Sukses

Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka untuk Indonesia datang dari Ukraina. Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia pada Kamis 12 Mei pukul 21.50 WIB.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan Ghafur meninggal dunia karena sakit. Dubes Ghafur mengembuskan nafas terakhirnya dalam usia 58 tahun.

"Almarhum adalah diplomat senior Indonesia yang telah mendedikasikan kerja dan karyanya untuk negara dan bangsa," kata Faizasyah di Jakarta, Jumat (14/5/2022).

Saat menjabat sebagai Dubes RI untuk Ukraina, Ghafur telah berjasa dalam membantu evakuasi WNI ketika invasi Rusia dan menjaga kepentingan Indonesia selama masa yang sangat sulit di Ukraina.

"Almarhum terus menjalankan tugas-tugasnya sebagai duta besar secara paripurna hingga saat-saat terakhir. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini," tutur Faizasyah.

Sebelum menjabat sebagai Dubes RI untuk Ukraina, Ghafur pernah berkarir sebagai Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Konsul Jenderal RI di New York, Amerika Serikat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pimpin Evakuasi WNI di Ukraina dari Invasi Rusia

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Ghafur Dharmaputra, berhasil memimpin evakuasi WNI yang terjebak di invasi Rusia. Pada Senin (28/2), para WNI di Kiev berhasil dibawa ke luar Ukraina. 

Berdasarkan informasi KBRI Kiev, Selasa (1/3/2022), peserta evakuasi adalah 59 WNI dan satu warga Ukraina. Mereka telah berlindung di KBRI selama lima hari. 

Evakuasi sulit dilakukan karena begitu banyak kerusakan infrastruktur dan bahaya di medan pertempuran. Pihak KBRI Kiev akhirnya bergerak di tengah upaya negosiasi gencatan senjata antara Ukraina dan Rusia.

KBRI Kiev mengevakuasi WNI menuju Moldova, sebelum masuk ke Rumania. 

"Dipimpin oleh Dubes RI Kiev, Ghafur Dharmaputra dengan dukungan seluruh Tim KBRI Kiev dan Atase Pertahanan RI Warsawa yang terakreditasi di Kiev, Adi Triady, evakuasi dilakukan dengan konvoi 7 mobil jalan darat menuju perbatasan Ukraina dan Moldova. Jarak yang ditempuh dari Kiev ke perbatasan Moldova sekitar 330 KM, melewati 10 checkpoints," jelas pihak KBRI Kiev dalam keterangan tertulisnya.

Begitu tiba di perbatasan Ukraina-Moldova, para WNI dan Tim Evakuasi KBRI Kiev bertemu dengan tim evakuasi dari KBRI Bucharest untuk kemudian serah terima untuk membawa WNI ke Bucharest, Rumania.