Sukses

Kronologi Penembakan di Festival Imlek California

Setidaknya 10 orang tewas dan 10 lainnya dirawat di rumah sakit dalam penembakan massal di sebuah ballroom studio dansa di Monterey Park, California, pada Sabtu 21 Januari 2023 malam. Berikut ini kronologi singkatnya.

Liputan6.com, California - Setidaknya 10 orang tewas dan 10 lainnya dirawat di rumah sakit dalam penembakan massal di sebuah ballroom studio dansa pada Sabtu 21 Januari 2023 malam di sebuah kota di timur Los Angeles, setelah perayaan Tahun Baru Imlek yang menarik ribuan orang untuk ingin merayakan tahun kelinci.

Pelaku sempat dilaporkan kabur dari lokasi kejadian namun ditemukan bunuh diri dalam kendaraan van putih yang dikendarainya.

Berikut ini kronologi penembakan di Festival Tahun Baru Imlek di California, mengutip situs Kron4.com, Senin (23/1/2023):

Penembakan Pertama dan Perburuan Pelaku

Setelah penembakan massal yang menewaskan 10 orang dan melukai sepuluh lainnya di sebuah studio tari lokal saat perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung di Monterey Park, California, para pejabat melakukan perburuan untuk mencari tersangka potensial yang terlibat.

Terjadi Penembakan Kedua

Pihak berwenang juga mengkonfirmasi bahwa penembakan kedua terjadi di sebuah studio tari di Alhambra hanya 20-30 menit setelah kejadian pertama. Sheriff Los Angeles County Robert Luna mengatakan bahwa ketika penembak memasuki studio dansa kedua, pistolnya berhasil direbut darinya.

Meskipun pihak berwenang yakin penembakan itu terkait, mereka belum memastikan kemungkinan motifnya. Dalam kedua penembakan tersebut, tersangka digambarkan sebagai pria Asia.

"Pada Sabtu 21 Januari 2023 pukul 22.22 tersangka laki-laki/dewasa/Asia dalam foto [di bawah] terlibat dalam penembakan. Penyelidik telah mengidentifikasi dia sebagai tersangka pembunuhan dan dia harus dianggap bersenjata dan berbahaya. Hubungi divisi LASD Homicide (bagian pembunuhan) dengan informasi apa pun di 323-890-5000," kata Kantor Sheriff County Los Angeles.

Foto kombinasi  menunjukkan tersangka pria yang diduga terlibat dalam penembakan di Monterey Park, California pada Sabtu, 21 Januari 2023. Polisi mengungkap identitas pelaku penembakan massal yang menewaskan 10 orang saat perayaan Tahun Baru Imlek di Monterey Park, California, Amerika Serikat (AS). (Los Angeles County Sheriff's Department via AP)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

14:50 - Para Pejabat Konferensi Pers di Torrance

Supervisor Wilayah Los Angeles Janice Hahn adalah orang pertama yang berbicara, dan dia memuji agensi yang bekerja sama untuk menangani insiden tersebut.

"Sangat penting bagi setiap orang untuk berbicara satu sama lain dan berbagi informasi… Saya rasa tidak ada yang mengira itu akan berakhir di Torrance, di seberang jalan dari pusat perbelanjaan yang sudah dikenal," katanya.

Hahn mengumumkan bahwa konferensi pers lainnya tentang penembakan di Monterey Park akan berlangsung pada pukul 16:30. di Balai Kota Monterey Park.

Wali Kota Torrance George Chan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada lembaga penegak hukum yang bekerja sama untuk menyelidiki insiden tersebut. Chan mengatakan bahwa insiden di Monterey Park berakhir di Torrance, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

14:35 - Beberapa Petugas SWAT Meninggalkan Lokasi Pencarian di Pusat Perbelanjaan Torrance

Sekelompok besar petugas SWAT telah melakukan perjalanan keluar dari daerah tersebut.

3 dari 4 halaman

12:57 - Petugas SWAT Menggeledah Van 

Seorang saksi memberi tahu KRON KTLA bahwa orang di dalam van telah meninggal karena luka tembak yang dilakukan sendiri. 

12:30 - Kantor Sheriff LA County Memberikan Pembaruan Tentang Perburuan Pelaku

Pejabat mengatakan van putih itu adalah milik tersangka yang dibarikade, menyebutnya sebagai 'insiden taktis.'

Pejabat tidak mengetahui status orang di dalam van saat itu dan belum dikonfirmasi apakah van putih itu terkait dengan penembakan di Monterey Park.

