Sukses

9 Ayam Unik Selain Dong Tao, Ada yang Bertelur Biru hingga Mirip Cendrawasih

Selain ayam Dong Tao yang mempunyai kaki seperti naga, ternyata di belahan dunia lainnya ada ayam unik baik dari segi penampilan maupun warna telurnya. Yuk, simak penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Imlek atau Tahun Baru China menyoroti kehadiran Dong Tao atau dragon chicken (ayam naga). Unggas dengan penampilan unik, berkaki setebal batu bata, yang harganya bisa dibanderol hingga US$2.000 atau sekitar Rp 30,3 juta per ekor.

Jenis ayam itu biasanya paling sering diolah bagian kakinya untuk dijadikan makanan khas Imlek di Vietnam.

Merangkum dari Chicken Run, Minggu (22/1/2023), 9 ras ayam ini juga unik seperti Dong Tao dari Vietnam: 

1. Ameraucana Chicken, Bertelur Warna Biru

Ras ayam Ameraucana sedang tren baru-baru ini karena merupakan ayam ras murni langka yang bertelur berwarna biru. Unggas-unggas ini hadir dalam berbagai pilihan warna, namun pada umumnya berwarna cokelat kemerahan.

Janggut dan bulu di samping kepala mereka, membuat penampilan ayam ini sangat menggemaskan.

Ameraucana cenderung jinak dan tenang, rasa ayam cantik ini memiliki kepribadian yang ramah dan ceria. Mereka juga tidak agresif, dan cenderung menghindari masalah. 

Ayam-ayam ini masuk kategori unggas yang serba ingin tahu dan menyukai jenis ayam bebas, selain jenisnya sendiri. Karena kepribadiannya, Ameraucana cocok untuk dipelihara oleh pemula dan keluarga. 

Jenis ayam ini akan bertelur 3-4 telur per minggu, dan telurnya tersebut akan berwarna biru muda.

2. Gold Laced Wyandotte Chicken, Tahan Radang Dingin

Ada beberapa spesies Wyandotte dalam berbagai warna, tetapi gold laced mungkin satu-satunya ras yang paling cantik.

Golden Laced Wyandotte ditutupi dengan bulu berwarna cokelat keeemasan yang menakjubkan. Juga mempunyai warna hitam di sekitar ujung bulunya.

Wyandotte adalah ras dengan tubuh yang sangat berat. Jenis ini dikembangbiakkan untuk diambil telurnya yang berwarna cokelat dan dagingnya yang berkulit kekuningan.

Ras ayam Gold Laced Wyandotte luar biasa, dan merupakan salah satu ayam pertunjukan paling populer. Ayam ini memiliki kepribadian yang kuat namun kepribadiannya sangat ramah dan tenang. 

Mereka suka berkokok, dan karena alasan itu, ayam ini bisa sedikit berisik. Jenis ayam Wyandotte sangat cocok untuk iklim dingin karena tidak rentan terhadap radang dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Plymouth Rock , Jenis Petelur dan Pedaging yang Jinak

Ras ayam Plymouth Rock dianggap sebagai salah satu yang paling menarik karena penampilannya dan warnanya yang bagus. Di Amerika Serikat, ayam jenis ini memiliki tujuh warna yakni barred, biru, Buff, Columbian, partridge, silver-penciled, dan putih.

Plymouth Rock adalah ras yang dikembangbiakkan dengan tujuan ganda.

Ayam ini dipelihara untuk diambil daging dan telurnya yang besar berwarna cokelat. Daging ayam ini bahkan sangat popular di Amerika.

Jenis ayam cantik ini juga sering dijadikan peliharaan keluarga karena sifatnya yang jinak. Mereka senang berada di sekitar orang-orang dan senang digendong serta dibelai. 

Jenis ayam yang menawan ini juga dikenal rukun dengan hewan peliharaan lainnya. Mereka tahan terhadap dingin dan panas dengan cukup baik.

4. Ayam Hamburg, Mirip Cendrawasih

Ras ayam Hamburg juga sangat istimewa, mereka mempunyai bulu yang mengesankan. Dalam berbagai warna membuat mereka terlihat seperti burung cendrawasih. 

Di Amerika Serikat, varietas paling populer dari burung ini adalah Silver Spangled Hamburg. Mereka adalah ayam yang luar biasa untuk pertunjukan karena penampilannya yang unik. Tetapi, sulit memelihara ayam ini karena akan berontak ketika dimasukkan ke dalam kandang.

Sehingga, ketika masuk kandangnya harus dibiarkan masuk dengan sendirinya. Ayam anggun ini hadir dalam berbagai ukuran, kecil atau sedang. 

