Sukses

Topan Nanmadol di Jepang Diprediksi Bawa Banjir Besar dan Tanah Longsor

Topan Nanmadol tengah melanda wilayah paling selatan di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Salah satu topan terbesar yang pernah menyerang Jepang telah melanda pulau selatan Kyushu.

Dilansir BBC, Senin (19/9/2022), topan Nanmadol telah membawa angin dengan kecepatan setidaknya 180 km/jam (112mph) dan beberapa daerah dapat mengalami curah hujan 500mm (20 inci) selama hari Minggu dan Senin.

Setidaknya empat juta orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka.

Banjir besar dan tanah longsor diperkirakan akan terjadi, sementara layanan kereta peluru, feri, dan ratusan penerbangan telah dibatalkan.Topan itu mendarat di dekat kota Kagoshima, di ujung selatan Kyushu, pada Minggu pagi.

Kyushu adalah pulau paling selatan dari empat pulau yang membentuk tubuh utama Jepang dan memiliki populasi lebih dari 13 juta orang. 

Pihak berwenang telah mengeluarkan "peringatan khusus" untuk pulau itu, yang pertama kali diberlakukan di luar Prefektur Okinawa, yang terdiri dari pulau-pulau kecil Jepang yang terpencil di Laut China Timur, lapor Japan Times.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan Nanmadol akan membawa hujan lebat, gelombang badai di sepanjang pantai, dan angin yang sangat kuat sehingga ada risiko rumah-rumah bisa runtuh.

Seorang pejabat di kota Izumi mengatakan kondisi pada Minggu sore memburuk dengan cepat.

"Angin menjadi sangat kuat. Hujan juga turun dengan deras," katanya kepada kantor berita AFP. 

"Di luar benar-benar putih. Jarak pandang hampir nol."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bergerak ke Utara

Topan itu sekarang bergerak ke utara melintasi Kyushu, menjatuhkan sejumlah besar hujan di pusat pegunungan pulau itu.

Diperkirakan akan melakukan perjalanan melalui Jepang tengah menuju Tokyo selama beberapa hari mendatang dan mempertahankan sebagian besar kekuatannya saat bergerak. 

Ancaman terbesar terhadap kehidupan dan harta benda adalah dari hujan, yang sudah menyebabkan sungai naik dan bisa menyebabkan tanah longsor.

3 dari 4 halaman

Evakuasi

Orang-orang di seluruh Kyushu telah diberitahu untuk mencari perlindungan di tempat penampungan, tetapi peringatan evakuasi tidak wajib, dan pihak berwenang di masa lalu berjuang untuk meyakinkan orang untuk pindah ke tempat penampungan sebelum peristiwa cuaca ekstrem.

Pada Minggu malam, perusahaan utilitas mengatakan hampir 200.000 rumah tanpa listrik.Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan kepada orang-orang untuk "mengevakuasi tanpa ragu-ragu jika mereka merasa dalam bahaya dengan cara apa pun".

“Saya mengimbau agar tidak mendekati tempat-tempat yang berpotensi bahaya seperti sungai dan saluran air lainnya atau tempat-tempat yang rawan longsor,” katanya.

"Sangat berbahaya untuk mengungsi di malam hari. Saya mengimbau masyarakat untuk mengungsi ke lokasi yang aman sebelum malam tiba."

4 dari 4 halaman

Topan Nanmadol

Nanmadol adalah topan Pasifik ke-14 musim ini, dan sejauh ini yang terbesar yang melanda Jepang.

Berbicara pada hari Sabtu, seorang pejabat dari badan meteorologi Jepang mengatakan bahwa itu berpotensi lebih buruk daripada Topan Jebi pada tahun 2018, yang menewaskan 14 orang, dan Topan Hagibis, yang menyebabkan pemadaman listrik yang meluas pada tahun 2019.

Negara ini siap menghadapi badai semacam itu, tetapi para ilmuwan mengatakan perubahan iklim membuatnya lebih besar dan lebih merusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.