Sukses

15 Bukti Asia Unik, Banyak Sosok Awet Muda hingga Tempat Istimewa

Asia menyimpan banyak hal unik yang membuat seolah berada dalam dunia baru. Berikut ini sejumlah buktinya.

Liputan6.com, Jakarta - Benua Asia merupakan benua yang paling luas di dunia dengan masyarakat yang beragam.

Benua Asia tercatat memiliki banyak kebudayaan dengan berbagai macam keunikan yang ada di dalamnya, sehingga sudah sewajarnya keunikan ini menjadi suatu dunia baru yang mungkin tidak dapat ditemukan pada wilayah lain.

Sebagai contoh, China yang merupakan salah satu negara Asia, memiliki sekitar 60,74 juta kunjungan turis internasional pada tahun 2017. Dan itu tidak mengherankan! Asia selalu menarik orang dengan arsitektur, alam, dan budayanya.

Berikut ini bukti keunikan Asia lainnya, dikutip dari Bright Side, Rabu (31/8/2022):

Beberapa Pengecualian Zona Waktu yang Mungkin Mengejutkan

Mungkin sulit untuk menerima, tetapi hanya ada satu zona waktu di China, meskipun secara geografis negara ini sangat besar dan dapat mencakup 5 zona. Hanya ada zona waktu Beijing di China!

Bagi mereka yang tinggal di pantai timur China, bisa sangat mudah untuk selaras dengan zona waktu. Tetapi orang-orang dari provinsi barat mungkin merasa tidak enak badan. Misalnya, di Kashgar, kota paling barat di China, Anda bisa menikmati matahari terbenam di bulan Juli hingga pukul 11.00 ​​malam.

Beberapa Rahasia Awet Muda yang Hanya Diketahui di Asia

Ada suatu rahasia yang menyebutkan orang Asia hidup dan awet muda lebih lama. Jika ada obat untuk keabadian, itu akan ditemukan di Asia.

Banyak public figure dari Asia yang terlihat seperti berusia 25 tahun. Tapi ada contoh nyata di mana umur Lure Hsu adalah 43 dan Chuando Tan adalah 52.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keajaiban Arsitektur Modern di Asia

Salah satu keajaiban ini adalah "Kuil Putih" di Thailand. Pameran seni unik ini milik Chalermchai Kositpipat, yang merancang, membangun, dan membukanya pada tahun 1997.

Saat Anda mengunjunginya, Anda akan merasa seperti dibawa ke dalam dongeng Asia!

Sebagian besar bangunan ini berwarna putih dan ini memberikan rasa kenyamanan dalam hati. Jika Anda ingin merasa seperti pahlawan film Asia, inilah tempatnya.

Alam Semesta Paralel yang Dapat Mentransfer Anda ke Dunia Avatar

Asia sangat kaya akan tempat-tempat yang indah! Dan salah satunya adalah Taman Hutan Nasional Zhangjiajie. Taman ini erletak di Kota Zhangjiajie di China. Formasi batu seperti pilar akan membawa Anda keluar dari kenyataan. 

Pecinta hiking, fotografi, dan petualangan akan menemukan seluruh alam semesta paralel yang penuh keindahan di sini.

Ketika Anda melihat formasi tersebut, Anda merasa seperti pahlawan dari film Avatar. Ketika Anda berkunjung untuk pertama kalinya, sulit untuk memahami bahwa Anda masih berada di planet Bumi.

Sikap Khusus Terhadap Kebersihan di Asia

Ada aturan berbeda yang mengatur kebersihan dan ketertiban di Asia. Buktinya, bahkan ada sepatu khusus untuk toilet. Mungkin pada awalnya ini mungkin tampak tidak berguna, tetapi sandal itu digunakan untuk meminimalkan kontak antara lantai kamar mandi yang tidak bersih dan lantai yang bersih di bagian lain apartemen.

Ada tradisi menghitamkan gigi di beberapa negara Asia.

Tradisi ini tampaknya merupakan versi perawatan gigi yang efektif dan dilakukan untuk menjaga gigi sampai tua. Ini mencegah kerusakan gigi, mirip dengan sealant gigi modern.

Selain perawatan gigi, juga dipercaya bahwa gigi yang menghitam membedakan manusia dari hewan dan dapat menjadi tanda kecantikan dan evolusi.

3 dari 4 halaman

Ada Tempat-Tempat yang Seperti Berada di Masa Depan

Ada hotel dengan robot, bukan staf! Hotel Henn-na adalah tempat yang bagus untuk anak-anak dan pecinta teknologi dan Anda dapat dengan mudah tinggal di sana ketika Anda datang ke Tokyo. Robot-dinosaurus yang ramah bahkan akan menemui Anda saat check-in!

Dan tidak ada lagi masalah dengan hambatan bahasa. Staf hotel ini dapat berbicara dalam berbagai bahasa.

