Sukses

Rusia Pastikan Bakal Menarik Diri dari Stasiun Ruang Angkasa ISS

Rusia mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menarik diri dari Stasiun Luar Angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia telah mengkonfirmasi akan menarik diri dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), paling cepat pada 2024. Keputusan itu karena sanksi yang dikenakan pada Rusia setelah invasi ke Ukraina.

"Keputusan telah dibuat, kami tidak berkewajiban untuk membicarakannya secara terbuka," kata Dmitry Rogozin, direktur jenderal badan antariksa federal Roscosmos, kepada saluran TV Rossiya-24 milik negara, menurut kantor berita independen Rusia TASS.

Dilansir laman Live Science, Jumat (6/5/2022), Rogozin tidak mengatakan kapan keterlibatan Rusia dalam proyek ISS akan berakhir, meskipun ia menegaskan itu akan memberikan pemberitahuan setidaknya satu tahun "sesuai dengan kewajiban kami." 

Analis ruang angkasa Rusia telah mencatat bahwa Rusia tidak pernah setuju untuk memperpanjang keterlibatannya di ISS setelah tahun 2024. Sementara itu, Badan antariksa AS NASA dan mitra internasional lainnya sekarang menginginkan proyek tersebut diperpanjang setidaknya hingga 2030.

Rogozin, seorang politisi berpengalaman yang memiliki hubungan dekat dengan presiden Rusia Vladimir Putin, memiliki sejarah membuat pernyataan yang keras. 

Dia memposting di Twitter pada 24 Februari - sehari setelah Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina - bahwa sanksi internasional apa pun terhadap Rusia yang dijatuhkan atas invasi Ukraina akan "menghancurkan" kemitraan antara NASA dan Roscosmos yang membuat stasiun ruang angkasa tetap beroperasi dan tetap tinggi.

Dan dia menegaskan kembali komentar itu bahwa hubungan normal antara mitra ISS hanya dapat dipulihkan setelah "pencabutan sanksi ilegal sepenuhnya dan tanpa syarat."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misi Stasiun Luar Angkasa

Modul pertama Stasiun Luar Angkasa Internasional didorong ke orbit pada tahun 1998, dan diharapkan hanya bertahan 15 tahun.

Misi stasiun luar angkasa sejak itu telah diperpanjang, meskipun masalah pemeliharaan — terutama di separuh stasiun luar angkasa Rusia — telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir ; dan para ahli telah memperingatkan bahwa beberapa modul ISS semakin tua, NBC News melaporkan .

AS dan Rusia adalah mitra utama dalam proyek ISS, yang dimulai setelah mereka bekerja sama pada tahap terakhir stasiun ruang angkasa Mir pada 1990-an, menurut NASA.

Secara historis, AS terutama bertanggung jawab untuk memberikan dukungan kehidupan hingga 10 orang yang tinggal di ISS pada satu waktu, dan Rusia terutama bertanggung jawab untuk menjaga ISS di orbit, dengan ledakan reguler dari mesin Soyuz. pesawat ruang angkasa berlabuh di sana.

Rusia juga mengontrol akses ke ISS selama beberapa tahun karena hanya Soyuz-nya yang terbang ke sana setelah Pesawat Ulang-alik AS mengakhiri operasinya pada 2011; tetapi munculnya pesawat ruang angkasa pengangkut penumpang baru seperti SpaceX Dragon berarti itu tidak lagi terjadi.

3 dari 4 halaman

Menarik Diri dari ISS

Pakar luar angkasa juga telah mencatat bahwa NASA sekarang sedang menguji kemampuannya untuk menjaga ISS di orbit dengan ledakan dari mesin pesawat ruang angkasa kargo Cygnus, yang diproduksi dan diluncurkan oleh perusahaan kedirgantaraan AS Northrop Grumman - yang berarti bahwa keterlibatan Rusia di ISS mungkin tidak lagi dibutuhkan.

Komentar terbaru Rogozin tampaknya menyiratkan bahwa Rusia dapat segera memberikan pemberitahuan dan mulai menarik diri dari proyek ISS. 

Tetapi aktivitas di stasiun luar angkasa relatif normal sejak dia membuat komentar awalnya, termasuk kedatangan tiga kosmonot Rusia pada pertengahan Maret, situs saudara Live Science Space.com melaporkan .

TASS juga melaporkan komentar yang dibuat Rogozin sehari lebih awal dari wawancara televisinya, yang tampaknya menunjukkan bahwa keputusan apa pun tentang nasib proyek ISS belum final.

"Keputusan mengenai masa depan ISS akan sangat bergantung pada situasi yang berkembang baik di Rusia maupun di sekitarnya," katanya kepada kantor berita itu dalam wawancara pada Jumat, 29 April.

Dia juga mengatakan proposal Roscosmos untuk kerjasama proyek ISS setelah 2024 telah dikirim ke pemerintah Rusia dan Presiden Putin.

4 dari 4 halaman

Uji Penerbangan Rusia

Dalam cerita lain di TASS pada hari yang sama, Rogozin mengatakan bahwa Rusia akan mulai menguji penerbangan "satu orbit" ke ISS oleh pesawat ruang angkasa Soyuz pada tahun 2023 dan 2024 – sebuah perjalanan yang biasanya membutuhkan pesawat ruang angkasa untuk membuat setidaknya empat orbit Bumi. 

Jadwal itu juga tampaknya tidak cocok dengan pernyataan bahwa keterlibatan Rusia dalam proyek ISS sudah dekat.

Bagaimanapun, Rusia sudah memiliki rencana lanjutan untuk membangun stasiun luar angkasa penerus ISS, menurut Space.com .

Modul pertama, yang sedang dibangun oleh perusahaan Energia, akan menelan biaya setidaknya $5 miliar dan dapat mengorbit segera pada tahun 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.