Hamburg juga dikenal sebagai penghasil telur yang baik dan cepat serta memiliki keterampilan terbang yang kuat. Mereka suka menjelajah dengan bebas, dan mereka suka bertengger di pepohonan. Namun, ayam ini tidak begitu ramah dan lebih suka tinggal sendirian. 

3 dari 4 halaman

5. Ayam Brahma, Ras Ayam Terbesar di Dunia

Brahma adalah salah satu ras ayam terbesar di dunia. Unggas raksasa ini juga dikenal karena penampilannya yang menakjubkan. 

Jenis ayam ini dianggap sebagai salah satu yang terindah karena bulunya yang glamor, halus, dan kakinya yang berbulu. Brahma memiliki tiga varietas warna yang diakui oleh American Standard of Perfection yakni terang, gelap, dan Buff.

Ayam-ayam ini dibesarkan untuk diambil daging dan bertelur. Ayam Brahma bersahabat dengan manusia dan toleran terhadap spesies lain, dengan temperamennya yang jinak dan tenang, mereka mudah ditangani. 

6. Faverolles, Punya Lima Jari

Jenis ayam Faverolles berasal dari Prancis, ayam ini digunakan untuk produksi daging dan telur. Sekarang sebagian besar dibudidayakan untuk keperluan pameran dan hiasan. 

Jenis ayam yang cantik ini hadir dalam beberapa varietas warna, tetapi hanya warna putih dan seperti salmon yang diakui di AS. 

Faveroll istimewa karena penampilannya yang unik dengan janggut, bulu halus, dan kaki yang berbulu, serta mempunyai lima jari kaki seperti manusia. Selain itu, mereka sangat jinak, lembut, dan ramah. Itu sebabnya ayam ini bagus sebagai hewan peliharaan, terutama untuk anak-anak, karena sifatnya yang tenang.

7. Orpington, Petelur dan Pedaging dengan Bulu Menakjubkan

Jenis ras ayam Orpington adalah salah satu yang terindah karena bulunya yang menakjubkan dan halus. Ayam-ayam ini cukup besar dibandingkan dengan ayam ras pada umumnya. 

Bulu halus mereka membuat ukuran mereka terlihat lebih besar dari aslinya. Orpington dibesarkan untuk diambil daging dan telurnya.

Tetapi ayam ini juga menjadi trendi sebagai ayam pertunjukan.

Ayam ini mempunyai beberapa varietas warna, tetapi Buff Orpington adalah yang paling populer. Orpington adalah hewan peliharaan yang luar biasa, terutama untuk anak-anak, karena kepribadiannya yang jinak.

Ayam-ayam ini menyukai perhatian. 

4 dari 4 halaman

8. Jersey Giant yang Penurut

Ayam jenis Jersey Giants adalah yang terbesar dari semua ras ayam yang ada di dunia. 

Ayam cantik ini sangat unik karena ukurannya yang spektakuler dan penampilannya yang cantik. Varietas ini  paling populer berwarna biru, hitam, dan putih. 

Raksasa unggas yang lembut ini dikenal karena kepribadiannya yang tenang dan penurut. Karena temperamennya yang ramah, mereka menjadi hewan peliharaan yang bagus. Cocok untuk anak-anak, meskipun ukurannya yang besar dapat mengintimidasi beberapa anak yang lebih kecil. 

Ayam cantik ini adalah ras dengan tujuan ganda, yang berarti mereka dapat dibesarkan terutama untuk daging dan telurnya.

9. Ayam Cochin, Bisa Mengerami Telur Unggas Lain

Jenis ayam Cochin sangat luar biasa karena ukurannya yang mengesankan dan ditutupi dengan bulu halus yang indah. Ras ayam yang menawan ini terkenal dengan bulunya yang berlebihan menutupi tungkai dan kakinya. 

Pada prinsipnya ayam-ayam ini dibiakkan untuk tujuan pameran. Cochin juga dikenal karena sifatnya yang tenang dan jinak. 

Mereka mempunyai kepribadian pendiam, lembut, dan mudah bergaul. Karena temperamennya yang ramah dan patuh, Cochin akan menjadi hewan peliharaan yang sangat baik.

Cochin cenderung mempunyai jiwa sosial dengan orang-orang. Ayam cantik ini senang dipeluk dan digendong.  

Ayam Cochin juga pengasuh yang baik dan induk yang luar biasa. Ayam ini bahkan dapat digunakan untuk menetaskan (mengerami) telur kalkun dan bebek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.