Sukses

Musim Dingin Ekstrem di AS, Tempat Cuci Mobil Beku hingga Fenomena Es Pancake

Saat suhu teramat dingin melanda, air yang terpapar udara dengan temperatur rendah pun dengan cepat membeku. Berubah menjadi es dalam hitungan detik. Hal itu tejadi di pencucian mobil hingga air terjun.

Liputan6.com, Michigan - Musim dingin ekstrem tengah melanda sejumlah bagian di Amerika Serikat (AS). Badai salju hingga suhu rendah pun tak terhindari.

Banyak warga AS yang terpaksa terjebak di dalam rumah maupun mobil akibat timbunan salju tebal menutupi. Jumlah korban meninggal pun dilaporkan telah mencapai angka 60 orang.

Saat suhu teramat dingin melanda, air yang terpapar udara dengan temperatur rendah pun dengan cepat membeku. Berubah menjadi es dalam hitungan detik.

Fenomena itu salah satunya terjadi di sebuah tempat cuci mobil Texas. Air yang biasa menyembur dari mesin untuk membersihkan kendaraan, mendadak membeku akibat suhu yang sangat rendah.

Sebuah video yang diposting ke Instagram oleh pengguna @guthrie.atx, seperti dikutip dari pemberitaan Upi.com, Kamis (29/12/2022), menunjukkan tempat cuci mobil HEB di Lakeway, tepat di luar Austin, dengan interiornya dipenuhi es besar.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Matthew W. Guthrie (@guthrie.atx)

Dalam rekaman tersebut juga terlihat rol sikat pencuci mobil terlihat seluruhnya terbungkus es. Tentu saja tidak bisa digunakan dalam keadaan seperti itu.

Video tersebut direkam pada Sabtu 24 Desember, ketika suhu di daerah tersebut mencapai dua digit rendah.

Selain itu, suhu dingin tersebut juga membuat seekor angsa terjebak dalam pasir yang basah. Pasrah, ia diam tak bisa ke mana-mana.

Angsa Kanada (Canada goose) yang membeku di pasir basah diselamatkan di pantai Danau Michigan oleh petugas konservasi  di Indiana.

Indiana Department of Natural Resources Law Enforcement mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa petugas konservasi ke tepi Danau Michigan di Indiana Dunes State Park Senin 26 Desember pagi, atas laporan seekor angsa dalam kesulitan.

Para petugas meminta bantuan Porter Volunteer Firefighters untuk membantu mengeluarkan angsa dari pasir es.

"Unggas itu kemudian dibawa ke rehabilitasi satwa liar berlisensi dan fasilitas dokter hewan untuk perawatan," kata posting itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fenomena Es Berbentuk Pancake

Pancake ice atau es bebentuk seperti pancake atau panekuk juga dilaporkan terbentuk di air di bawah air terjun Michigan.

Dalam laporan Upi.com, pengunjung air terjun Michigan mengklaim melihat sesuatu yang tidak biasa di bawah air yang jatuh -- sebuah fenomena yang dikenal sebagai "es panekuk" itu.

Departemen Sumber Daya Alam Michigan membagikan foto formasi yang tidak biasa, bongkahan es bundar yang menyerupai panekuk beku, di bawah air terjun di Tahquamenon Falls State Park di Upper Peninsula.

Para ahli mengatakan apa yang disebut "es panekuk" terbentuk sebagai akibat dari air yang bergolak dan suhu dingin.

"Kecepatan [air] di luar kolam lebih besar daripada di kolam, menyebabkan gaya geser, membuat gumpalan berputar dan membentuknya menjadi bentuk melingkar," Hung Tao Shen, seorang profesor riset di bidang teknik hidrolik di Clarkson University di New York mengatakan kepada Detroit Free Press.

3 dari 4 halaman

Rekor Malam Natal Terdingin Melanda Sejumlah Negara Bagian AS

Sebelumnya, banyak lokasi di AS bagian timur mengalami Malam Natal terdingin dalam beberapa dekade saat ledakan Arktik atau suhu dingin mencapai puncaknya.

Menurut laporan CNN, Sabtu (24//12/2022), dingin yang mengancam jiwa bahkan dilaporkan telah menyebar sampai ke Pantai Teluk dan perbatasan Meksiko, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius dilaporkan sampai ke Austin dan Atlanta di selatan AS.

Secara keseluruhan, lebih dari 200 juta orang di AS berada di bawah peringatan angin dingin dari perbatasan Kanada ke perbatasan Meksiko dan dari negara bagian Washington ke Florida, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius diperkirakan terjadi di Tenggara pada hari Jumat. Peringatan cuaca musim dingin lainnya berlaku untuk kondisi badai salju, es, salju, dan banjir.

"Grafis Peringatan National Weather Service menggambarkan salah satu peringatan dan nasihat cuaca musim dingin terbesar yang pernah ada," kata badan itu Kamis.

Khususnya, sebagian Montana, South Dakota, dan Wyoming telah mengalami angin dingin di bawah minus 50 derajat Fahrenheit dalam dua hari terakhir.

Seluruh negara bagian Texas mengalami suhu di bawah titik beku pada Jumat sore, menurut pengamatan cuaca dari seluruh negara bagian.

Banyak yang akan mengalami liburan dingin tidak seperti yang lain: Atlanta, Philadelphia, Pittsburgh dan Tallahassee, Florida, semuanya diperkirakan memiliki suhu tertinggi terdingin yang pernah tercatat pada 24 Desember, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Washington DC diperkirakan akan mengalami Malam Natal terdingin kedua, setelah tahun 1989. Di New York, ini akan menjadi Malam Natal terdingin sejak 1906. Chicago memperkirakan suhu akan pulih di atas nol, tetapi masih akan mengalami Malam Natal terdingin sejak 1983.

Sebagian besar Florida akan mengalami puncak kedinginan pada Hari Natal. Ini akan menjadi Hari Natal terdingin sejak 1983 untuk Miami, Tampa, Orlando, dan West Palm Beach.

4 dari 4 halaman

Musim Dingin Saat Natal di AS Mencekam Seperti 'Zona Perang'

Badai musim dingin tanpa henti telah membawa bahaya dan kesengsaraan di Hari Natal bagi jutaan orang Amerika Serikat ketika salju yang intens dan suhu dingin mencengkeram bagian timur Amerika Serikat.

"Ini seperti zona perang," kata Gubernur New York Kathy Hochul, penduduk asli Buffalo, di mana salju setinggi 2,4 m dan pemadaman listrik telah mengancam jiwa seperti dikutip dari laman Straits Times, Senin (26/12/2022).

Hochul mengatakan kepada wartawan pada Minggu malam bahwa penduduk masih dalam pergolakan "situasi yang sangat berbahaya yang mengancam jiwa" dan memperingatkan siapa pun di daerah itu untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Situasi krisis sedang berlangsung di Buffalo, di barat New York, di mana badai salju telah membuat kota terdampar, dengan layanan darurat tidak dapat menjangkau daerah yang terkena dampak tinggi.

Lebih dari 200.000 orang di beberapa negara bagian timur terbangun tanpa listrik pada pagi Natal dan banyak lagi yang rencana perjalanan liburannya dibatalkan, meskipun badai selama lima hari yang menampilkan kondisi badai salju dan angin kencang menunjukkan tanda-tanda mereda.

Cuaca ekstrem membuat suhu angin dingin di 48 negara bagian Amerika Serikat yang bersebelahan berada di bawah titik beku selama akhir pekan, membuat para pelancong liburan terlantar dengan ribuan penerbangan dibatalkan dan penduduk terperangkap di rumah-rumah yang tertutup es dan salju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.