Sukses

Jepang Pilih Kata Perang Sebagai Karakter Kanji Tahun Ini

Jepang memilih kata perang sebagai karakter kanji tahun ini.

Liputan6.com, Tokyo - Jepang memilih karakter kanji untuk "perang" pada Senin (12/12) sebagai simbol tahun 2022 setelah satu tahun ditandai dengan invasi Rusia ke Ukraina dan pembunuhan mantan pemimpin Shinzo Abe.

Dilansir Channel News Asia, Senin (12/12/2022), suara publik dalam acara tahunan untuk karakter tertulis yang menurut mereka paling mewakili tahun lalu. Pilihan bertema Olimpiade mendominasi tahun 2021.

Namun, suasananya lebih gelap tahun ini, menurut Japan Kanji Aptitude Testing Foundation, yang menyelenggarakan pemungutan suara.

"Invasi ke Ukraina oleh Rusia, penembakan mantan perdana menteri Abe, dan depresiasi yen yang cepat serta inflasi yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari telah menimbulkan kecemasan bagi banyak orang," kata kelompok itu dalam rilis berita.

Stasiun TV Jepang menyiarkan pengumuman itu secara langsung, dengan Seihan Mori, penguasa kuil kuno Kiyomizu di Kyoto, menulis karakter, "sen", pada panel putih besar dengan kuas kaligrafi yang dibasahi tinta.

"Saya terkejut, frustrasi, marah dan sedih dengan perang di Ukraina. Saya juga marah pada diri saya sendiri karena tidak bisa berbuat apa-apa," kata seorang pemilih yang memilih karakter tersebut.

Abe ditembak pada bulan Juli oleh seorang pria yang dilaporkan membenci Gereja Unifikasi atas sumbangan besar yang diberikan ibunya untuk sekte tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilihan Kata Perang

Perang - juga dipilih untuk mewakili pertarungan olahraga dalam bisbol dan di Piala Dunia - diikuti dalam peringkat oleh karakter yang berarti "murah" dan "aman", dengan yen yang lemah dan inflasi menambah perasaan tidak aman.

Karakter untuk "menyenangkan" dan "mudah" menduduki peringkat ketiga, dengan salah satu pemilih mengutip pembukaan taman hiburan Studio Ghibli.

3 dari 4 halaman

Kata Kanji Tahun Lalu

Jepang memilih kata "emas" sebagai kanji tahun lalu untuk menghormati Olimpiade Tokyo, yang diadakan setelah penundaan akibat virus COVID-19.

Pemenang tahun 2020 adalah "mitsu", yang berarti "padat", "ramai", dan "dekat": Tiga situasi yang diimbau orang-orang di Jepang untuk dihindari guna mencegah infeksi COVID-19.

4 dari 4 halaman

5 Kata Sederhana yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Pergi ke Jepang

Sudah punya rencana berlibur ke Jepang akhir tahun ini? Sebaiknya Anda mulai belajar sedikit-sedikit bahasa Jepang agar mudah berkomunikasi dengan warga setempat. Seperti yang ditulis dalam situs Kotaku.com, ada 5 kata sederhana selain ucapan “Arigato” artinya “Terima kasih” yang bisa Anda gunakan agar nyaman berkomunikasi dengan orang Jepang.

• Kore

“Kore” berarti “Ini” diucapkan pada kalimat pertama jika ingin menunjukkan atau bertanya tentang sesuatu. Misalnya saat Anda menanyakan sesuatu ketika membeli oleh-oleh, “Kore wa nan desuka?” artinya “Ini apa?”. Selain itu, ada juga kata lain seperti “Sore” yang artinya “Itu” dan “Are” yang artinya sama dengan “Sore” namun menunjuk pada benda yang lebih jauh.

• Kudasai

Beri akhiran kata “Kudasai” saat sedang meminta sesuatu kepada seseorang. Contohnya saat Anda sedang makan di restoran, “ Miso ramen kudasai!” artinya “Tolong berikan miso ramen!” atau “kohii kudasai!” artinya “Tolong minta kopinya!”.

Selengkapnya di sini..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.