Sukses

Rusia Klaim Ubah Strategi Militer di Ukraina Akibat Pasokan Senjata Jarak Jauh Barat

Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah Rusia, Menlu Sergei Lavrov menyiratkan bahwa strategi Moskow telah berubah setelah Barat memasok Ukraina dengan senjata jarak jauh.

Liputan6.com, Mskow - Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah Rusia, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov menyiratkan bahwa strategi Moskow telah berubah setelah Barat memasok Ukraina dengan senjata jarak jauh.

"Fokus militer Rusia di Ukraina tidak lagi "hanya" di timur negara itu," kata Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov seperti dikutip dari BBC, Kamis (21/7/2022).

Rusia sekarang harus mendorong pasukan Ukraina lebih jauh dari garis depan untuk memastikan keamanannya sendiri, jelasnya.

AS sebelumnya menuduh Rusia bersiap untuk mencaplok sebagian Ukraina.

Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari, mengklaim secara salah bahwa penutur bahasa Rusia di wilayah Donbas timur Ukraina telah mengalami genosida dan perlu dibebaskan.

Lima bulan kemudian, Rusia telah menduduki bagian timur dan selatan negara itu, tetapi gagal dalam tujuan awalnya untuk merebut Kiev dan sejak itu mengklaim bahwa tujuan utamanya adalah pembebasan Donbas.

Sejak Februari, Barat telah memasok Ukraina dengan senjata yang semakin kuat untuk digunakan dalam pertahanannya melawan pasukan Rusia.

Menlu Lavrov mengatakan bahwa telah memaksa Rusia untuk memperluas tujuannya lebih lanjut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senjata Jarak Jauh Pasokan AS

Menlu Lavrov mengatakan tak akan tinggal diam dengan senjata yang mengancam wilayahnya.

"Kami tidak bisa membiarkan bagian dari Ukraina yang dikendalikan oleh [Presiden Ukraina Volodymyr] Zelensky ... memiliki senjata yang akan menimbulkan ancaman langsung ke wilayah kami," kata Lavrov dalam wawancara dengan Margarita Simonyan - seorang komentator terkenal di Rusia TV dan pemimpin redaksi penyiar RT.

"Geografinya berbeda sekarang," katanya lagi, menyebut wilayah selatan Kherson dan Zaporizhzhia sebagai tujuan terbaru Rusia. Pasukan Moskow sudah menduduki sebagian dari kedua wilayah tersebut.

Lavrov secara khusus merujuk pada sistem roket jarak jauh Himars - yang baru-baru ini dipasok oleh AS - yang telah berhasil dilakukan Ukraina.

Selama dua hari berturut-turut pasukan Ukraina telah menggunakan Himars untuk menghantam sebuah jembatan kunci yang strategis di Kherson yang diduduki, kata laporan-laporan.

Jembatan Antonivskyi adalah salah satu dari dua jembatan yang diandalkan Rusia untuk memasok wilayah yang telah direbutnya di tepi barat sungai Dnipro, termasuk Kota Kherson.

Menteri luar negeri Rusia itu menggambarkan tindakan Barat dalam memberikan senjata ke Ukraina sebagai "kemarahan yang tak berdaya" dan "keinginan untuk memperburuk keadaan".

 

3 dari 4 halaman

Rencana Aneksasi Rusia

Ekspansi jelas dari tujuan Rusia juga dicatat pada hari Selasa oleh juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby, yang mengatakan Rusia sudah membuat rencana untuk mencaplok sebagian besar wilayah Ukraina.

Dia menuduh Moskow menggunakan "buku pedoman" serupa untuk pengambilalihan Krimea, ketika mencaplok semenanjung Ukraina dengan menyelenggarakan referendum palsu pada tahun 2014.

Kirby mengatakan Rusia memasang pejabat pro-Rusia tidak sah untuk menjalankan wilayah pendudukan Ukraina. "Administrasi" baru ini kemudian akan menyelenggarakan referendum lokal untuk menjadi bagian dari Rusia, mungkin paling cepat September.

Hasil pemungutan suara akan digunakan oleh Rusia "untuk mencoba mengklaim pencaplokan wilayah Ukraina yang berdaulat", kata Kirby.

Krimea dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014 setelah referendum yang diselenggarakan dengan tergesa-gesa - dipandang ilegal oleh komunitas internasional, di mana para pemilih memilih untuk bergabung dengan Rusia.

Banyak pendukung Kiev memboikot pemungutan suara dan kampanye itu tidak bebas dan tidak adil.

Pemungutan suara serupa yang diadakan di bagian lain Ukraina hampir pasti akan melihat situasi yang sama, dengan setiap oposisi untuk bergabung dengan Rusia sebagian besar ditekan.

Kirby mengatakan dia "mengekspos" rencana Rusia "sehingga dunia tahu bahwa setiap pencaplokan yang diklaim direncanakan, ilegal dan tidak sah", dan berjanji akan ada tanggapan cepat dari AS dan sekutunya.

Daerah yang ditargetkan untuk aneksasi termasuk Kherson, Zaporizhzhia, Donetsk dan Luhansk, katanya - daerah yang sama yang dikatakan Lavrov sekarang menjadi tujuan Rusia.

4 dari 4 halaman

Ibu Negara Ukraina ke Gedung Putih, Pidato dan Tunjukkan Foto Bocah Korban Perang

Sementara itu, Ibu negara Ukraina Olena Zelenska pada hari Rabu 20 Juli 2022 melawat ke Gedung Putih. Dalam kesempatan berpidato, ia menyerukan langsung kepada anggota Kongres AS agar negaranya diberi lebih banyak sistem pertahanan udara guna membantu mengamankan wilayah udaranya.

Dalam pidato di depan anggota Kongres itu Olena Zelenska tanpa ragu memperlihatkan kereta bayi yang berlumuran darah dan tubuh-tubuh kecil yang tidak bernyawa akibat pemboman oleh Rusia. Korban perang Rusia versus Ukraina.

"Kami tidak menginginkan serangan udara lagi. Jangan ada lagi serangan rudal," kata Zelenska kepada anggota kongres dari Partai Republik dan Demokrat seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (21/7/2022).

Ini merupakan acara puncak dari lawatan ibu negara Ukraina ke Washington, mewakili suaminya Presiden Volodymyer Zelensky.

"Apakah permintaan ini terlalu banyak? Ini yang saya dan suami saya minta," katanya dari panggung di auditorium Gedung Capitol.

Selama di AS, Zelenska bertemu ibu negara Jill Biden, Presiden Joe Biden, dan petinggi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.