Sukses

Terjebak Hoaks, Petinju Canelo Alvarez Tuduh Messi Ngepel dengan Bendera Meksiko

Liputan6.com, Doha - Petinju light heavyweight Canelo Alvarez memberikan tweet bernada ancaman kepada pemain timnas Argentina, Lionel Messi. Alvarez menuduh Messi bersikap tidak sopan pada seragam Meksiko. 

Perkara dipicu oleh selebrasi timnas Argentina di ruang ganti setelah membungkam timnas Meksiko dengan skor 2-0. 

Lionel Messi sedang ingin melepas sepatu, kemudian kakinya mengenai seragam Meksiko yang berada di lantai. Namun, Alvarez menyebar narasi bahwa Messi memakai seragam Meksiko untuk membersihkan lantai. 

"Melihat Messi membersihkan lantai dengan seragam dan bendera kita ???? Ia harus meminta Tuhan agar saya tidak menemukannya!!" tulis Canelo Alvarez di Twitter sambil memakai emoji tinju.

Jurnalis ESPN David Faitelson lantas menegur Alvarez agar fokus menjadi petinju profesional. Ucapannya yang mengancam Lionel Messi disebut sebagai langkah pengecut.

Alvarez kembali menyebarkan foto dari netizen yang menampilkan pel yang memakai bendera Meksiko. Foto itu diedit dengan ditampilkan di Instagram stories milik Messi.

Meski jelas-jelas palsu dan berasal dari akun "Messi" tanpa tanda verifikasi, petinju itu tetap menyebarkannya dengan marah. 

Hingga berita ini ditulis, Canelo masih belum menghapus tweet hoaks tersebut. 

Kembali ke Piala Dunia, khusus di Grup C yang dihuni Polandia, Argentina, Arab Saudi dan Meksiko masih belum menelurkan negara-negara yang akan lanjut ke babak 16 besar Piala Dunia. Sebab, kans dari 4 negara ini masih terbuka.

Berikut situasi di Grup C Piala Dunia 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peluang di Grup C

Sebelumnya dilaporkan, pemuncak klasemen Grup C dihuni oleh Polandia. Dari dua laga, mereka mengantongi 4 poin hasil sekali menang dan sekali imbang.

Di bawah Polandia, ada Timnas Argentina. Tim Tango ada di urutan kedua dengan raihan 3 poin hasil satu kemenangan dan satu kekalahan.

Adapun di posisi ketiga, dihuni oleh Arab Saudi. Sempat menggegerkan dunia lantaran mengalahkan Argentina di matchday perdana grup, mereka kemudian kalah di laga kedua. Alhasi, mereka mengantongi 3 poin di bawah Argentina karena kalah selisih gol.

Di posisi keempat ada Timnas Meksiko. Sempat bermain imbang dengan Polandia di laga pembuka, mereka kalah di laga kedua kontra Argentina. Kini, mereka baru mengumpulkan satu poin.

Tapi, untuk lolosnya mereka ke babak 16 besar masih akan ditentukan di babak pemungkas grup. Jika saling mengalahkan, sesuai regulasi Piala Dunia 2022, akan terpilih dua tim teratas dengan nilai tertinggi.

Timnas Polandia kini memang berada di puncak klasemen. Tapi, asa mereka ke babak 16 besar bisa dalam skenario berikut:

Terdekat, Polandia akan menjamu Argentina. Duel dua negara ini akan tersaji di Stadium 974 Ras Abu Aboud pada Kamis (1/12) dini hari WIB.

3 dari 4 halaman

Polandia Wajib Menang

Polandia wajib menang untuk mengamankan tiket ke 16 besar. Dengan demikian, mereka akan berstatus juara grup dengan perolehan 7 poin.

Jika imbang, mereka masih berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar. Mereka bisa juara grup asalkan Arab Saudi mengalahkan Meksiko di waktu yang sama.

Jika kalah, kans Polandia untuk lolos bergantung pada hasil Arab Saudi vs Meksiko. Bila dua tim ini bermain imbang, Polandia lolos sebagai runner-up meski punya nilai yang sama dengan Arab Saudi.

Sebab, menilik aturan FIFA jika dua tim atau lebih dengan poin yang sama akan diberlakukan:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

4 dari 4 halaman

Skenario Argentina

Argentina akan menjalani laga hidup mati di matchday ketiga Piala Dunia 2022. Jika kalah, tempat Tim Tango di babak 16 besar bergantung pada skenario berikut:

Argentina kini mengantongi 3 poin di posisi kedua. Jika menang, mereka akan ketambahan tiga poin dan secara keseluhan mengumpulkan 6 poin. Di titik ini, kans lolos ke babak 16 besar terbuka.

Namun, untuk posisi di klasemen akhir, Argentina kudu menunggu hasil Arab Saudi vs Meksiko. Sebab, jika Arab Saudi yang menang, Argentina akan berada di posisi runner-up karena kalah head to head.

Jika imbang, Argentina masih berpeluang lolos sebagai runner-up. Namun, mereka harus mengharapkan Meksiko menang atas Arab Saudi.

Jika kalah, tak ada alasan buat Argentina untuk tetap di Qatar. Sebab, jika menggantungkan hasil pada Arab Saudi vs Meksiko, Argentina tetap tidak lolos. Sebab:

Jika Arab Saudi mengalahkan Meksiko, mereka akan lolos ke babak 16 besar. Sementara Jika Meksiko menang atas Arab Saudi, mereka yang akan lolos menemani Polandia.

Argentina menantang Polandia selaku juara grup. Merujuk jadwal, duel dua negara ini akan tersaji di Stadium 974 Ras Abu Aboud pada Kamis (1/12) pukul 02:00 dini hari WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS