Sukses

Selain Dong Tao, Ayam Sultan dan 5 Unggas Berpenampilan Unik Ini Juga Curi Perhatian

Selain ayam Dong Tao, berikut ini sejumlah unggas berpenampilan unik dan bahkan bisa dipelihara.

Liputan6.com, Jakarta - Dong Tao atau dragon chicken (ayam naga) tengah jadi sorotan. Unggas dengan penampilan unik, berkaki setebal batu bata, harganya bisa mencapai US$2.000 atau sekitar Rp 30,3 juta per ekor.

Jenis ayam itu biasanya paling sering diolah bagian kakinya untuk dijadikan makanan khas Imlek di Vietnam.

Kaki ayam Dong Tao yang tebal – dinamai menurut komune tempatnya dibesarkan di Vietnam utara – dianggap sebagai makanan lezat, dan sangat populer di kalangan orang kaya selama Tahun Baru Imlek Vietnam, yang dikenal sebagai Tet.

Selain ayam Dong Tao, berikut ini sejumlah unggas berpenampilan unik dan bahkan bisa dipelihara, Liputan6.com rangkum dari situs Run Chicken, Sabtu (21/1/2023):  

1. Silkie Chicken (Ayam Sutra)

Ayam ini dianggap sebagai salah satu ras paling unik dan cantik di dunia. Karena penampilan mereka yang memiliki bulu halus seperti sutra.

Silkie satu-satunya ras ayam dengan bulu halus yang terasa seperti pintalan sutra saat disentuh. Bahkan kaki dan jari kaki mereka ditutupi oleh bulu-bulu halus yang sangat indah. 

Ayam ini merupakan jenis ayam hias, para pecinta ayam umumnya memelihara mereka di halaman belakang rumah. Karena penampilan mereka yang sangat unik, ayam sutra juga popular dan sering diikutsertakan dalam pameran bersama sejenisnya yang memiliki beragam warna.

Ayam Silkie memiliki kepala yang lucu, dan mengingatkan kita pada bad hair day karena bulu pada kepalanya terlihat seperti rambut yang berantakan.

Ayam ini juga memiliki keunikan lainnya seperti kulit dan tulang berwarna hitam. Selain itu, jari kaki mereka ada lima, yang menjadi ciri khas dan membedakannya dari jenis ayam pada umumnya.

Ayam Silkie juga terkenal dengan sifatnya yang ramah dan pendiam. Mereka juga sangat tenang dan jinak, sehingga menjadi hewan peliharaan yang sempurna terutama untuk anak-anak.

Karena kepribadian mereka yang manis dan damai, mereka akan mudah bergaul dengan ras ayam jinak lainnya. Silkie juga senang berinteraksi dengan manusia. 

Ayam ini juga bisa dilatih layaknya seekor anjing. Hal menakjubkan lain dari unggas ini adalah sifat keibuannya, mereka tak sungkan mengasuh anak ayam lain seperti anaknya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Polish Chicken (Ayam Poland atau Polandia)

Ras ayam Polandia dikenal dengan jambul bulunya yang sangat sensasional.

Ras ini sangat memukau, terutama karena bulu kepalanya memiliki bentuk bervariasi dari seperti pom-pom yang rapi hingga penampilan alami yang tidak rapi dan berantakan. 

Fakta menarik tentang burung ini adalah bulu kepalanya membatasi penglihatan mereka, yang dapat memengaruhi kepribadian mereka. 

Karena itu, ayam Polandia mudah ketakutan, tetapi sebaliknya, mereka mempunyai kepribadian tenang dan lembut. 

Jenis ayam cantik ini juga bagus untuk anak-anak atau sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang ramah. Ayam ini juga tidak keberatan untuk dipeluk-peluk, ayam Polandia tampil dalam berbagai warna. 

Yang paling populer adalah ayam Polandia bertali emas, ayam Polandia perak, ayam Polandia bertali buff, dan berwarna biru. 

3. Millie Fleur D’uccle Bantam 

Jenis ayam Mille Fleur D'uccle dianggap sebagai salah satu yang terindah karena bulunya yang unik dan cantik. Nama puitis Mille Fleur D'uccle diciptakan dalam bahasa Prancis, yang berarti "Seribu Bunga". 

Ayam-ayam cantik ini juga dikagumi karena kakinya yang berbulu dan janggutnya yang lebat. Ayam Mille Fleur juga dikenal karena temperamennya yang sangat jinak. 

Mereka ramah, tenang dan baik di sekitar anak-anak.

Jenis ayam cantik ini sebagian besar dipelihara untuk hewan hias, bukan untuk produksi telur. Mille Fleur dibesarkan terutama sebagai ayam yang dipamerkan. 

Jenis ayam ini disebut sebagai bantam, yaitu ayam berukuran kecil.

3 dari 4 halaman

4. Sebright Chicken (Ayam Sebright)

Ayam ini mempunyai bulu yang terang berwarna putih hitam, layaknya gambar animasi yang hidup.

Unggas ini merupakan jenis ayam hias, dan salah satu ayam terkecil. Sehingga tidak ada variasi ukuran dari ayam ini.

Ayam-ayam cantik ini sering terlihat dalam pertunjukan unggas kompetitif.

Ayam ini bertelur dengan warna putih dan berukuran kecil, mereka tidak dipelihara untuk produksi daging atau diambil dagingnya. Karena itu, hanya ada dua varietas yang dikenal dari ras ini yaitu, Gold Laced dan Silver Laced. 

Mereka juga dikenal karena sifatnya yang ramah, jinak, selain mempunyai bulu yang indah. Ayam betina dan pejantannya mirip karena tak memiliki perbedaan yang signifikan.

5. Phoenix

Phoenix adalah jenis ayam berekor panjang, ekor ini muncul dari persilangan ayam Jepang berekor panjang yang mirip dengan Onagadori dan ras lain. 

Mereka dianggap salah satu yang paling cantik karena ekornya yang sangat panjang dan penampilannya yang elegan. Ayam ini mempunyai keterampilan terbang yang sangat baik. 

Mereka sangat aktif, dan suka mencari makan di alam. Temperamen burung ini jinak tetapi tidak begitu ramah.

 

4 dari 4 halaman

6. Sultan Chicken (Ayam Sultan)

Ayam sultan termasuk dalam kelompok ayam jambul. Mereka masuk dalam jenis ras ayam hias yang berasal dari Turki. 

Karena penampilannya yang dekoratif, ayam sultan sangat populer di kalangan bangsawan di Turki. Mereka sering memelihara ayam-ayam cantik ini di kebun sehingga dikenal sebagai Unggas Sultan. 

Saat ini jenis ayam tersebut masuk kategori langka, dan salah satu yang paling cantik karena tubuhnya yang berbulu penuh dan penampilannya yang unik. 

Ada tiga jenis warna ayam sultan yaitu hitam, biru, dan putih. Kendati demikian yang berwarna putih paling dikenal.

Ayam sultan adalah rasa ayam terkecil.

Ayam menawan ini sangat cocok sebagai hewan peliharaan atau untuk dipertunjukan. Ayam sultan memiliki temperamen yang tenang, jinak, dan ramah serta senang dikurung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.