Sukses

6 Bulan Invasi Rusia, Ukraina Siap Lawan dengan Kekerasan di Hari Kemerdekaannya

Ukraina mengatakan siap untuk melakukan lebih banyak kekerasan di Hari Kemerdekaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ukraina pada hari Rabu (24 Agustus) menandai 31 tahun sejak mereka melepaskan diri dari Uni Soviet yang didominasi Rusia dalam apa yang pasti akan menjadi hari yang tenang, tetapi perayaan menantang dibayangi oleh kekhawatiran serangan rudal Rusia baru.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (24/8/2022), Hari Kemerdekaan Ukraina, yang jatuh enam bulan sejak invasi Rusia pada 24 Februari, tahun ini memiliki makna sakral bagi Ukraina yang bertekad untuk tidak jatuh kembali di bawah kuk Moskow.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Selasa malam memperingatkan kemungkinan "provokasi Rusia yang menjijikkan" dan "serangan brutal" oleh Moskow untuk menutupi apa yang dikatakannya sebagai hari penting bagi semua warga Ukraina.

Para pejabat telah melarang pertemuan publik di ibu kota Kyiv dan memberlakukan jam malam yang keras di kota timur Kharkiv, yang telah melewati berbulan-bulan penembakan di garis depan. Banyak pejabat pemerintah telah diperintahkan untuk bekerja dari rumah.

Ukraina memisahkan diri dari Uni Soviet pada Agustus 1991 setelah kudeta yang gagal di Moskow dan mayoritas warga Ukraina memberikan suara dalam sebuah referendum untuk mendeklarasikan kemerdekaan.

Zelenskyy belum mengungkapkan bagaimana pemerintah akan menandai hari libur umum, salah satu yang paling penting di Ukraina, untuk alasan keamanan publik, tetapi dia telah menjelaskan bahwa itu akan terjadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjuangan Ukraina

Ukraina meletakkan bangkai tank Rusia yang terbakar dan kendaraan lapis baja seperti piala perang di pusat kota Kyiv sebagai bentuk perlawanan menjelang hari libur umum.

"Kita harus sadar bahwa provokasi Rusia yang menjijikkan dan serangan brutal mungkin terjadi," kata Zelenskyy dalam sebuah pidato video.

Dia telah memimpin perlawanan negaranya sejak pasukan Rusia menyerbu perbatasan dalam apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" untuk mendemiliterisasi tetangganya yang lebih kecil. Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan perang gaya kekaisaran yang tidak beralasan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Peringatan untuk Warga

Pihak berwenang mendesak orang-orang untuk menanggapi peringatan serangan udara dengan serius dan mencari perlindungan ketika sirene berbunyi.

"Kami berjuang melawan ancaman paling mengerikan bagi kenegaraan kami dan juga pada saat kami telah mencapai tingkat persatuan nasional terbesar," kata Zelenskyy dalam pidatonya.

Pemerintah kota Kiev melarang pertemuan publik besar-besaran hingga hari Kamis , karena khawatir kerumunan warga yang merayakan bisa menjadi sasaran serangan rudal Rusia.

"Mereka akan menerima tanggapan yang kuat ," kata Zelenskyy pada konferensi pers pada hari Selasa.

4 dari 4 halaman

Solidaritas

Sekutu Ukraina, termasuk Amerika Serikat - yang telah mengirim US$10,6 miliar bantuan keamanan dan berencana untuk mengirim US$3 miliar lagi bertepatan dengan Hari Kemerdekaan - juga prihatin dengan serangan Rusia.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya yakin Rusia akan menargetkan infrastruktur sipil dan pemerintah dalam beberapa hari mendatang. Warga AS harus meninggalkan Ukraina "sekarang", kata Kedutaan Besar AS.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dalam konferensi virtual pada hari Selasa untuk mengungkapkan solidaritas dengan pemerintah Kiev, mengatakan, "Tidak ada negara yang dapat menggambar ulang perbatasan negara lain dengan paksa."

"Kita harus terus meningkatkan biaya dan tekanan internasional pada Presiden Putin dan pendukungnya sampai hak-hak rakyat Ukraina dan negara berdaulat mereka dihormati," kata Blinken dalam sambutannya di Platform Krimea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.