Sukses

Profil Singkat Lawrence Wong yang Disebut Bakal Jadi PM Singapura

Berikut adalah delapan hal yang perlu diketahui tentang profil singkat Lawrence Wong yang kini berusia 49 tahun dan disebut sebagai penerus PM Singapura Lee Hsien Loong.

Liputan6.com, Singapura - Menteri Keuangan Lawrence Wong pada Kamis (14 April 2022) disahkan sebagai pemimpin tim generasi keempat (4G) People's Action Party's / PAP (Partai Aksi Rakyat) yang berkuasa di Singapura. Mengakhiri spekulasi berbulan-bulan mengenai identitas perdana menteri Singapura berikutnya.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Sabtu 16 April 2022 mengadakan konferensi pers untuk menguraikan bagaimana Menteri Keuangan Lawrence Wong dipilih sebagai pemimpin tim generasi keempat (4G) PAP.

"Rencananya Lawrence menggantikan saya sebagai PM, baik sebelum atau sesudah (jika PAP menang) Pemilihan Umum berikutnya. Itu jatuh tempo pada 2025 dan pasti akan menjadi pertarungan yang sulit," kata Lee dalam posting media sosial, Sabtu 16 April 2022.

Lee, yang ayahnya Lee Kuan Yew adalah pemimpin kemerdekaan negara pulau itu, telah menjadi PM Singapura sejak 2004.

Stabilitas telah lama menjadi salah satu kekuatan utama Singapura yang kaya, menjadikannya surga bagi investor dan bisnis di kawasan di mana pergolakan politik tidak jarang terjadi.

Lawrence Wong yang membantu mengarahkan negara-kota Asia Tenggara itu melalui pandemi COVID-19 sebagai ketua bersama satuan tugas pemerintah, telah diperkirakan oleh para analis sebagai calon penerus Lee yang berusia 70 tahun.

Suksesi kepemimpinan di negara itu, yang diatur oleh PAP sejak kemerdekaannya tahun 1965, biasanya merupakan urusan yang direncanakan dengan hati-hati.

Berikut adalah delapan hal yang perlu diketahui tentang profil Lawrence Wong yang kini berusia 49 tahun dan menjadi penerus Perdana Menteri Lee Hsien Loong, dikutip dari Straits Times, Minggu (17/4/2022):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Keluarga Biasa dari Marine Parade Housing Board

Lawrence Wong dibesarkan dalam apa yang dia gambarkan sebagai ordinary family atau keluarga biasa di kawasan Marine Parade Housing Board.

Ayahnya, yang meninggal pada Agustus tahun 2021 lalu pada usia 86 tahun, lahir di Pulau Hainan China dan pergi ke Ipoh di Malaysia saat masih kecil. Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, ayah Wong pindah ke Singapura untuk bekerja di bagian penjualan di Sime Darby.

Di Singapura sang ayah menikahi ibunya, yang sekarang berusia 82 tahun.

Sang ibu mulai bekerja pada usia sembilan tahun - membantu mencuci pakaian tetangga dan merawat bayi mereka - sambil mengganggu orang tuanya yang awalnya enggan untuk membiarkan dia pergi ke sekolah, melawan bias gender saat itu. Dia akhirnya menjadi guru dan mengajar selama 40 tahun.

Lawrence Wong juga memiliki saudara laki-laki, lebih tua dua tahun, yang adalah seorang insinyur kedirgantaraan di DSO Laboratories.

2. Masa Kecil Bersekolah Biasa Bukan Elite

Menteri Keuangan Lawrence Wong yang disebut-sebut bakal menggantikan PM Singapura. (AP)

Lawrence Wong menghadiri taman kanak-kanak PAP Community Foundation (PCF) di Marine Parade sebelum pergi ke Sekolah Dasar Haig Boys, tempat ibunya mengajar.

Dia mengingatnya sebagai seorang pendisiplin baik di sekolah maupun di rumah, dan bagaimana hal itu memberinya "rasa tanggung jawab yang kuat". Itu juga mendarah daging dalam dirinya, etos untuk memastikan dia melakukan sesuatu dengan baik begitu dia berkomitmen untuk itu.

Di sekolah, Pak Wong lebih merupakan sosok kutu buku daripada sporty. Dia akan nongkrong di perpustakaan Marine Parade yang lama untuk meminjam buku-buku fiksi ilmiah dan buku-buku gitar.

Setelah dari Haig Boys, ia melanjutkan ke Sekolah Teknik Menengah Tanjong Katong. Wong telah berbicara tentang orang-orang yang bertanya kepadanya mengapa dia tidak pergi ke sekolah "elite" seperti Institusi Raffles sebagai gantinya.

Dia mengatakan bahwa wajar untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah dekat rumah, di mana semua temannya berada dan di mana dia akhirnya menyenanginya.

