Sukses

Yuk Intip, Ini 12 Desain Batik Keren dari Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - Batik adalah kain tradisional yang berasal dari Jawa, Indonesia lalu berkembang pesat di seluruh Asia Tenggara dan menjadi pakaian khas di wilayah ini.

Mungkin karena desain batik yang begitu rumit dan ekspresif, memiliki banyak makna bagi budaya Asia Tenggara.

Secara Sederhana, batik adalah teknik menghias yang dapat diterapkan pada kain yang berbeda seperti katun, sutra, linen, rayon, dan rami.

Pada kain-kain ini, lilin panas diaplikasikan pada area tertentu, sementara pewarna menutupi bagian kain lainnya.

Meskipun batik berasal dari tradisi lama, banyak toko pakaian yang telah menginovasi pakaian batik agar sesuai dengan tren modern.

Dari Indonesia hingga Thailand, berikut ini adalah desain batik keren yang telah diciptakan oleh negara-negara Asia Tenggara, mengutip situs Trip Zilla, Rabu (5/10/2022):

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 18 halaman

Indonesia

Indonesia menguasai desain batik yang unik, nyaman, dan trendi. Indonesia menghadirkan desainer-desainer batik yang tampil dengan penuh gaya, mulai dari pakaian batik yang terinspirasi dari kimono hingga pakaian pantai.

Berikut adalah desain batik di Indonesia yang unik dan kekinian:

3 dari 18 halaman

Desain oriental oleh Batik Gaya

Meskipun Batik Gaya menawarkan busana batik kasual, namun tidak melepaskan diri dari motif oriental tradisional.

Ketika Anda menginginkan model yang terinspirasi dari Indonesia atau kimono batik dan qipao, Batik Gaya menjanjikan semua ini dalam percikan warna yang menyenangkan, yang mungkin sulit Anda temukan di tempat lain.

4 dari 18 halaman

Suasana Tropis dan Santai dari Cap Bali

Pakaian yang nyaman bisa terjadi bahkan dengan batik. Ambil contoh, cardigan dan celana longgar dari Cap Bali ini.

Hanya dengan melihatnya, Anda tidak akan tahu apakah harus pergi ke pantai dengan pakaian ini atau memakainya sebagai piyama.

Toko Indonesia ini juga menjual rok berenda yang cocok untuk anak muda, Anda harus memiliki semuanya.

5 dari 18 halaman

Gaya Unik dan Kasual ala Rianty Batik

Berbicara tentang koleksi yang melayani berbagai jenis pembeli, beberapa desain batik kasual yang trendi dan cerdas sedang menunggu Anda di Rianty Batik.

Toko ini menjual blus batik yang cocok untuk ke kantor dan rok lilit untuk perjalanan ke pantai Anda.

Terlebih lagi, Rianty Batik memiliki koleksi untuk anak-anak untuk membuat si kecil terlihat keren dan berkibar dalam balutan busana batik.

6 dari 18 halaman

Kemeja Polo Batik dari Batik Aletier

7 dari 18 halaman

Filipina

Desain dan pola batik di Filipina terinspirasi oleh tekstil dari budaya asli negaranya.

Jika Anda ingin berbelanja pakaian di negara ini yang mewakili kesenian tradisional Filipina, kunjungi toko-toko pakaian ini.

8 dari 18 halaman

Pakaian Tradisional Filipina yang diciptakan Kembali oleh Balik Batik

Balik mendapatkan pengakuan dalam beberapa tahun terakhir, karena menjadi berita utama atas misinya untuk membuat orang Filipina lebih menghargai kesenian batik Filipina yang dapat dikenakan setiap hari.

Di antara desain populernya adalah jaket batik, cape blazer, dan favorit populer batik terno.

Atasan terno terinspirasi oleh gaun tradisional Filipiniana yang ditandai dengan lengan kembung. Dipadankan dengan desain batik, atasan terno adalah perpaduan sempurna antara tradisional dan modern.

9 dari 18 halaman

Aksesoris Batik Modern Kultura

Dalam daftar pakaian dan barang-barang yang terinspirasi oleh warisan budaya, Kultura menyertakan aksesori dan tas batik yang akan menjadi suvenir sempurna.

Kultura memiliki segalanya, seperti pouch batik, tas jinjing, dompet, dan tas bahu standar yang ditata elegan untuk penggunaan kasual.

Bahkan lebih baik lagi, banyak dari barang-barang ini ditenun dengan tangan dan terbuat dari bahan ramah lingkungan.

