Sukses

2 Penjaga Misi Perdamaian PBB di Mali Utara Tewas Terkena Ledakan Ranjau

Petugas dari Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Mali (MINUSMA) tewas.

Liputan6.com, Jakarta - Dua penjaga perdamaian Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Mali (MINUSMA) tewas dan lima lainnya terluka akibat ledakan ranjau di Mali utara.

MINUSMA mengatakan hal tersebut pada Selasa (5/7/2022) dalam sebuah pernyataan.

Tragedi itu terjadi ketika sebuah kendaraan lapis baja dari konvoi logistik PBB menabrak ranjau di rute dari Tessalit ke Gao, kata pernyataan itu, seraya menambahkan pasukan intervensi cepat dikirim ke lokasi tersebut.

MINUSMA mengutuk keras serangan tersebut dengan mengatakan bahwa itu mungkin merupakan kejahatan perang di bawah hukum internasional.

Mereka juga menyatakan keprihatinan atas "seringnya penggunaan alat peledak improvisasi yang dimaksudkan untuk melumpuhkan operasi misi PBB dan untuk menghalangi kembalinya perdamaian dan stabilitas di Mali," kata pernyataan itu.

Kepala MINUSMA El-Ghassim Wane memberikan penghormatan kepada pasukan penjaga perdamaian "yang tewas dalam pelayanan perdamaian di Mali dalam pencapaian misi mereka."

MINUSMA pada 27 Mei melaporkan kehilangan 258 pasukan penjaga perdamaian sejak didirikan di Mali pada 2013.

Ratusan Warga Sipil Mali Tewas dalam Serangan Kelompok Bersenjata

Lebih dari 100 warga sipil tewas dalam serangan oleh tersangka pemberontak bersenjata di Mali tengah. Anggota kelompok bersenjata Katiba Macina menyerang setidaknya tiga desa di komune pedesaan Bankass, wilayah Mopti tengah Mali, pada Sabtu malam. 

Dilansir laman Al Jazeera, Selasa 21 Juni 2022, setidaknya 132 warga sipil tewas dan beberapa pelaku telah diidentifikasi, menurut pemerintah Mali dalam sebuah pernyataan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Organisasi Terafiliasi dengan al-Qaeda

Warga sipil "dibunuh dengan dingin oleh pejuang Macina Katiba dari Amadou Kouffa", sebuah organisasi yang berafiliasi dengan al-Qaeda.

Pembunuhan itu terjadi di Diallassagou dan dua desa terdekat, Diaweli dan Dessagou, di Mali tengah, yang telah lama terperosok dalam ketidakamanan.

"Penyelidik berada di tempat hari ini untuk mencari tahu persis apa yang terjadi," kata Moulaye Guindo, walikota Bankass kepada kantor berita The Associated Press.

Mali dan wilayah Sahel tengah selama berbulan-bulan menghadapi serangkaian pembantaian sipil yang dituduhkan dilakukan oleh kelompok-kelompok bersenjata.

3 dari 4 halaman

Diserang Kelompok Ekstremis

Dalam insiden terpisah, seorang penjaga perdamaian PBB meninggal pada hari Minggu karena luka-luka yang diderita dari alat peledak rakitan, misi PBB untuk Mali mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kepala Misi PBB untuk Mali, El-Ghassim Wane, mengatakan bahwa sejak awal tahun 2022, beberapa serangan telah menewaskan pasukan penjaga perdamaian berseragam PBB .

Dia mengatakan bahwa serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian dapat merupakan kejahatan perang di bawah hukum internasional dan menegaskan kembali komitmen misi untuk mendukung perdamaian dan keamanan di Mali.

Sejak awal tahun, beberapa ratus warga sipil tewas dalam serangan di Mali tengah dan utara.

Serangan-serangan itu dipersalahkan pada pemberontak bersenjata serta tentara Mali, menurut sebuah laporan oleh divisi hak asasi manusia dari misi PBB di Mali, yang dikenal sebagai MINUSMA.

Misi penjaga perdamaian PBB di Mali dimulai pada 2013, setelah Prancis memimpin intervensi militer untuk menyingkirkan pemberontak yang telah mengambil alih kota-kota besar dan kota-kota besar di Mali utara tahun sebelumnya.

Misi tersebut sekarang memiliki sekitar 12.000 tentara di Mali dan tambahan 2.000 polisi dan petugas lainnya. Lebih dari 270 penjaga perdamaian tewas di Mali, menjadikannya misi penjaga perdamaian paling mematikan di PBB, kata para pejabat.

4 dari 4 halaman

Serangan Kelompok Bersenjata Lainnya

Selain di Mali, insiden berdarah juga terjadi di Burkina Faso.

Sedikitnya 22 warga sipil tewas Minggu malam dalam serangan oleh orang-orang bersenjata di barat laut Burkina Faso, kata pemerintah, Senin.

"Jumlah korban sementara dari serangan pengecut dan biadab itu mencapai 22 orang tewas, beberapa luka-luka dan kerugian material," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, demikian dikutip dari laman Xinhua, Selasa (5/7/2022).

Serangan itu dilakukan di komune Bourasso, provinsi Kossi, wilayah Boucle du Mouhoun, di barat laut negara itu.

Menurut gubernur wilayah Boucle du Mouhoun, pasukan pertahanan dan keamanan telah dikerahkan di daerah itu untuk melakukan operasi penyisiran dan keamanan.

Keamanan di Burkina Faso telah memburuk sejak 2015 karena serangan telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan membuat lebih dari 1,9 juta orang mengungsi di negara Afrika Barat itu.

41 Orang Tewas pada Desember 2021

Sementara itu, 41 orang dilaporkan tewas dalam penyergapan yang dilakukan oleh teroris bersenjata terhadap kelompok pejuang sipil dari the homeland defense volunteers (VDP), di Provinsi Lorum utara Burkina Faso.

Insiden mengerikan tersebut dikonfirmasi oleh juru bicara pemerintah Alkassoum Maiga dalam sebuah pernyataan, demikian dikutip dari laman Xinhua.

Menurut sumber yang sama, proses mencari tahu identifikasi dari para korban masih dilakukan oleh gendarmerie nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.