Mr Wong melanjutkan ke Victoria Junior College, di mana ia mendapat beasiswa pemerintah untuk belajar di Amerika Serikat. Ia memperoleh gelar sarjana dan magister di bidang ekonomi dari University of Wisconsin-Madison dan University of Michigan-Ann Arbor, dan juga memiliki gelar Master di bidang Administrasi Publik dari Harvard Kennedy School.

3 dari 5 halaman

3. Menjadi Sekretaris Utama untuk PM Lee

Setelah kembali ke Singapura, Wong ditempatkan di Kementerian Perdagangan dan Industri dan melakukan pemodelan ekonomi.

Dia kemudian naik pangkat di kementerian keuangan dan kesehatan. Sebagai direktur keuangan perawatan kesehatan di Kementerian Kesehatan, ia menerapkan reformasi pada MediShield untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada warga Singapura terhadap tagihan rumah sakit yang besar.

Wong kemudian menjadi principal private secretary (PPS) atau sekretaris pribadi utama untuk Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada tahun 2005.

Tiga tahun kemudian, ia diangkat sebagai kepala eksekutif Otoritas Pasar Energi. Setelah 14 tahun berkarir dalam pelayanan publik, ia pergi untuk mengikuti Pemilihan Umum 2011 dan terpilih sebagai anggota parlemen untuk GRC Pantai Barat. Dia saat ini adalah anggota parlemen untuk Marsiling-Yew Tee GRC.

4. Reputasi Sebagai Ahli Kebijakan

Menteri Keuangan Lawrence Wong yang disebut-sebut bakal menggantikan PM Singapura. (AFP)

Di awal karir Wong, ia menolak tawaran dari sektor swasta, dan bekerja untuk pemerintah, yang menurutnya memungkinkannya untuk melakukan berbagai proyek dan membentuk skema yang dapat membantu warga Singapura.

Dia mengatakan bahwa dia merasa penting untuk turun ke lapangan untuk menjelaskan kebijakan - yang bisa menjadi alasan mengapa dia mendapatkan reputasi sebagai ahli kebijakan, atau seseorang yang sangat tertarik pada detail kebijakan yang lebih baik.

Ketika ditekan pada label dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times pada tahun 2020, dia berkata: "Itu sebagian dari apa yang saya dibesarkan ... Bahwa ketika Anda melakukan sesuatu, Anda harus memasukkan semuanya ke dalamnya, Anda harus benar-benar ingin unggul. "

Dia menambahkan: "Apa pun yang Anda lakukan sehari-hari, jika Anda melakukannya dengan baik, jika Anda bertanggung jawab, itu sendiri merupakan kesaksian tentang bagaimana Anda sebagai pribadi adalah contoh, Anda tahu, cahaya bagi dunia."

 

4 dari 5 halaman

5. Disorot Soal Penanganan COVID-19

Pada tahun 2020, Menteri Kesehatan saat itu Gan Kim Yong memiliki ide untuk membentuk kelompok untuk memimpin perjuangan Singapura melawan pandemi COVID-19 yang muncul. Lawrence Wong adalah pilihannya untuk menjadi ketua bersama yang pada akhirnya menjadi gugus tugas multi-kementerian untuk COVID-19.

Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat, yang bertindak sebagai perdana menteri saat PM Lee pergi, menelepon Wong untuk memberitahunya tentang pengangkatannya.

Tanggapan Wong adalah "Oke, jika Anda pikir saya dapat membantu, saya akan dengan senang hati mendukung dan saya akan melakukan yang terbaik".

Dalam buku In This Together: Singapore's COVID-19 Story yang ditulis oleh The Straits Times, ia mengakui bahwa peran tersebut bukanlah sesuatu yang secara alami akan masuk ke dalam portofolionya saat itu - Menteri Pembangunan Nasional dan Menteri Keuangan Kedua - meskipun kementerian tersebut akan harus terlibat dalam mengelola krisis yang sedang berlangsung.

Di depan umum, dia juga tidak terlihat sebagai pilihan yang paling jelas.

Tapi Wong akan terus membuat tanda di briefing media untuk penjelasannya yang tenang dan jelas tentang kebijakan, pemahaman detail dan kehadiran yang mantap secara keseluruhan.

Gan dan Wong keduanya menggunakan kata yang sama - menyenangkan - untuk menggambarkan bagaimana rasanya bekerja sama.

Berbicara di Parlemen pada Maret 2020, Wong yang biasanya tidak berperasaan, kewalahan dan harus menahan air mata saat dia memberi penghormatan kepada para garis depan.

