Sukses

Orang Terkaya Ketiga di Dunia dari Asia, Miliarder India Gautam Adani yang Sempat Putus Sekolah

Miliarder dari Asia masuk dalam daftar lima besar orang terkaya sedunia. Gautam Adani dari India.

Liputan6.com, New Delhi - Miliarder dari Asia masuk dalam daftar lima besar orang terkaya sedunia. Gautam Adani dari India menjadi orang terkaya ketiga di dunia menurut peringkat Bloomberg Billionaires Index pada Selasa 30 Agustus 2022.

Ia merupakan warga Asia yang pertama kali berada di peringkat tiga besar orang terkaya di dunia.

Mengutip VOA Indonesia, Rabu (31/8/2022), kekayaan bersih miliarder Gautam Adani ini lebih dari dua kali lipat, menjadi $ 137,4 miliar tahun lalu, melompati 20 pada urutan di atasnya. Kini pria India itu berada tepat di belakang Elon Musk dan Jeff Bezos, lapor Bloomberg News.

Adani yang berusia 60 tahun, memperoleh kekayaannya di sektor pelabuhan dan perdagangan komoditas. Ia kini sebagai konglomerat terbesar ketiga di India dengan bisnis mulai dari pertambangan batu bara dan minyak nabati hingga bandara dan media berita.

Kekayaan bersihnya yang membengkak mencerminkan peningkatan hebat dalam penciptaan modal perusahaan-perusahaan publiknya, karena investor mendukung perluasan agresif yang dilakukan Grup Adani baik terhadap bisnis lama maupun yang baru.

Saham orang terkaya dari Asia itu, Adani Enterprises, yang 75 persen dimiliki oleh miliarder itu melonjak lebih dari 2.400 persen sejak Maret 2020, dan nilainya berlipat ganda dalam enam bulan terakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putus Kuliah

Lahir di kota Ahmedabad di negara bagian Gujarat barat dari keluarga kelas menengah, Gautam Adani putus kuliah dan bekerja sebentar di industri berlian, sebelum memulai bisnis ekspornya pada 1988.

Pada tahun 1995, ia memenangkan kontrak untuk membangun dan mengelola pelabuhan pelayaran komersial di Mundra, Gujarat, yang sejak itu berkembang menjadi pelabuhan terbesar di India.

Dalam beberapa tahun terakhir, konglomerat itu terjun ke sektor petrokimia, semen, pusat data dan pemurnian tembaga, selain mendirikan bisnis energi terbarukan dengan target yang ambisius.

3 dari 4 halaman

Geser Bos Louis Vuitton

Miliarder asal India, Gautam Adani menduduki posisi nomor tiga sebagai orang terkaya di dunia. Dia mampu menggeser Bernard Arnault yang kini berada di posisi bawahnya.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, dengan kekayaan sebesar USD 137 miliar atau setara Rp 2 kuadriliun, Adani menjadi orang Asia pertama yang menembus tiga besar daftar orang terkaya di dunia.

Dilansir CNBC International, Rabu (31/8/2022), miliarder Adani kini menjadi orang terkaya ketiga di dunia setelah pendiri Amazon Jeff Bezos di posisi kedua dengan kekayaan USD 153 miliar (Rp 2,2 kuadriliun) dan CEO Tesla Elon Musk di posisi teratas, dengan kekayaan senilai USD 251 miliar (Rp 3,7 kuadriliun).

Tonggak sejarah itu terjadi hanya enam bulan setelah dia dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia.

Adani telah menambahkan kekayaannya hingga USD 60,9 miliar (Rp 904,5 triliun) tahun ini, menjadikannya satu-satunya dari 10 miliarder yang tidak mengalami penurunan kekayaan bersih pada tahun 2022.

Adani telah menempuh perjalanan panjang dari putus kuliah di tahun keduanya di Universitas Gujarat untuk menjadi penyortir berlian.

Meski putus kuliah, Adani tetap bekerja keras hingga menjadi pendiri Adani Group, yang memiliki portofolio besar di berbagai industri, termasuk pelabuhan, batu bara, dan energi.

Dia pertama kali menjadi miliarder pada tahun 2008, 20 tahun setelah memulai perusahaan ekspor komoditasnya.

Pria berusia 60 tahun itu melewati Bill Gates dalam daftar miliarder terkaya pada Juli 2022 setelah Gates mengumumkan dia akan menyumbangkan kekayaannya sebesar USD 20 miliar kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Namun, seberapa lama Adani dapat mempertahankan posisinya di daftar 5 besar masih harus dilihat.

Analis telah mengangkat kekhawatiran tentang jumlah utang yang diambil Adani Group selama ekspansi.

Selain itu, dorongan nilai saham perusahaan seperti LVMH Arnault atau Microsoft dapat menggeser Adani dari tiga besar.

4 dari 4 halaman

Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia

Inilah daftar 10 orang terkaya di dunia per 30 Agustus 2022 menurut Bloomberg Billionaires Index:

1. Elon Musk kekayaan USD 251 miliar.

2. Jeff Bezos, kekayaan USD 153 miliar.

3. Gautam Adani, kekayaan USD 137 miliar.

4. Bernard Arnault, kekayaan USD 136 miliar.

5. Bill Gates, kekayaan USD 117 miliar.

8. Warren Buffett, kekayaan USD 100 miliar.

9. Larry Page, kekayaan USD 93,3 miliar.

10. Sergey Brin, kekayaan USD 95,8 miliar.

11. Steve Ballmer, kekayaan USD 93,7 miliar.

12. Larry Ellison, kekayaan USD 93,3 miliar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.