Sistem Denda yang Sangat Besar Beberapa Negara Asia

Singapura mungkin salah satu tempat terbersih dan paling terorganisir, di mana perilaku orang didasarkan pada rasa hormat yang besar terhadap sesama manusia. Tetapi lingkungan ini juga terhubung dengan sistem aturan dan denda yang rumit. Jika Anda tidak mengikuti aturan, seperti larangan mengunyah permen karet, Anda mungkin akan dikenakan denda besar sebesar $ 500, atau bahkan $ 1.000.

Di Asia Normal untuk Tidur di Mana-Mana

Saat Anda naik metro Tokyo, berjalan di jalan, atau bekerja di kantor Jepang, jangan heran melihat orang tidur di mana-mana. Orang-orang di sana benar-benar gila kerja dan mengambil kesempatan untuk tidur siang selama 30 menit selama perjalanan agar mereka merasa lebih baik.

Bahkan ada nama khusus untuk tidur saat bertugas. Itu disebut Inemur dan dianggap sebagai tanda dedikasi terhadap pekerjaan seseorang.

Keinginan Besar untuk Menjadi yang Terbaik dalam Segala Hal di Asia

Keinginan untuk menjadi yang terbaik diekspresikan dalam segala hal yang mereka lakukan. Terutama dalam arsitektur dan uang. Misalnya, ada gedung pencakar langit Gedung Liebian yang tingginya 121 m (396 kaki). Namun keunikan bangunannya adalah air terjun buatan yang sangat tinggi yaitu 108 m (350 kaki). Sistem pemeliharaan air terjun menempati 4 lantai penuh gedung pencakar langit!

Pengoperasian air terjun ini cukup mahal dan listriknya saja menelan biaya $116 atau senilai Rp 1.722.600,00 per jam. Karena itu, air terjun ini hanya berfungsi pada hari libur.

Topik Toilet yang Sangat Populer Di Asia

Bahkan ada Suwon Mr. Toilet House di Seoul. Mr Toilet adalah museum fungsional. Ada cerita bahwa mantan walikota Suwon memiliki tujuan untuk membersihkan dan mempercantik semua toilet di kota.

Setelah dia meninggal, rumahnya disumbangkan ke pemerintah kota dan dialihkan ke museum.

4 dari 4 halaman

Beberapa Pengalaman yang Paling Tidak Biasa dan Aneh

Untuk memuaskan dorongan pengalaman ekstrem Anda, Anda hanya perlu datang ke Asia, karena ada banyak sekali aktivitas tidak lazim yang tersedia. Seperti SkyCycle di Filipina. Sepeda Anda berada di atas kabel setinggi 60 kaki dan Anda bersepeda sejauh 200 meter di langit.

Atau Anda bisa pergi ke Gunung Huashan untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan dengan mendaki Path of Death. Di sana Anda dapat menyentuh awan dan melihat pemandangan yang luar biasa dan menakjubkan.

Perusahaan-Perusahaan Asia Menciptakan Sistem Transportasi Perkotaan Masa Depan 

Toyota i-Road "menggabungkan potensi mobil dan sepeda motor." Inilah masa depan transportasi perkotaan yang dapat membuat hidup lebih mudah dan cepat. Dengan transportasi generasi baru ini Anda dapat menempuh jarak 50 km tanpa mengisi daya kendaraan Anda

Salah Satu Jembatan Terpanjang di Dunia ada di Asia

Dan jembatan terpanjang adalah Danyang-Kunshan Grand Bridge di China. Itu besar! Jembatan Besar Danyang-Kunshan antara Shanghai dan Nanjing memiliki panjang total 164,8 km. Konstruksi luar biasa ini membutuhkan waktu 4 tahun untuk dibangun.

Beruang Sloth yang Hanya Ada di Asia

Beruang sloth ini, yang memeluk penjaga taman, adalah seorang vegetarian dan hanya makan buah-buahan, madu, umbi-umbian, dan serangga. Beruang jenis ini sekarang hanya ada di Asia. Dan kami bersyukur bahwa kami masih dapat menemukannya di sana!

Beruang sloth benar-benar menggemaskan!

Penemuan Sempurna yang Anda Butuhkan ada di Asia

Inovasi super ini ditujukan untuk zona seismik di Asia, dan secara tepat disebut sebagai “tempat tidur gempa”. Tempat tidur ini melindungi Anda saat tidur. Jika gempa bumi terdeteksi, itu "menelan Anda" dan membuat Anda tetap aman. Ada juga stok persediaan di dalamnya. Itu dibuat oleh Dahir Insaat dan mendapat paten di Cina oleh Wang Wenxi.

Charpai adalah tempat tidur tradisional India legendaris yang terkenal dengan kualitas alaminya. Ini adalah pilihan terbaik ketika cuaca terlalu panas. Charpai wajib dimiliki karena jaringnya terbuat dari kapas, serat alam lainnya, dan daun kurma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.