Sukses

Korea Utara Kembali Lakukan Uji Coba Rudal, Kedelapan dalam Dua Minggu

Korea Utara kembali melakukan uji coba rudal.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara menembakkan dua rudal balistik ke laut pada hari Minggu (9 Oktober), kata militer Korea Selatan. Ini merupakan yang terbaru dalam serangan kilat di tengah ketegangan atas latihan militer pimpinan AS di wilayah tersebut, Yonhap melaporkan.

Dilansir Channel News Asia, Minggu (9/10/2022), kepala staf gabungan militer Korea Selatan mengumumkan peluncuran dari arah tenggara negara itu - yang ketujuh dan kedelapan dalam dua minggu - tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Sambil memperkuat pemantauan dan kewaspadaan kami, militer kami mempertahankan postur kesiapan penuh dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat," kata kepala staf gabungan, Yonhap melaporkan.

Korea Utara pada hari Sabtu telah membela kesibukan uji coba rudalnya baru-baru ini sebagai balasan yang sah terhadap ancaman militer AS, setelah berhari-hari latihan militer bersama antara Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

Kantor perdana menteri Jepang juga mengkonfirmasi setidaknya satu peluncuran hari Minggu di Twitter.

"Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik yang dicurigai. Lebih banyak pembaruan menyusul," kata kantor itu.

Rudal yang ditembakkan ke arah Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang, tampaknya jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, kata pemerintah Jepang, menurut kantor berita Kyodo. Penjaga pantai mengatakan sejauh ini belum menerima laporan kerusakan kapal Jepang, lapor penyiar nasional NHK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluncuran Rudal

Peluncuran tersebut adalah yang terbaru dalam rangkaian peluncuran rudal balistik jarak menengah yang ditembakkan Selasa di atas Jepang hingga mendorong peringatan bagi orang-orang di daerah yang terkena dampak di bawahnya untuk berlindung.

Dan pada hari Kamis, Korea Utara menembakkan dua rudal balistik, pada hari yang sama Seoul, Tokyo dan Washington melakukan latihan baru yang melibatkan kapal perusak angkatan laut AS dari kelompok pemogokan kapal induk USS Ronald Reagan.

Amerika Serikat mengerahkan kembali kapal induk bertenaga nuklir itu ke perairan timur Korea Selatan sebagai bagian dari tanggapan militer luas terhadap uji coba oleh Pyongyang, yang juga mencakup pengeboman bersama dan latihan misil.

3 dari 4 halaman

Picu Amarah

Pemindahan kapal induk itu memicu tanggapan amarah dari Korea Utara, dengan kementerian luar negeri mengatakan hal itu menimbulkan "ancaman serius bagi stabilitas situasi di semenanjung Korea".

Latihan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat berakhir hari Sabtu, menurut Yonhap.

Militer Seoul mengatakan telah mengerahkan 30 jet tempur pada Kamis setelah 12 pesawat tempur Korea Utara melakukan "penerbangan formasi langka di utara perbatasan udara antar-Korea (dan) melakukan latihan menembak dari udara ke permukaan".

4 dari 4 halaman

Peluncuran dari dekat Ibu Kota

Peluncuran pada hari Kamis tampaknya menjadi pertama kalinya Korea Utara menembakkan rudal dari Samsok, dekat ibu kota.

Peluncuran baru-baru ini adalah "tindakan balasan yang adil dari Tentara Rakyat Korea", kata kementerian luar negeri Pyongyang dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Juga pada hari Kamis, Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan darurat untuk membahas peluncuran Pyongyang pada hari Selasa di Jepang.

Pada pertemuan itu, sekutu lama Korea Utara dan dermawan ekonomi China menyalahkan Washington karena memprovokasi serentetan peluncuran oleh rezim Kim Jong-un.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield menyerukan "penguatan" sanksi yang ada terhadap Korea Utara, sesuatu yang diveto China dan Rusia pada bulan Mei.

Kim telah menyatakan Korea Utara yang terisolasi sebagai kekuatan nuklir yang "tidak dapat diubah", yang secara efektif mengakhiri kemungkinan pembicaraan denuklirisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.