Sukses

Kebakaran Hutan Meluas dan Suhu Terik di California, Pemadam Sulit Padamkan Api

Pemadam kebakaran di California kesulitan menangani kebakaran hutan yang meluas.

Liputan6.com, California - Kebakaran hutan yang bergerak cepat di California terus bertambah besar, kata petugas pemadam kebakaran, saat mereka berjuang melalui suhu yang terik.

Dilansir BBC, Senin (25/7/2022), Oak Fire sekarang telah membakar 15.603 hektar tanah dan masih "nol persen tidak terkendali", kata pemadam kebakaran California pada Minggu malam.

Namun pihaknya menambahkan bahwa aktivitas kebakaran tidak separah hari-hari sebelumnya, dan petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan.

Lebih dari 6.000 orang telah dievakuasi dan 10 bangunan hancur.

3.271 bangunan lebih lanjut - baik rumah maupun bisnis - berada di bawah ancaman, Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire) melaporkan.

Pada pertemuan masyarakat pada Minggu malam, seorang pejabat mengatakan mereka berharap kobaran api, yang dimulai pada Jumat, akan mulai dapat dipadamkan "segera". 

Keadaan darurat diumumkan di Mariposa County pada hari Sabtu, dan akan memungkinkan negara bagian untuk mengakses beberapa bantuan federal untuk mengatasi kebakaran.

Skala kobaran api menandai awal yang tidak menyenangkan untuk musim kebakaran California dan para pejabat telah memperingatkan bahwa kombinasi kekeringan, perubahan iklim, dan tumbuh-tumbuhan yang ditumbuhi tanaman merupakan tantangan yang signifikan dan meningkatkan kemungkinan api menyebar dengan cepat.

Sebagian besar Amerika Serikat terik melalui gelombang panas dan peringatan peringatan panas berlaku di lebih dari selusin negara bagian. Suhu di Mariposa County mencapai 100F (38C) pada hari Minggu, dan diperkirakan akan tetap tinggi selama beberapa hari ke depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebakaran Taman Nasional

Taman Nasional Yosemite, yang terletak di timur laut tempat Oak Fire menyala, adalah rumah bagi beberapa pohon sequoia terbesar dan tertua di dunia. 

Dinas Kehutanan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka mengambil tindakan darurat untuk melindungi pohon, termasuk menghilangkan vegetasi dataran rendah yang dapat memicu kebakaran dan tindakan lainnya.

Perubahan iklim meningkatkan risiko cuaca panas dan kering yang kemungkinan akan memicu kebakaran hutan. Dunia telah menghangat sekitar 1,1C sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

Beberapa pemerintah Eropa telah berjuang untuk menahan lusinan kebakaran hutan terpisah yang telah melanda benua itu dalam beberapa pekan terakhir.

3 dari 4 halaman

Kebakaran di Yunani

Sementara itu, Yunani pada Minggu (24 Juli) memerangi tiga kebakaran hutan di seluruh negeri yang memaksa ratusan orang mengungsi, karena suhu yang melonjak meningkatkan kekhawatiran akan lebih banyak kebakaran.

Negara ini berada dalam cengkeraman gelombang panas yang dimulai pada hari Sabtu dan diperkirakan akan berlangsung selama 10 hari. Temperatur diperkirakan naik hingga 42 derajat Celcius di beberapa wilayah.

Para ahli menyalahkan perubahan iklim atas kenaikan suhu - dan memperingatkan bahwa yang lebih buruk belum datang.

Kebakaran berkobar di utara, timur dan selatan Yunani termasuk di pulau Lesbos.

Para pejabat memerintahkan evakuasi sekitar 200 orang pada Minggu sore dari desa Vryssa di Lesbos ketika api semakin mendekat, sekitar 500m dari rumah-rumah, kata wakil walikota Lesbos barat kepada radio Skai.

4 dari 4 halaman

Dampak Kebakaran

Kebakaran terjadi sehari sebelumnya, menyebabkan ratusan turis dan penduduk mengungsi dari desa tepi pantai Vatera.

Setidaknya empat rumah hancur, TV pemerintah ERT melaporkan, dan kebakaran merusak sejumlah toko, hotel, dan bar pantai yang tidak diketahui jumlahnya di desa tersebut.

Puluhan petugas pemadam kebakaran pada Minggu pagi berteriak-teriak untuk mengendalikan kobaran api, dengan empat pesawat yang menjatuhkan air dan dua helikopter beroperasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.