"Saat kami mencari tersangka, kami tidak akan melupakan para korban dan penyintas," kata Sheriff Los Angeles County Robert Luna.

Pusat bantuan korban telah didirikan di Pusat Senior Langley di 400 W. Emerson untuk memberikan dukungan kepada mereka yang terkena dampak penembakan. Anggota komunitas juga akan memiliki akses ke beberapa layanan psikologis di lokasi tersebut.

Pejabat lain juga berbicara, termasuk Supervisor LA County Hilda Solis, Jaksa Wilayah Los Angeles George Gascón dan anggota Departemen Kepolisian Monterey Park.

Luna mengatakan para penyelidik tetap berpikiran terbuka tentang apa yang bisa menyebabkan penembakan itu.

Luna tidak menyebutkan nama spesifik bisnis yang terlibat dalam penembakan tersebut, untuk menghormati pemilik bisnis.

"Mengenai senjatanya, saya dapat memberi tahu Anda bahwa itu bukan senapan serbu berkekuatan tinggi, tetapi saya tidak ingin menjelaskan secara spesifik tentang senjata itu. Pada waktunya kami akan melakukannya, tetapi saya tidak ingin mengatakan apa pun yang akan berdampak, atau menciptakan lebih banyak tantangan bagi kami," kata Luna kepada wartawan.

Luna menolak untuk memberikan rincian tentang rumah sakit mana yang diangkut para korban, "Tolong, para korban dan penyintas ini telah melalui begitu banyak hal, jangan membuat mereka lebih trauma," katanya.

11:15 - Van Putih Dikepung di Pusat Perbelanjaan Torrance

Sebuah van putih di tempat parkir pusat perbelanjaan dikelilingi oleh polisi setempat dan kendaraan SWAT.

Awalnya tidak disebut bahwa kendaraan tersebut terkait dengan penembakan massal di studio tari Monterey Park, namun belakangan dikonfirmasi milik pelaku.

Pasukan penjinak bom juga dikerahkan dalam pengepungan tersebut. Kantor Sheriff membawa helikopter ke tempat kejadian, dan mendarat di jalan terdekat.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Penembakan di Kota Mayoritas Dihuni Warga Asia di AS

Penembakan itu terjadi pada hari Sabtu sekitar pukul 22.20  di Monterey Park, California, kota mayoritas Asia berpenduduk sekitar 60.000 orang yang terletak 7 mil sebelah timur pusat kota Los Angeles, di mana sebelumnya pada hari itu banyak orang berkumpul untuk merayakan malam tahun baru Imlek. Liburan besar di banyak komunitas Asia Tenggara.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah pembantaian itu bermotif rasial, menurut Capitan Andrew Meyer dari Departemen Sheriff, tetapi dia menambahkan: "Kami akan melihat setiap sudut sejauh apakah itu kejahatan rasial atau bukan."

"Jumlah korban tewas dilaporan bisa bertambah, sebab beberapa orang yang terluka dalam kondisi kritis," kata pihak berwenang pada Minggu.

Hari kedua festival tahun baru Imlek telah dibatalkan, imbuh pihak berwenang.

Populasi Monterey Park adalah sekitar 65% warga keturunan Asia Amerika dan 27% Latino, menurut data sensus.

Kota ini adalah yang pertama di daratan AS yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Asia, karena para migran dari Taiwan, China, Jepang, dan Vietnam menetap di komunitas tersebut.

Studio tari di pusat Kota Monterey Park tempat penembakan adalah rumah bagi berbagai bisnis milik orang Asia, termasuk restoran dan toko kelontong.

Meyer mengatakan pelanggan lari dari klub sambil berteriak dan polisi bergegas masuk untuk mencoba menangkap pelaku saat petugas pemadam kebakaran merawat yang terluka.

Seung Won Choi, pemilik restoran barbekyu makanan laut Clam House di seberang jalan tempat penembakan terjadi, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa tiga orang bergegas masuk ke restorannya dan menyuruhnya untuk mengunci pintu.

Orang-orang memberi tahu Choi bahwa ada seorang penembak dengan senapan mesin yang memiliki banyak amunisi sehingga dia dapat mengisi ulang.

Pihak berwenang belum merilis rincian apapun tentang tersangka atau senjata yang digunakan.

Para penyelidik berkumpul di lokasi terjadinya penembakan di Monterey Park, California, Minggu, 22 Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.