Sukses

Israel Serbu Warga Palestina di Al Aqsa, Lebanon Lancarkan Serangan

Insiden yang jarang terjadi di perbatasan Israel-Lebanon itu muncul menyusul bentrokan selama dua minggu terakhir antara warga Palestina dan polisi Israel di kompleks masjid Al Aqsa.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Selama dua pekan terakhir, bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel terjadi di Al Aqsa.

Sebuah proyektil pun ditembakkan dari Lebanon menghantam area terbuka di Israel pada Senin (25/4/2022), dan artileri Israel membalasnya dengan menargetkan area tempat serangan itu diluncurkan, kata militer Israel.

Insiden yang jarang terjadi di perbatasan Israel-Lebanon itu muncul menyusul bentrokan selama dua minggu terakhir antara warga Palestina dan polisi Israel di kompleks masjid Al Aqsa di Yerusalem yang telah memicu kemarahan Arab dan kekhawatiran internasional.

Faksi-faksi kecil Palestina di Lebanon telah menembaki Israel secara sporadis di masa lalu.

Di Twitter, militer Israel mengatakan tidak ada sirene yang dibunyikan dan tidak ada peringatan yang diumumkan di Israel utara ketika proyektil, yang tidak disebutkan dalam unggahannya, menghantam. Sistem pertahanan antirudal Israel biasanya tidak serta merta mencegat proyektil itu jika tampaknya mengarah ke daerah-daerah yang tidak berpenghuni.

Ketika menanggapi serangan itu, artileri Israel "menargetkan sumber peluncuran," kata militer Israel, tanpa memberikan perincian lebih lanjut, seperti dilansir Antara. Sebagian besar perbatasan utara Israel tenang sejak perang 2006 melawan gerilyawan Hizbullah, yang menguasai Lebanon selatan dan gudang roket canggih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Israel Serbu Al Aqsa

Polisi Israel dengan perlengkapan anti huru hara menyerbu sebuah situs suci Yerusalem yang sensitif bagi umat Yahudi dan Muslim pada Jumat 22 April setelah para pemuda Palestina melemparkan batu ke sebuah gerbang tempat aparat berjaga.

Kekerasan terkini itu terjadi meskipun Israel menghentikan sementara kunjungan keagamaan Yahudi, yang dilihat Palestina sebagai provokasi. Petugas medis mengatakan puluhan warga Palestina terluka sebelum bentrokan mereda beberapa jam kemudian.

Warga Palestina dan polisi Israel sering kali bentrok di lokasi itu selama seminggu terakhir menyusul serangkaian serangan mematikan di Israel dan serangan penangkapan di Tepi Barat yang diduduki Israel. Tiga roket telah ditembakkan ke Israel dari Jalur Gaza, yang dikendalikan oleh kelompok militan Islam Hamas.

Serangkaian peristiwa telah menimbulkan kekhawatiran akan terulangnya tragedi tahun lalu. Saat itu protes dan kekerasan di Yerusalem akhirnya memuncak sehingga memicu perang selama 11 hari antara Israel dan pihak Hamas, dan kekerasan komunal terjadi di kota-kota campuran Israel.

Pemuda Palestina melemparkan batu ke arah polisi di gerbang yang mengarah ke kompleks Masjid al-Aqsa, menurut dua saksi Palestina yang berbicara dengan syarat anonim karena masalah keamanan. Polisi, dengan perlengkapan anti huru hara lengkap, kemudian memasuki kompleks, menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah pemuda-pemuda tersebut.

3 dari 4 halaman

Aksi Lempar Batu

Polisi Israel mengatakan orang-orang Palestina, beberapa membawa bendera Hamas, telah mulai menimbun batu dan mendirikan benteng kasar sebelum fajar. Polisi mengatakan bahwa setelah lemparan batu dimulai, mereka menunggu sampai setelah salat subuh sebelum memasuki kompleks.

Beberapa orang Palestina yang lebih tua mendesak para pemuda untuk berhenti melempar batu tetapi diabaikan. Selain melemparkan batu, puluhan pemuda bertopeng juga melemparkan kembang api ke polisi. Sebuah pohon terbakar di dekat gerbang tempat bentrokan dimulai. Polisi mengatakan kebakaran itu dipicu oleh kembang api yang dilemparkan orang-orang Palestina.

Kekerasan mereda di pagi hari setelah kelompok lain yang terdiri dari puluhan warga Palestina mengatakan mereka ingin membersihkan daerah itu menjelang salat Jumat, yang dihadiri oleh puluhan ribu jamaah Muslim. Polisi mundur ke gerbang dan lemparan batu berhenti.

Layanan medis Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan setidaknya 31 warga Palestina terluka, termasuk 14 orang dibawa ke rumah sakit. Seorang polisi perempuan dipukul di wajahnya dengan batu dan dibawa untuk perawatan medis, kata polisi.

4 dari 4 halaman

Kota Suci

Masjid al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Lapangan terbuka yang luas tempat masjid tersebut dibangun adalah situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya sebagai Temple Mount karena itu adalah lokasi dua kuil Yahudi di zaman dahulu. Situs tersebut terletak di jantung konflik Israel-Palestina dan bentrokan di sana sering memicu kekerasan di tempat lain.

Warga Palestina dan negara tetangga Yordania, penjaga situs tersebut, menuduh Israel melanggar pengaturan lama dengan mengizinkan semakin banyak orang Yahudi mengunjungi situs tersebut di bawah pengawalan polisi.

Kota Tua berada di Yerusalem timur, yang direbut Israel bersama Tepi Barat dan Gaza dalam perang Timur Tengah 1967. Israel mencaplok Yerusalem timur dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional dan menganggap seluruh kota sebagai ibu kotanya. Palestina ingin menjadi negara merdeka dan melirik Yerusalem timur sebagai ibu kota mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.