6. Debut Anggaran Signifikan Perdana 2021

Setelah hampir dua tahun sering muncul sebagai wakil ketua gugus tugas multi-kementerian untuk COVID-19, Wong mengenakan topi yang berbeda pada Februari 2022, menyampaikan pernyataan Anggaran pertamanya sejak menjabat sebagai Menteri Keuangan pada Mei 2021.

Itu adalah Anggaran yang signifikan, dikemas dengan langkah-langkah pajak progresif yang bertujuan tidak hanya untuk menghasilkan pendapatan untuk mendanai program-program utama yang dibutuhkan selama beberapa tahun ke depan, tetapi juga untuk mengatasi kesenjangan sosial.

Wong bertanggung jawab untuk menguraikan visi Pemerintah tentang "masyarakat yang lebih adil, lebih berkelanjutan, dan lebih inklusif" dan dia melakukannya dengan caranya yang biasa tanpa gangguan.

"Melihat kembali apa yang telah kita lalui selama tahun-tahun COVID-19 ini, tidak ada yang perlu kita takuti. Kita akan selalu menang. Kita akan selalu menang," tutupnya. "Kami akan memetakan jalan baru ke depan bersama. Kami akan melihat melalui pandemi hari ini, dan membangun Singapura yang lebih baik besok."

 

5 dari 5 halaman

7. Kecintaan Terhadap Musik dan Anjing

Biodata Instagram Lawrence Wong masih bertuliskan "kutu buku, pemain gitar, dan pecinta anjing".

Ayahnya memberinya gitar ketika dia berusia delapan tahun, dan dia masih berbicara tentang musik dengan sangat antusias. Ketika teman-teman sekolah memiliki foto selebritas favorit mereka di file sekolah, dia memiliki foto gitar Eric Clapton.

Wong menyukai rock, blues dan soul, dan penyanyi jazz seperti Nina Simone dan Ella Fitzgerald.

Dia memilih AS untuk melanjutkan studinya karena itu adalah rumah bagi musisi favoritnya.

Di University of Wisconsin-Madison, dia bahkan mengamen dengan teman sekamarnya dari Amerika.

Kecintaan Wong lainnya: anjing. Anjing Golden Retrievernya yang berusia 16 tahun, Summer, meninggal pada Juli 2020.

Pada tahun 2011, ia menulis tentang "golden girl" di sebuah posting Facebook, mengatakan: "Ada sesuatu yang luar biasa tentang cara anjing berperilaku - mereka makan dengan penuh semangat, bermain dengan gembira, dan mencintai dengan boros.

Dalam banyak hal, mereka membantu memulihkan kehidupan kita yang membuat heran sendiri, mengilhami kita untuk melihat hal-hal dari perspektif baru, dan memungkinkan kita untuk lebih menghargai banyak berkat sederhana dalam hidup."

8. Menghadapi Pidato-Pidato Utama

Ilustrasi Singapura (Dok.Unsplash/ Joshua Ang)

Setelah Pemilihan Umum 2020, Lawrence Wong yang memimpin konferensi pers untuk berbagi temuan awal dari post-mortem PAP.

Dia adalah anggota komite eksekutif pusat pengambil keputusan tertinggi partai, dan penasihat Forum Kebijakan PAP, yang mengorganisir dialog reguler untuk anggota partai berpangkat tinggi untuk melibatkan para pemimpin pemerintah dalam kebijakan.

"Saya melakukannya hari ini tetapi bisa saja salah satu dari kita. Saya tidak berpikir Anda perlu membaca terlalu banyak tentang siapa juru bicaranya," katanya kemudian, menegaskan kembali bahwa fokus Pemerintah adalah membuat Singapura melalui Krisis COVID-19, dan masalah suksesi politik akan dibahas nanti.

Pada Januari 2021, Wong menyampaikan pidato di konferensi Singapore Perspectives dari lembaga think-tank Institute of Policy Studies (IPS), menyentuh tema-tema utama ketidaksetaraan dan meritokrasi; keberlanjutan; dan solidaritas sosial.

Dia kemudian muncul sebagai pembicara utama di forum ras dan rasisme pada bulan Juni dan kesukuan dan politik identitas pada bulan November, di tahun di mana masalah ini mengemuka di Singapura melalui serentetan insiden yang dipublikasikan secara luas.

Pidatonya di Juni 2021 secara khusus dipuji di beberapa kalangan karena menghadirkan pendekatan yang lebih berpikiran maju dan progresif daripada biasanya, untuk topik yang sering diperdebatkan.

Kemudian, dia berjanji bahwa Pemerintah akan terus melibatkan warga Singapura dan memperbarui kebijakannya tentang ras dan kerukunan ras.

"Tidak ada komunitas yang mendapatkan semua yang diinginkannya, tetapi secara kolektif, kami telah mencapai lebih banyak hal bersama daripada yang seharusnya kami dapatkan dengan hanya berfokus pada agenda individu kami," kata Wong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.