Sukses

Mendebarkan, Mesin Pesawat India IndiGo Terbakar Sebelum Lepas Landas

Sebuah insiden kembali melanda maskapai penerbangan India, kali ini IndiGo.

Liputan6.com, Delhi - Sebuah insiden kembali melanda maskapai penerbangan India, kali ini IndiGo.

Pada Jumat 28 Oktober 2022, sekitar 180 orang, termasuk penumpang dan awak pesawat, penerbangan IndiGo 6E-2131 dari Delhi ke Bengaluru mengalami kejutan hidup ketika kebakaran terjadi di mesin pesawat, saat akan lepas landas.

Sebuah video di Twitter menunjukkan salah satu mesin pesawat A320 terbakar dan percikan api beterbangan pada saat meluncur di bandara. Video tersebut kemudian menjadi viral.

Priyanka Kumar, seorang penumpang di pesawat itu memposting video insiden itu di Twitter, yang menunjukkan salah satu mesin terbakar dan mengeluarkan percikan api.

"IndiGo 6E-2131. Pengalaman menakutkan di landasan pacu Delhi! Ini seharusnya video lepas landas tapi ini terjadi," katanya seperti dikutip dari India Times, Sabtu (29/10/2022).

Menurut laporan, pilot pesawat SpiceJet yang berada di belakang pesawat IndiGo dalam antrean saat meluncur memberi tahu Pengendali Lalu Lintas Udara tentang kebakaran di mesin.

Dalam sebuah pernyataan, IndiGo mengatakan pesawat yang mengoperasikan penerbangan 6E2131 dari Delhi ke Bengaluru mengalami mati mesin saat lepas landas. "Lepas landas dibatalkan dan pesawat kembali dengan selamat ke teluk. Semua penumpang diakomodasi di pesawat alternatif," bunyi pernyataan itu.

Pejabat kepolisian Delhi mengatakan ruang kendali di bandara menerima telepon dari ruang kendali CISF mengenai kebakaran di mesin pesawat IndiGo.

"Pukul 22.08, IGIA Control Room menerima telepon dari CISF Control room mengenai masalah kebakaran di mesin Flight No 6E-2131 dari Delhi ke Bengaluru. Pesawat baru saja mulai di landasan untuk lepas landas. Pada saat yang sama dihentikan. dan semua penumpang dibawa keluar dengan selamat," kata seorang pejabat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelidikan

Menyusul kejadian tersebut, Kementerian Perhubungan Udara India telah memerintahkan pejabat untuk menyampaikan laporan.

"Pejabat terkait di @DGCAIndia telah diarahkan untuk melihat ini dan memberikan laporan paling cepat," kata Kementerian dalam tweet pada hari Jumat.

Regulator penerbangan DGCA pada hari Sabtu mengatakan akan mengambil tindakan tindak lanjut yang sesuai setelah melakukan penyelidikan terperinci atas insiden tersebut.

"Prioritasnya adalah melakukan penyelidikan terperinci atas insiden tersebut dan memastikan penyebab kebakaran di mesin. Untungnya, api dapat dipadamkan dengan cepat dan pesawat sekarang di-grounded," kata Kepala Ditjen Perhubungan Udara Arun Kumar kepada PTI.

Dia mengatakan mesin yang terbakar adalah IAEV2500. Ini diproduksi oleh IAE International Aero Engines AG.

"Ditjen Perhubungan Udara akan melakukan kajian mendalam untuk mengetahui apakah pernah ada kejadian serupa pada mesin tersebut sebelumnya. Setelah dilakukan investigasi, akan dilakukan tindak lanjut yang sesuai," katanya.

Sumber Ditjen Perhubungan Udara mengatakan kepada PTI bahwa pesawat VT-IFM yang mengoperasikan penerbangan 6E-2131 dari Delhi ke Bengaluru terlibat dalam penolakan lepas landas, setelah peringatan kegagalan mesin 2. Ledakan keras terdengar dan botol pemadam kebakaran dikeluarkan, sumber itu menambahkan.

