Sukses

Presiden Xi Jinping Masuk Periode Ketiga, Pemerintahannya Dikelilingi Para Loyalis

Presiden Xi Jinping memasuki periode kepemimpinanannya yang ketiga.

Liputan6.com, Beijing - Presiden Xi Jinping telah memasuki periode kepemimpinannya yang ketiga. Xi dipastikan akan memerintah China dengan kekuasaannya yang kuat, terlebih ketika ia dikelilingi oleh kawannya yang setia. 

Dilansir CNN, Senin (24/10/2022), pada hari Minggu, sehari setelah penutupan Kongres Partai Komunis lima tahunan , Xi mengumumkan enam orang -- Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi -- untuk berdiri di sampingnya sebagai anggota Partai Komunis Komite Tetap Politbiro , badan penguasa tertinggi China.

Barisan tersebut, yang diisi dengan loyalis Xi yang setia, menjelaskan bahwa Xi tidak hanya melanggar preseden baru-baru ini untuk mengambil masa jabatan ketiga di pucuk pimpinan partai, tetapi juga telah memusatkan kekuasaan di bagian paling atas ke tingkat yang tidak terlihat dalam beberapa dekade. 

Xi juga mengungkapkan susunan lengkap 24 anggota Politbiro, yang untuk pertama kalinya dalam setidaknya 25 tahun tidak termasuk perempuan. Ini pun menggarisbawahi kelangkaan perwakilan perempuan di eselon atas partai.

Empat wajah baru di Komite Tetap Politbiro yang beranggotakan tujuh orang semuanya adalah sekutu dan anak didik lama Xi: Li Qiang, Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi. 

Susunan baru membuka jalan baginya untuk memerintah untuk masa jabatan ketiga dan meminimalisir perselisihan internal dan menggarisbawahi bahwa afinitas untuk Xi mengalahkan segalanya dalam lanskap politik China saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejumlah Orang Bergeser

Perombakan besar-besaran Komite Tetap terjadi setelah kepergian para pemimpin kunci partai yang tidak berada di lingkaran dalam Xi.

Mereka adalah Perdana Menteri Li Keqiang dan Wang Yang, kepala badan penasihat utama China. Keduanya telah pensiun dari badan yang berkuasa meskipun masih berusia satu tahun di bawah usia pensiun tidak resmi partai yakni 68 tahun dan memenuhi syarat untuk menjalani masa jabatan lain. Xi, yang saat ini berusia 69 tahun, mengartikan posisinya satu tahun di atas batas informal itu.

Perubahan itu dibuat jelas pada hari Sabtu pada penutupan Kongres Partai.

Peristiwa hari itu secara singkat terganggu oleh pemandangan tak terduga ketika pendahulu langsung Xi Hu Jintao, yang berusia 79 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang lemah dalam beberapa tahun terakhir, dikawal keluar dari Aula Besar Rakyat dari tempat duduknya di sebelah Xi, karena suatu alasan yang belum jelas. Padahal, Hu awalnya tampak enggan untuk pergi.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Nama Tak Hadir

Anggota lain yang juga tak hadir adalah adalah Hu Chunhua (59) seorang wakil perdana menteri yang dianggap lebih dalam orbit Li Keqiang dan Hu yang lebih tua.

Hu Chunhua pernah disebut-sebut sebagai calon pemimpin puncak tetapi tidak dipromosikan dari Politbiro menjadi Komite Tetap di Kongres Partai lima tahun lalu. Kali ini, Hu bahkan telah keluar dari 24 anggota Politbiro yang baru.

Ini menandakan masa depan politiknya yang redup -- dan kekuatan Xi yang tak tertandingi.

Di samping itu, calon penerus Xi Jinping ke depannya juga tidak jelas. 

Ketika Susunan Komite Tetap sebelum era Xi telah memasukkan anggota yang lebih muda sebagai calon penerus, berbeda dengan anggota termuda saat ini yang usianya sudah berusia 60 tahun.  

Tidak ada nama yang menonjol dalam jejeran orang tersebut, sebagai tanda potensial Xi tidak berencana untuk mundur dalam waktu dekat.

4 dari 4 halaman

Xi Jinping Tak Tertandingi

Banyaknya jumlah anggota sekutu Xi dalam jajaran pemerintahannya, beserta tak adanya kandidat penerus Xi, membuat situasi "belum pernah terjadi sebelumnya" bagi badan penguasa yang akan mendorong ekonomi terbesar kedua. Hal ini disampaikan oleh Chen Gang, seorang peneliti senior di Institut Asia Timur Universitas Nasional Singapura.

"Barisan baru ini bukan produk pembagian kekuasaan atau perdagangan kuda di antara faksi yang berbeda, tetapi pada dasarnya itu adalah hasil atau konsekuensi dari otoritas Xi," kata Chen.

"Kami telah memasuki era baru, karena Xi sekarang mengendalikan hampir setiap aspek mengenai pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan," katanya. 

"Kami melihat semacam resentralisasi birokrasi di China, yang pasti akan berdampak pada lintasan kebijakan ekonomi dan luar negeri China di masa depan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.