Sukses

Muncul di Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Minta Artis Top Dunia Lawan Rusia

Volodymyr Zelensky menyampaikan pesan pra-rekamannya di Grammy sebelum penampilan dari John Legend dari lagu "Free".

Liputan6.com, Las Vegas - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membuat penampilan kejutan di Grammy Awards 2022 pada Minggu (3/4), mendesak dukungan untuk negaranya dan meminta artis top industri untuk "mengisi keheningan" yang dibawa oleh perang dengan musik.

Volodymyr Zelensky menyampaikan pesan pra-rekamannya sebelum penampilan dari John Legend dari lagu "Free", yang diikuti oleh penyanyi Ukraina Mika Newton, musisi Siuzanna Iglidan dan penyair Lyuba Yakimchuk.

"Apa yang lebih berlawanan dengan musik? Keheningan kota yang hancur dan membunuh orang," kata Zelensky, demikian dikutip dari Channel News Asia, Senin (4/4/2022).

"Musisi kami memakai pelindung tubuh, bukan tuksedo. Mereka bernyanyi untuk yang terluka di rumah sakit - bahkan untuk mereka yang tidak dapat mendengarnya. Tapi musik akan tetap menerobos."

"Kami membela kebebasan kami untuk hidup, mencintai, dan bersuara," katanya.

"Di tanah kami, kami melawan Rusia, yang membawa keheningan mengerikan dengan bomnya. Keheningan yang mematikan. Isi keheningan dengan musik Anda, isi hari ini untuk menceritakan kisah kami."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salahkan Rusia

Penampilannya di malam terbesar musik di Amerika Serikat muncul saat kemarahan global atas tuduhan kejahatan perang Rusia di Ukraina meningkat, dengan penemuan kuburan massal dan mayat di kota-kota dekat Kiev.

Zelensky secara langsung menyalahkan para pemimpin di Moskow atas "penyiksaan" dan "pembunuhan" warga sipil.

"Katakan yang sebenarnya tentang perang di jejaring sosial Anda, di TV. Dukung kami dengan cara apa pun yang Anda bisa. Apa pun, tetapi jangan diam," katanya dalam pesan Grammy-nya.

"Dan kemudian kedamaian akan datang."

"Untuk semua kota kami, perang sedang menghancurkan Chernihiv, Kharkiv, Volnovakha, Mariupol, dan lainnya. Mereka sudah menjadi legenda, tetapi mereka memiliki impian untuk hidup, dan bebas."

"Bebas sepertimu, di panggung Grammy."

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.