan romantis yang biasanya dirayakan oleh para pasangan.

Namun ternyata, tidak semua orang memiliki kenangan manis dengan perayaan Valentine. Bagi sebagian orang, perayaan Valentine mungkin mengingatkan mereka dengan kenangan buruk atau justru membawa mereka kembali teringat dengan mantan pasangan. 

Ide inilah yang menginsipirasi tradisi Hari Valentine tahunan di Kebun Binatang San Antonio, AS.

Dilansir CBS News, Rabu (25/1/2023), pihak kebun binatang tersebut mengajak para pengunjung untuk menamai kecoak dengan nama mantan pasangan mereka. Ini sekaligus menjadi bagian dari kampanye Kebun Binatang San Antonio dalam menggalang dana untuk masa depan satwa liar di Texas dan di seluruh dunia. 

Selain kecoak, Kebun Binatang San Antonio juga mengizinkan para donor untuk secara simbolis menamai hewan pengerat atau sayuran dengan nama mantan pasangan mereka. 

Biasanya, para donor akan memberikan sumbangan senilai US$5 hingga US$25 (Rp 74.850 hingga Rp 374.250). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Serupa Lainnya

Rupanya, tradisi semacam ini tak hanya dimiliki oleh Kebun Binatang San Antonio. Kebun Binatang Bronx juga memiliki program serupa, namun para donor bisa mengirim tas atau botol minum bergambarkan kecoak kepada mantan pasangan mereka. Tujuannya, agar mereka tahu bahwa namanya dipakai untu menamai kecoak.

Sementara Kebun Binatang El Paso, pengunjung bisa memberikan nama mantan pasangan mereka untuk hewan seperti iguana, kadal hingga meerkat. 

Kebun Binatang Toronto juga memiliki program serupa, di mana pengunjung bisa memberi nama untuk kecoak. 

Sama halnya dengan Museum Ilmu Pengetahuan Alam Houston yang juga memungkinkan pengunjung memberikan nama untuk kecoak, dan dapat mengunduh kartu Valentine bertemakan kecoak. 

3 dari 3 halaman

Program Beri Nama Mantan

Berbeda halnya dengan Kebun Binatang Lehigh Valley di Pennsylvania, pengunjung bisa memberi nama untuk jangkrik. 

Menjelang 14 Februari, pengunjung bisa berdonasi dan memberi nama untuk jangkrik yang nantinya akan dijadikan pakan hewan. 

Lebih jauh lagi, Maui Humane Society mengajak Anda bukan memberikan nama untuk makhluk hidup, melainkan kotak pasir. Pengunjung dapat mencantumkan nama mantan mereka di kotak pasir, yang donasinya akan digunakan untuk para kucing. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.