Sukses

Kondisi Pele Semakin Menurun, Keluarga Kumpul di Rumah Sakit

Atlet sepak bola Pele masih dirawat di rumah sakit.

Liputan6.com, Sao Paulo - Kondisi pemain sepak bola Edson Arantes do Nascimento (Pele) dilaporkan semakin parah. Pemain sepak bola legendaris yang kini berusia 82 tahun itu mengidap kanker serta masalah jantung.

Berdasarkan laporan ESPN, Rabu (28/12/2022), penyakit kanker kolon (usus besar) yang diidap Pele sudah mencapai tingkat lanjut. Ia pun dirawat di rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo selama Natal 2022.

Anak perempuan Pele memposting foto di Instagram yang menunjukkan hampir semua keluarga Pele berkumpul di rumah sakit.

"Hampir semuanya. Selamat Natal. Bersyukur, cinta, kebersamaan, keluarga," tulis Kely Nascimento, anak perempuan Pele.

Pele memiliki tujuh orang anak, termasik atlet sepak bola Edinho. Ia juga menampilkan fotonya sambil memegang tangan ayahnya seraya memberikan kekuatan. 

Pada September 2021, Pele melakukan pengangkatan tumor dari usus besarnya. Sejak saat itu, ia secara reguler mendapatkan penangangan medis. 

Pele juga sempat terkena COVID-19, namun pihak rumah sakit belum memberikan update terbaru terkait kondisi paru-paru Pele. 

Karier Pele di dunia sepak bola sangatlah cemerlang. Ia membawa kemenangan untuk Brasil pada Piala Dunia tahun 1958, 1962, dan 1970. Totalnya, Pele mencetak 77 gol selama berkarier di timnas Brasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pele dan Messi

Sementara itu, Argentina sukses menjadi juara Piala Dunia 2022. Legenda Brasil, Pele, tak luput memberikan selamat kepada Tim Tango.

Tak hanya buat Argentina, Pele juga menyebut dua ikon Timnas Argentina. Pertama adalah Messi dan kedua mendiang Diego Maradona.

Khusus untuk Messi dan Maradona, dua nama ini adalah sosok bersejarah buat Argentina. Sebab, mereka sukses menjuarai Piala Dunia di edisi berbeda.

Adapun, Argentina meraih gelar juara usai mengalahkan Prancis. Sempat bermain imbang 3-3 di waktu normal, laga akhirnya rampung dengan skor 4-2 setelah babak adu penalti.

Laga sendiri berjalan sengit. Argentina sempat unggul dua gol di babak pertama via Lionel Messi dan Angel Di Maria.

Prancis merespons dua gol tersebut via bintang muda mereka, Kylian Mbappe. Oleh pemain PSG itu, memaksa laga pemungkas Piala Dunia 2022 berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Messi sempat mencetak gol untuk kembali unggul. Namun, Mbappe memaksa kedudukan imbang dan berlanjut ke babak tos-tosan.

Dan setelahnya, seluruh dunia tahu jika pemenang di drama sepakan 12 pass adalah Argentina.

3 dari 4 halaman

Pele Menyaksikan Pertandingan Argentina vs Prancis

Pele juga menyaksikan pertandingan Argentina vs Prancis. Namun, pemenang 3 kali Piala Dunia ini tak bisa datang langsung ke Lusail Stadium, Qatar, Minggu 18 Desember malam WIB, karena masih dalam masa pemulihan.

Pada awal Desember 2022, Pele dilarikan ke rumah sakit karena infeksi pernapasan. Namun per 13 Desember, kesehatan bernama asli Edson Arantes do Nascimento ini terus membaik.

Di masa penyembuhannya itu, Pele mengirim pesan untuk Argentina dan Lionel Messi melalui laman Instagram pribadinya.

"Hari ini, seperti biasa, sepak bola terus menceritakan kisahnya dengan cara yang memikat."

"Messi memenangkan Piala Dunia pertamanya, seperti yang sepantasnya dia dapatkan, " tulis Pele di akun Instagram-nya.

4 dari 4 halaman

Pujian untuk Mbappe

Kylian Mbappe adalah sosok yang mencuri perhatian di final Piala Dunia. Turut membawa Prancis ke final dan menjadi pencetak gol terbanyak dengan 9 gol membuat Pele tak luput memberikan pujian.

"Teman baik saya, Mbappe, mencetak empat gol di laga final. Sungguh suatu anugrah bisa melihat pertandingan ini untuk masa depan olahraga kita," tulis Pele di laman yang sama.

Kegemilangan Mbappe harus memudar di laga pemungkas. Sempat berupaya mengejar angka di laga final kontra Argentina, pemain PSG ini harus puas menjadi runner-up Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.