Sukses

Bangladesh Buka Layanan Metro Pertama

Bangladesh meluncurkan layanan kereta metro pertamanya, yang sebagian besar didanai oleh Jepang.

Liputan6.com, Dhaka - Bangladesh meluncurkan layanan kereta metro pertamanya, yang sebagian besar didanai oleh Jepang, di ibu kota padat penduduk pada Rabu (28 Desember 2022). Peluncuran ini di tengah antusiasme bahwa bonanza pembangunan negara Asia Selatan itu akan berlanjut dengan dana domestik dan luar negeri.

Perdana Menteri Sheikh Hasina meresmikan layanan metro tersebut didampingi oleh Duta Besar Jepang yang baru diangkat Kiminori Iwama dan Ichiguchi Tomohide, kepala perwakilan Japan International Cooperation Agency, atau JICA.

"Kami telah menambahkan kebanggaan lain pada mahkota rakyat Bangladesh hari ini. Bulu lain ditambahkan ke mahkota pembangunan Bangladesh," katanya saat peresmian seperti dikutip dari AFP, Kamis (29/12/2022).

Versi terbatas dari layanan metro diluncurkan pada hari Rabu, dan diperkirakan akan berkembang menjadi lebih dari 100 stasiun dan enam jalur yang melintasi kota pada tahun 2030.

Bagian dari jalur pertama menghubungkan lingkungan utama di pinggiran Dhaka dengan pusat kota. Itu dibangun dengan harga US $ 2,8 miliar dan sebagian besar didanai oleh JICA.

Jalur tersebut diperkirakan akan mengangkut 60.000 orang setiap jamnya saat beroperasi penuh, menurut dokumen proyek.

Hasina menggunakan upacara tersebut untuk memperingati enam insinyur kereta api Jepang yang bekerja di proyek tersebut yang tewas dalam serangan di kafe Dhaka oleh ekstremis Islam pada tahun 2016. Sebanyak 29 orang tewas, termasuk 20 sandera.

Sebelumnya pada bulan Juni, Hasina meresmikan jembatan sepanjang 6,51 km yang membentang di Sungai Padma, yang dibangun oleh China dengan biaya sekitar US$3,6 miliar yang dibayar dengan dana dalam negeri. Itu adalah salah satu dari lebih dari 100 jembatan yang telah dibuka Hasina dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak oposisi kerap menuduh pemerintah Hasina melakukan korupsi dalam melaksanakan proyek-proyek besar, namun tudingan itu dibantah.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Terpadat di Dunia: Dhaka

Dhaka adalah salah satu kota terpadat di dunia dengan lebih dari 20 juta orang yang berjuang untuk bepergian di jalan yang macet.

Menurut sebuah penelitian oleh Universitas Teknik dan Teknologi Bangladesh, ekonomi di Dhaka kehilangan sekitar US$3 miliar setiap tahun karena kehilangan waktu kerja akibat kemacetan lalu lintas.

Iwama, duta besar Jepang, menyoroti hubungan lama antara Bangladesh dan Jepang. Dia juga menggarisbawahi komitmennya untuk memperdalam hubungan karena lebih banyak investasi dan keuangan Jepang datang ke Bangladesh.

Kepala JICA Tomohide mengatakan proyek kereta metro adalah "contoh cemerlang" kerja sama antara kedua negara dan akan "mengubah kehidupan rakyat jelata di Dhaka".

Baik Jepang maupun Cina adalah mitra pembangunan utama Bangladesh, yang berusaha untuk lulus dari negara yang paling tidak berkembang menjadi negara berkembang pada tahun 2026 dalam daftar Organisasi Perdagangan Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.