Sukses

PM Kanada Justin Trudeau Bakal Hadir KTT G20 Bali, Siap Kerja Sama Cari Solusi Prioritas

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan berpartisipasi KTT G20. Selasa 2 November 2022 waktu setempat, ia mengumumkan konfirmasi kehadirannya dalam acara tersebut.

Liputan6.com, Ottawa - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan berpartisipasi KTT G20. Selasa 2 November 2022 waktu setempat, ia mengumumkan konfirmasi kehadirannya dalam acara tersebut. 

Mengutip situs resmi PM Kanada, pm.gc.ca, Kamis (3/11/2022), selain KTT G20 di Bali, Indonesia, PM Trudeau juga mengumumkan partisipasinya dalam KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja.

Selain itu ia juga menyatakan akan hadir dalam pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC di Bangkok, Thailand, dan KTT La Francophonie Ke-18 di Djerba, Tunisia.

Melalui situs resmi perdana menteri Kanada, ia juga menyampaikan bahwa kawasan Indo-Pasifik adalah pusat perdagangan dan investasi yang berkembang yang mendorong pasar terbuka, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selama pertemuannya di Asia, PM Kanada disebut akan menunjukkan kemitraan kuat Kanada dalam membantu menumbuhkan ekonomi global untuk memberi manfaat bagi orang-orang di kedua sisi Pasifik. Tidak ada wilayah di dunia yang akan memiliki dampak lebih besar pada masa depan Kanada dalam setengah abad ke depan selain Indo-Pasifik.

Di ASEAN, dari 12 hingga 13 November 2022, Perdana Menteri Trudeau akan mengatasi tantangan regional dan global dengan rekan-rekannya di ASEAN dan kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas. Dia akan berpartisipasi dalam KTT Peringatan ASEAN-Kanada untuk menandai peringatan 45 tahun hubungan dialog ASEAN-Kanada.

Di bawah tema KTT ASEAN "Mengatasi Tantangan Bersama", Perdana Menteri akan mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional, perdagangan berbasis aturan, pertumbuhan ekonomi yang menguntungkan semua orang, dan ikatan yang kuat di antara bangsa.

"Ketika orang-orang di seluruh dunia merasakan dampak tantangan seperti inflasi, kerawanan pangan, dan kekurangan rantai pasokan, kita harus bekerja sama untuk mendorong solusi dan membuat hidup lebih baik dan lebih terjangkau," jelas PM Trudeau dalam pernyataannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misi PM Kanada di KTT G20 hingga KTT ke-18 la Francophonie

Pada KTT G20, dari 15 hingga 16 November 2022, PM Justin Trudeau akan bekerja dengan mitra untuk memajukan prioritas bersama di bawah tema tahun ini "Recover Together, Recover Stronger", termasuk solusi untuk kerawanan pangan dan energi, perubahan iklim, dan kesehatan.

Pada Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC 18 November 2022, dengan tema "Open. Connect. Balance.", Perdana Menteri Trudeau akan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk membuka kerja sama ekonomi dan menghilangkan hambatan perdagangan di kawasan Indo-Pasifik untuk memberi manfaat bagi masyarakat di kedua sisi Pasifik. Dia juga akan bekerja dengan rekan-rekannya untuk memperkuat hubungan antara orang-orang kita dan mendorong aksi iklim dan pertumbuhan ekonomi.

PM Trudeau kemudian akan berpartisipasi dalam KTT ke-18 la Francophonie, dari 19 hingga 20 November 2022. Di bawah tema KTT "Connecting in Diversity", ia akan memperkuat pentingnya melindungi demokrasi dan hak asasi manusia, membela dan mempromosikan bahasa Prancis, dan terus membangun ikatan yang kuat dengan mitra Francophonie di semua benua.

3 dari 4 halaman

Usung Perdamaian hingga Upaya Hidup Lebih Baik dan Terjangkau

Selama perjalanannya, Perdana Menteri Trudeau akan terus membela perdamaian, keamanan, demokrasi dan hak asasi manusia, mengambil tindakan iklim yang ambisius untuk mempercepat transisi ke ekonomi yang lebih bersih, menangani ketahanan pangan dan energi, dan bekerja untuk membuat hidup lebih baik dan lebih terjangkau bagi masyarakat.

PM Trudeau juga akan menyoroti pentingnya terus bekerja dengan sekutu dan mitra untuk mendukung Ukraina, dan negara-negara lain yang paling terkena dampak perang, serta tetap bersatu dalam menghadapi agresi Rusia. Dia akan terus mengecam referendum palsu Rusia dan upaya pencaplokan ilegal wilayah pendudukan Ukraina, yang merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional, dan merupakan eskalasi lebih lanjut dari taktik yang digunakan oleh Rusia selama invasinya ke Ukraina.

Kanada akan terus bekerja dengan mitra global dan demokrasi kami di seluruh dunia untuk mengatasi tantangan hari ini sambil bangkit untuk memenuhi peluang masa depan.

"Ketika dunia bekerja sama dalam tantangan bersama, kami membuat hidup lebih baik bagi orang-orang. Saya berharap dapat bertemu dengan para pemimpin global, termasuk rekan-rekan saya dari kawasan Indo-Pasifik, untuk terus menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi semua orang," ungkap PM Trudeau.

4 dari 4 halaman

Fakta Singkat

  • Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) adalah organisasi antar pemerintah regional yang terdiri dari 10 negara anggota dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pembangunan budaya; mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional, menghormati keadilan dan supremasi hukum; dan meningkatkan kolaborasi di berbagai bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, ilmiah, dan administratif.
  • PM Trudeau berpartisipasi dalam 40th Anniversary ASEAN-Canada Commemorative Summit 2017, dan juga menghadiri ASEAN Summit 2018.
  • Kanada adalah rumah bagi lebih dari satu juta orang keturunan Asia Tenggara, yang berkontribusi besar pada tatanan ekonomi, budaya, dan sosial negara, ekonomi negara anggota ASEAN mewakili mitra dagang terbesar keempat Kanada, dengan lebih dari $31 miliar dalam perdagangan bilateral pada tahun 2021. Hampir 38.000 siswa dari kawasan ASEAN saat ini belajar di Kanada.
  • G20 adalah forum utama untuk kerjasama ekonomi internasional di antara para anggotanya. Anggota G20 adalah ekonomi utama dunia dan mewakili semua benua yang berpenghuni, 80 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan global, dan 60 persen populasi dunia.
  • Ini merupakan KTT G20 ke-8 yang dihadiri oleh Perdana Menteri Trudeau.
  • Ini adalah kali ke-7 Perdana Menteri Justin Trudeau berpartisipasi dalam Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC.
  • Pada tahun 2020, 21 negara anggota APEC bertanggung jawab atas lebih dari 60 persen output ekonomi global, menyumbang 48 persen dari perdagangan dunia, dan merupakan rumah bagi 38 persen populasi dunia.
  • Pada tahun 2021, mitra APEC menyumbang lebih dari 83 persen dari total perdagangan barang dagangan Kanada.
  • Ini adalah KTT ke-3 la Francophonie yang dihadiri oleh Perdana Menteri Trudeau.
  • Kanada adalah salah satu negara pendiri dan anggota aktif Organisasi Internasional La Francophonie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.