3 dari 4 halaman

Pesawat Korean Air Keluar Landasan Pacu Picu Bandara Filipina Ditutup

Insiden pada pesawat belum lama ini dialami Korean Air, yang keluar dari landasan pacu sebuah bandara di Filipina pada Minggu 23 Oktober 2022. 

Menurut laporan VOA Indonesia yang dikutip Selasa (25/10/2022), pesawat yang rusak masih terjebak di rerumputan di sebuah bandara di Filipina Tengah pada Senin 24 Oktober, setelah keluar dari landasan pacu di tengah hujan pada malam sebelumnya.

Sejauh ini tidak ada laporan korban cedera di antara 162 penumpang dan 11 awak yang melarikan diri dari pesawat itu dengan peluncur darurat.

Bagian perut depan pesawat Korea itu terpotong dan bagian hidungnya rusak berat. Pesawat itu dalam posisi menukik ke depan di daerah berumput, dengan roda pendaratan depan tidak tampak dan peluncur-peluncur darurat digunakan di setiap pintu.

Sebuah lubang robekan tampak di bagian atas pesawat, di dekat pintu depan.

Puluhan penerbangan telah dibatalkan. Bandara Internasional Mactan-Cebu, salah satu bandara tersibuk di Filipina, tetap tutup karena pesawat yang mogok di ujung satu-satunya landasan pacu yang dapat digunakan di sana.

Peristiwa menakutkan itu mendorong permintaan maaf terbuka dari presiden Korean Air. Salah satu maskapai penerbangan paling terkemuka di Asia tersebut juga berjanji akan mengambil langkah-langkah guna mencegahnya terulang kembali.

"Kami selalu memprioritaskan keselamatan dalam semua operasi kami, dan kami benar-benar menyesal atas stres dan ketidaknyamanan yang dialami para penumpang kami," kata Presiden Korean Air Woo Keehong dalam sebuah pernyataan.

 

4 dari 4 halaman

Momen Mendebarkan Penumpang Pesawat SpiceJet Sulit Bernapas 25 Menit, Asap Tebal Selimuti Kabin

Pesawat India lainnya yang mengalami insiden belum lama ini adalah SpiceJet penerbangan SG 3735, yang lepas landas dari Goa di India menuju Kota Hyderabad dan tiba-tiba penuh dengan asap. Para penumpang yang berada di dalamnya pun panik.

Mereka mengatakan berjuang untuk bernapas selama 25 menit di atas pesawat SpiceJet penerbangan SG 3735 itu. Diyakini setidaknya 86 orang berada di dalam pesawat yang terpaksa melakukan pendaratan darurat.

Dalam klip video yang beredar, seperti dikutip dari MSN News, Jumat (21/10/2022), terlihat seorang wanita berteriak stand down, sementara bunyi bip terdengar memperingatkan penumpang pesawat tentang asap di kabin.

Dalam kegelapan total, wanita itu kemudian memerintahkan penumpang untuk 'membungkuk, tetap di bawah' saat dia menggunakan sinar redup agar penumpang memperhatikannya.

Penumpang bernama Srikanth Mulupala berkata: 'kru menyuruh kami berdoa kepada Tuhan dan berdoa untuk keluarga kami - itu memalukan.

"Banyak rekan penumpang saya panik dan mulai menjerit-jerit."

Namun juru bicara SpiceJet menolak klaim tersebut dalam sebuah pernyataan, menambahkan awak kabin mengikuti prosedur yang benar dan tetap tenang.

Mereka mengatakan kepada The Independent: 'Kru tidak pernah membuat pengumuman yang meminta penumpang untuk "berdoa kepada Tuhan" dan rekaman CVR membuktikan hal yang sama.

"Pernyataan tidak berdasar telah dikaitkan dengan kru kami, yang sangat disayangkan. Penekanan kru dalam situasi seperti itu adalah untuk membimbing penumpang ke tempat yang aman dan itulah yang mereka lakukan.’

SpiceJet mengkonfirmasi asap itu berasal dari sistem pendingin udara di dalam pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.