Sukses

Shanghai Pertahankan Aturan Pembatasan Ketat hingga Lockdown Akibat Tingginya Kasus COVID-19

Otoritas Shanghai terus mempertahankan aturan ketat di tengah tingginya kasus COVID-19.

Liputan6.com, Shanghai - Pihak berwenang Shanghai mengatakan pada Kamis (21 April) bahwa pembatasan ketat akan tetap berlaku untuk saat ini bahkan di distrik-distrik yang berhasil memotong penularan COVID-19 menjadi nol, karena jumlah kasus di luar area karantina di seluruh kota meningkat lagi.

Penilaian yang bijaksana itu datang setelah pejabat kesehatan awal pekan ini telah memicu harapan beberapa orang akan kembali normal dengan mengatakan bahwa tren dalam beberapa hari terakhir menunjukkan Shanghai telah "secara efektif membatasi penularan". Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (21/4/2022).

Distrik pusat Jingan, rumah bagi hampir 1 juta orang dan beberapa mal paling mencolok di kota itu, pada Kamis pagi, mengatakan tidak akan lagi mengizinkan penduduk keluar dari kompleks perumahan mereka dengan alasan risiko pertemuan besar.

Pada konferensi pers reguler, wakil gubernur Distrik Chongming, daerah pulau terpencil, mengatakan sebagian besar pembatasan akan diberlakukan, meskipun telah melaporkan nol kasus di luar daerah karantina dan 90 persen dari 640.000 atau lebih penduduknya sekarang secara teori diizinkan untuk meninggalkan rumah mereka.

Supermarket akan tetap tutup untuk pembeli, kendaraan tidak akan diizinkan di jalan tanpa persetujuan, dan hanya satu orang dari setiap rumah tangga yang diizinkan meninggalkan rumah setiap hari di beberapa kota di Chongming, kata wakil gubernur Zhang Zhitong.

"Bagi mereka yang berada di daerah pencegahan, kita harus terus memastikan bahwa mereka tidak menjadi daerah 'bebas terbang'," katanya, merujuk pada lingkungan di mana penduduk diizinkan meninggalkan kompleks perumahan mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lonjakan Kematian

Shanghai melaporkan 15.861 kasus virus corona tanpa gejala lokal baru pada hari Rabu, turun dari 16.407 sehari sebelumnya. Kasus bergejala mencapai 2.634, naik dari 2.494.

Ada 441 kasus baru di luar area karantina, naik dari 390 sehari sebelumnya.

Sebuah video interaksi tegang antara seorang warga distrik Jingan dan seorang pejabat komite lingkungan beredar luas di media sosial China pada Rabu malam.

Penduduk bertanya berulang kali mengapa dia tidak bisa pergi ke luar meskipun tinggal di daerah di mana meninggalkan rumah diperbolehkan, hanya untuk menerima jawaban yang sama: "Sudah kubilang kami mendapat pemberitahuan." Reuters tidak dapat memverifikasi keaslian video tersebut.

Delapan orang dengan COVID-19 meninggal di Shanghai pada hari Rabu, kata pihak berwenang, sehingga jumlah kematian akibat wabah saat ini menjadi 25 - semuanya tercatat dalam empat hari terakhir.

Namun, banyak penduduk mengatakan bahwa seorang anggota keluarga telah meninggal setelah tertular COVID-19 sejak awal Maret, tetapi kasus-kasus tersebut tidak dimasukkan dalam statistik resmi, sehingga menimbulkan keraguan atas keakuratannya.

Pemerintah Shanghai tidak menanggapi pertanyaan mengenai jumlah korban tewas.

3 dari 4 halaman

Lockdown Ketat

Media pemerintah melaporkan pada hari Kamis bahwa pemerintah Shanghai sedang menyelidiki tiga pejabat rumah duka karena menolak memberikan layanan pemakaman menggunakan COVID-19 sebagai alasan.

Shanghai memerintahkan hampir semua penduduk untuk tinggal di rumah pada awal April setelah kasus COVID-19 mulai melonjak. Penduduk menghadapi kehilangan pendapatan, kesulitan mendapatkan makanan , perpisahan keluarga dan kondisi karantina yang buruk.

Dengan meningkatnya frustrasi publik, pejabat kota mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan melihat keluhan yang dibuat oleh penduduk atas kualitas dan tanggal kedaluwarsa produk seperti daging bebek dan minyak goreng yang disediakan dalam paket ransum pemerintah.

Dengan sebagian besar penduduk Shanghai terjebak di rumah, Kamar Dagang Uni Eropa memperkirakan bahwa ada 40 persen hingga 50 persen lebih sedikit truk yang tersedia dan kurang dari 30 persen tenaga kerja Shanghai memenuhi syarat untuk kembali bekerja.

Regulator perbankan dan asuransi Shanghai mendesak bank pada hari Kamis untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan yang melanjutkan pekerjaan. 

4 dari 4 halaman

Desak Peningkatan Pengujian

Otoritas Shanghai pada Selasa (19 April) memohon kerja sama publik dengan dorongan baru besar-besaran untuk menguji sebagian besar populasi untuk COVID-19 ketika kota itu meningkatkan upaya untuk menurunkan transmisi komunitas ke nol setelah hampir tiga minggu menjalani masa lockdown.

Permohonan itu datang karena beberapa orang menolak untuk bergabung dalam antrian pengujian PCR karena kelelahan setelah berminggu-minggu dengan persyaratan seperti itu, atau takut bahwa berada di dalam antrian justru menempatkan mereka pada risiko infeksi yang lebih besar. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (20/4/2022)

Warga berbagi cerita di media sosial tentang bus yang padat dari rumah mereka dan dikirim ke karantina, termasuk bayi dan orang tua.

Pihak berwenang berada di bawah tekanan dari Beijing untuk mempercepat transfer kasus positif dan kontak dekat mereka ke pusat karantina.

Hal ini pun memicu kecemasan di masyarakat tentang tindakan kejam yang dirancang untuk sepenuhnya menghentikan penyebaran virus daripada hanya memperlambatnya.

China, tempat virus corona pertama kali diidentifikasi di pusat kota Wuhan pada akhir 2019, telah memilih kebijakan "tanpa toleransi", daripada mencoba hidup dengan virus di masyarakat.

"Dengan melakukan beberapa putaran pengujian PCR berturut-turut, kami akan dapat secara dinamis mendeteksi kasus positif sedini mungkin, karena ini akan membantu kami mencapai nol COVID di tingkat komunitas lebih cepat," kata pejabat kesehatan kota Hu Xiaobo.

Sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Shanghai bertujuan untuk menghentikan penyebaran COVID-19 di luar area karantina pada hari Rabu. 

Target tersebut menandai titik balik ketika dicapai oleh kota-kota China lainnya yang terkunci, memungkinkan mereka untuk lebih mengurangi pembatasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.