10 dari 18 halaman

Malaysia

Desain batik di Malaysia juga memamerkan warna dan pola yang berani, terlepas dari pakaian konservatif atau glamor.

Tidak setiap hari Anda dapat menemukan topi lucu dengan motif batik. Inilah yang menarik perhatian dari Batik di Malaysia.

11 dari 18 halaman

Jubah santai oleh Batik Boutique

Berbicara tentang cinderamata, Butik Batik Malaysia memiliki banyak cinderamata dan koleksi busana batik.

Negara ini memang selalu membuat inovasi tentang batik.

Pada dasarnya Anda akan tenggelam dalam ide-ide desain batik ini.

Para fashionista minimalis juga akan menyukai pakaian-pakaian ini. Mereka mungkin akan menjadi head turner, pola-pola yang ada di pakaian ini tetap berkelas dan tak lekang oleh waktu.

12 dari 18 halaman

Gaya Pantai ala Maryam Bayam

Maryam Bayam dapat membuat siapa saja terpikat pada topi pantai milik mereka.

Bukan hanya topi pantai, anting-anting batik, ikat kepala batik scrunchie hoop, dan ikat kepala batik yang dipilinlah yang membuat kami semua terbelalak.

Anda bisa membayangkan mengenakan hiasan kepala ini di pantai atau dalam perjalanan musim panas yang menyenangkan bersama teman-teman Anda. Jangan lupa untuk melihat rok batik wrap-around dari toko ini untuk melengkapi OOTD Anda.

13 dari 18 halaman

Singapura

Banyak pakaian batik Singapura yang semuanya tentang interpretasi modern dan chic.

Batik di Singapura sangat terkenal dengan gaya kasual dan elegan.

14 dari 18 halaman

Karya-Karya Batik Simple Oleh Makerly Singapore

Atasan batik yang santai cocok dicari di Makerly Singapore.

Jika Anda  tipe orang yang malas untuk mengambil atasan acak untuk mencocokkan jeans, di sinilah Anda dapat menghabiskan uang.

Atasan batik Makerly berkisar dari atasan v-neck dan ruffle spaghetti, hingga atasan pita yang diikat ke belakang.

Sebagian besar desain batik mereka hadir dalam warna kuning dan biru, yang merupakan warna-warna yang sangat menyegarkan setiap saat sepanjang tahun.

Tak perlu diragukan lagi, setiap potongannya pasti akan membuat OOTD Anda terlihat segar dan muda.

15 dari 18 halaman

Cardigan Think Batik untuk Para Fashionista

Jika Anda penggemar mengenakan warna-warna kalem sebagai pakaian dasar, tetapi menginginkan semburat warna untuk melapisinya, Think Batik memiliki solusi sempurna dalam bentuk atasan kebaya mereka.

Dengan desain batik yang beragam dalam koleksinya, tidak diragukan lagi Anda akan menemukan busana yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Toko ini juga memiliki koleksi untuk pria.

Jadi, ambilah kemeja polo batik keren yang cocok untuk bekerja, rapat, dan bahkan kencan romantis.

16 dari 18 halaman

Thailand

Thailand juga menghadirkan gaya terbaiknya dengan potongan batik yang memenuhi semua preferensi, baik Anda yang lebih tradisional atau yang lebih trendi.

Desain batik negara ini pada dasarnya mencakup semua warna pelangi dan lebih banyak lagi.

17 dari 18 halaman

Rok Batik Cerah oleh Baba Closet

Baba Closet memiliki koleksi batik asli yang begitu cerah dan penuh gaya, sulit bagi Anda untuk puas hanya dengan memiliki satu saja.

Meskipun banyak gaun dalam koleksinya terinspirasi oleh pakaian tradisional Thailand, namun gaun-gaun ini dihiasi dengan pola bunga batik yang akan tampak sangat familiar dan mudah diingat oleh para pembelanja biasa

18 dari 18 halaman

Gaun Batik Serbaguna ala Pha Thoong Noong Dai

Toko batik ini dapat mendandani Anda mulai dari gaun batik kasual hingga celana batik yang terinspirasi dari athleisure.

Bahkan, jika meluangkan waktu sejenak dan memikirkan bagaimana Anda dapat menata atasan, jubah, dan celana batik ini, produk dari toko ini dapat melakukan banyak penampilan berkat betapa serbaguna desain-desainnya yang sederhana.

Mereka bahkan memiliki jubah mini untuk anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.