Sukses

Amerika Serikat Klaim Siap Uji Coba Rudal Hipersonik

HAWC adalah program kerja sama antara DARPA dan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk mengembangkan rudal jelajah hipersonik yang diluncurkan dari udara.

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat pada Selasa 5 April 2022 mengungkapkan rencana untuk melakukan uji coba senjata hipersonik baru-baru ini.

Tes yang berlangsung pada pertengahan Maret dirahasiakan selama dua minggu untuk "menghindari meningkatnya ketegangan dengan Rusia," lapor CNN, mengutip seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat yang mengetahui masalah tersebut.

Dikutip dari laman Xinhua, Kamis (7/4/2022), Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) (cabang penelitian dan pengembangan Pentagon) mengatakan bahwa mereka menyelesaikan uji terbang gratis dari Hypersonic Air-breathing Weapon Concept (HAWC).

Ini adalah penerbangan sukses kedua dalam program HAWC DARPA. September lalu, konfigurasi kendaraan yang berbeda dari tim kontraktor lain juga mencapai penerbangan hipersonik.

HAWC adalah program kerjasama antara DARPA dan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk mengembangkan rudal jelajah hipersonik yang diluncurkan dari udara.

Kendaraan bernapas udara memanfaatkan udara yang ditangkap dari atmosfer untuk mencapai propulsi berkelanjutan.

Kecepatan dan kemampuan manuver rudal jelajah hipersonik semacam itu memungkinkan penghindaran pertahanan dan serangan cepat.

Dalam anggaran pertahanan untuk tahun fiskal 2023, Gedung Putih meminta 7,2 miliar dolar AS untuk mengembangkan dan menerjunkan tembakan jarak jauh, termasuk rudal hipersonik.

Sebuah badan pemerintah Amerika Serikat telah mengidentifikasi 70 upaya terkait dengan pengembangan senjata hipersonik, yang diperkirakan menelan biaya hampir 15 miliar dolar antara 2015 dan 2024.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS: Korut Tembakkan Sistem Rudal Antarbenua

Amerika Serikat mengatakan Korea Utara (Korut) baru-baru ini menguji bagian dari intercontinental ballistic missile (ICBM) system atau sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) baru, dalam apa yang disebut sebagai "eskalasi serius".

Seorang pejabat senior Amerika Serikat menggambarkan tes itu sebagai "eskalasi serius", menambahkan bahwa AS akan menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Korea Utara pada Jumat (11/3/2022), seperti dikutip dari BBC.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan langkah-langkah terbaru ini akan mencegah Pyongyang mengakses "barang dan teknologi asing" untuk lebih mengembangkan program misilnya.

Sementara itu, Pyongyang mengatakan peluncuran pada 26 Februari dan 4 Maret difokuskan pada pengembangan satelit pengintai.

Tetapi Pentagon sekarang mengatakan tes itu adalah peluncuran eksperimental, sebelum kemungkinan peluncuran ICBM jarak penuh.

Dengan jangkauan minimum 5.500 km (3.417 mil), ICBM dapat mencapai Amerika Serikat. Mereka dirancang untuk pengiriman senjata nuklir.

3 dari 4 halaman

Sanksi Internasional Korea Utara

Korea Utara sudah berada di bawah sanksi internasional yang menggigit atas program rudal dan senjata nuklirnya.

Pyongyang belum melakukan uji coba Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) atau nuklir sejak 2017, meskipun pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terkadang mengisyaratkan dia mungkin melakukannya.

Korea Utara memberlakukan moratorium uji coba rudal balistik jarak jauh dan uji coba nuklir setelah pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat itu. Namun pada tahun 2020, Kim mengumumkan bahwa dia tidak lagi terikat dengan janji ini.

Sebelumnya pada Kamis 10 Maret, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan dua tes rudal Korea Utara "melibatkan sistem rudal balistik antarbenua baru".

"Tidak ada peluncuran yang menunjukkan jangkauan atau kemampuan Intercontinental ballistic missile, tetapi tes dilakukan untuk mengevaluasi sistem baru ini sebelum melakukan tes pada jarak penuh di masa depan, yang berpotensi menyamar sebagai peluncuran luar angkasa," kata John Kirby.

"Amerika Serikat mengutuk keras peluncuran ini, yang merupakan pelanggaran berani terhadap beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang tidak perlu meningkatkan ketegangan dan berisiko mengacaukan situasi keamanan di kawasan itu."

Baik Korea Selatan dan Jepang telah mengkonfirmasi pernyataan Amerika Serikat dan mengutuk Pyongyang.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Jumat, kementerian pertahanan Korea Selatan menghubungkan dua peluncuran baru-baru ini dengan "sistem Intercontinental Ballistic Missile yang baru berkembang" yang sebelumnya telah diungkapkan oleh partai yang berkuasa di Korea Utara selama parade militer pada Oktober 2021.

Seoul juga "sangat mengutuk" tes tersebut, sedangkan Jepang menyebutnya sebagai "ancaman terhadap perdamaian dan keamanan... yang tidak akan pernah bisa ditoleransi."

4 dari 4 halaman

Klaim Korea Selatan

Rudal jarak jauh yang diluncurkan Korea Utara beberapa waktu lalu kemungkinan besar adalah yang sebelumnya diuji coba tahun 2017, bukan rudal balistik antarbenua (ICBM) jenis baru seperti yang diklaim Korea Utara, kata militer Korea Selatan.

Rudal yang digunakan dalam uji coba 24 Maret kemungkinan besar adalah versi modifikasi ICBM Hwasong-15, bukan Hwasong-17 yang lebih besar, kata seorang juru bicara militer Korea Selatan kepada VOA.

Meskipun Korea Utara menguji coba rudal yang berukuran lebih kecil, ini mungkin masih mewakili perbaikan teknologinya. Para pejabat Jepang dan Korea Selatan menyatakan rudal itu terbang lebih jauh dan lebih tinggi daripada ICBM yang diluncurkan sebelumnya oleh Korea Utara.

Televisi pemerintah Korea Utara pekan lalu merilis cuplikan rekaman video pemimpin Kim Jong Un yang secara pribadi sedang mengarahkan apa yang diklaimnya sebagai peluncuran terbaru. Video itu mencakup klip-klip gerak lambat dan suntingan mencolok Kim, yang mengenakan jaket kulit hitam dan kaca mata hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.